Jangan Asal Pilih, Kenali Dulu Tipe dan Jenis Ban Mobil

By alexanderardian1 - Oktober 22, 2019

Memiliki peran yang krusial pada sebuah mobil, ternyata tipe dan jenis ban memiliki fungsinya masing-masing. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan berikut.

tipe dan jenis ban

Salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah mobil adalah ban. Apalagi fungsi utamanya sangat krusial, mengingat ban sangat berkaitan langsung dengan gerak laju mobil itu sendiri.

 

Karena itulah, untuk urusan memilih ban mobil tidak bisa dianggap sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu dipahami dari sebuah ban, khususnya tipe dan jenis ban.

 

Tiap tipe dan jenis ban memiliki fungsinya masing-masing yang berpengaruh terhadap proses berjalannya mobil.

 

Nah, berikut adalah tipe dan jenis ban beserta dengan fungsinya.

 

Baca juga: Ban Serep Mobil Juga Perlu Dirawat, Gampang Kok

tipe dan jenis ban

All Terrain

Tipe ban yang satu ini memiliki kemampuan untuk berjalan di dua medan jalan. Ban dengan tipe All Terain (AT) terbilang nyaman untuk dgunakan di jalanan beraspal karena suara yang dihasilkan saat ban tersebut bergesekan dengan aspal tidak terlalu keras.

 

Selain itu, ban AT ini masih mampu untuk melibas permukaan jalan yang tanah berbatu atau bahkan lumpur. Namun jangan paksakan dengan kondisi ban yang terlalu ekstrim, ulir pada ban AT akan kesulitan untuk mencengkram.

 

Mengingat desain ban seperti ini bertujuan untuk dapat berjalan di dua medan jalan, maka akan dibuat secara seimbang dan tidak cenderung ke satu sisi. Ban AT biasanya melekat pada mobil dengan jenis SUV.

 

Baca juga: Ingat! Ini Informasi Penting yang Ada di Ban Mobil Anda

tipe dan jenis ban

Mud Terrain

Tipe ban kedua yaitu Mud Terrain (MT). Dari namanya saja sudah jelas mobil ini diperuntukan untuk jalanan ekstrim berlumpur, berbatu, bahkan melintasi medan berair seperti sungai.

 

Tipe ban ini memiliki permukaan yang sangat menonjol dan kotak-kotak, hal tersebut bertujuan untuk memberikan cengkraman saat berjalan di medan berlumpur. Tak heran ban ini sering disebut ban tahu atau ban pacul.

 

Ban MT tidak disarankan untuk digunakan di jalan beraspal, mengingat tidak sesuai dengan fungsinya. Ban tersebut akan kesulitan untuk mencengkram permukaan aspal, dan akan berdampak pada keselamatan pengemudi karena besarnya potensi ban akan selip.

 

Selain itu suara yang ditimbulkan saat berjalan di aspal terbilang berisik dan mudah habis jika digunakan di aspal.

 

Umumnya,  ban tipe ini digunakan sebagai penunjang kaki-kaki dari mobil off-road.

 

Baca juga: Tutorial Ganti Ban Mobil Sendiri dengan Aman dan Mudah

 tipe dan jenis ban

Highway Terrain

Tipe ban yang terakhir adalah Highway Terrain (HT). Tipe ban tipe ini didesain untuk berjalan di permukaan jalan aspal.

 

Permukaan ban yang lebih halus dibandingkan dengan dua tipe ban yang lain, membuat ban tersebut memiliki cengkraman yang kuat terhadap aspal.

 

Ban HT sangat cocok untuk digunakan di perkotaan, mengingat jalanan perkotaan hampir seluruhnya dilapisi aspal. Ban tipe ini biasanya tersemat di jenis mobil MPV, city car, hatchback, dan sedan.

 

Selain itu, ban tipe ini digunakan untuk mobil balap bertanding di jalanan aspal.

 

Baca juga: Angin Biasa atau Nitrogen, Mana yang Lebih Bagus Untuk Ban Mobil?

tipe dan jenis ban

Berbeda dengan tipe ban berdasarkan ulirnya, jenis ban dibagi menjadi empat yakni.

 

  • Run flat tyre. Ban ini memiliki kemampuan untuk berjalan dengan aman bahkan pada keadaan kempis sekalipun pada kecepatan tertentu.

 

  • Radial. Memiliki lapisan serat yang saling menyilang pada bagian lingkar ban, sehingga panas tertekanan di bagian kanan dan kiri. Ban ini biasanya digunakan mobil penumpang

tipe dan jenis ban

  • Tubeless. Ban tubeless adalah ban yang didesain dengan meniadakan ban dalam dan tidak langsung kempes saat ban mengalami kebocoran akibat benda tajam

 

  • Bias. Ban ini terdiri dari banyak lembar cord yang berperan sebagai rangka ban. Panas ban diarahkan ke bagian tengah yang mengakibatkan ban tertekan ke arah depan.

 

Baca juga: 5 Solusi Jika Ban Mobil Terjebak di Pasir atau Lumpur

 

Bagi yang akan membeli ban, alangkah baiknya jika memilih tipe dan jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan mobil.

 

Pilihan ban itu akan berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan Anda berkendara.

Berita Terkait

Author