Cara Poles Mobil di Rumah Tanpa Menggunakan Mesin

By Reka Harnis - July 2, 2020

Tidak jarang para pemilik mobil rutin melakukan perawatan di salon mobil. Namun sebenarnya kamu bisa melakukannya di rumah, lho. Begini caranya.

poles mobilBodi mobil yang bersih dan kinclong adalah dambaan setiap pemilik mobil. Salah satu upaya untuk menjaga tampilan eksterior mobil adalah dengan melakukan poles mobil.

Tujuannya, untuk menghilangkan segala bentuk masalah pada cat seperti waterspot, baret halus, cat kusam, dan lain-lain, serta tentunya agar warna cat lebih terang dan mengkilap.

Poles mobil biasanya dilakukan dengan peralatan dan mesin khusus yang biasanya hanya dimiliki oleh bengkel atau salon mobil. Namun bukan berarti kamu tak bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa alat atau mesin khusus.

Sebelum mulai memoles bodi mobil kamu, pertama-tama pastikan kamu memiliki beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti soft buff pad, lap microfiber, compound, polish dan wax.

Jika kamu sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, lakukan pencucian seluruh bagian bodi mobil untuk menghilangkan debu dan kotoran yang masih menempel pada bodi mobil sebelum melakukan poles mobil.

Kemudian keringkan dengan lap microfiber atau chamois lembut untuk menghilangkan waterspot yang masih menempel pada bodi mobil.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Saat mulai mencuci dan melakukan body detailing, usahakan juga untuk melakukannya di tempat yang terhindar dari paparan debu dan sinar matahari.

Selanjutnya, kamu bisa masuk ke tahap pemolesan kedua yaitu melapisi bodi mobil dengan polish. Pengaplikasian polish biasanya lebih sedikit dibandingkan compound, cukup 1 tetes untuk 1 bagian kotak di panel mobil.

Berita Terkait

Author