BMW M3 dan BMW M4 Hadir Atas Nama Kecepatan

By Arris Riehady - September 28, 2020

Tidak tanggung-tanggung, BMW Group hadirkan dua model M sekaligus, BMW M3 dan BMW M4. Berapa kecepatan maksimalnya?

BMW M3 dan BMW M4

Lewat akun Instagram @bmwm (23/9), BMW Group hadirkan dua model M sekaligus, BMW M3 dan BMW M4, yang ditujukan untuk pecinta kecepatan.

M atau divisi M pada BMW sendiri berdiri pada tahun 1972. Pada awalnya divisi M bernama BMW Motorsport GmbH. Divisi ini memiliki tugas untuk meracik mobil-mobil BMW agar siap untuk tempur di arena balap.

Hasil racikan dari divisi M ini sangat sukses pada tahun 1960-an dan 1970-an. Seiring berjalannya waktu, divisi M mulai memodifikasi mobil-mobil BMW yang sudah dipasarkan sebelumnya.

BMW dengan emblem M biasanya mesin, transmisi, suspensi, interior, aerodinamika, dan eksteriornya sudah dimodifikasi, sehingga selain lebih mewah, mobil juga jadi lebih kencang.

Baca juga: Jadi Mobil Terkencang, Ini Spesifikasi BMW M8 di Indonesia

Perlu diketahui, semua BMW Seri M sudah melewati serangkaian tes, salah satunya adalah tes kecepatan dan ketahanan di fasilitas milik BMW di Nürburgring, Jerman.

Lantas, berapa kecepatan maksimal dari BMW M3 dan BMW M4.

BMW M3 dan BMW M4

BMW M3

BMW M3 hadir dengan varian BMW M3 dan BMW M3 Competition Sedan. Aura buas sudah terpancar dari desain eksterior mobil sport ini. Tampak depan BMW M3 hadir dengan desain kidney grille baru.

Bentuknya vertikal dengan list horizontal untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruang mesin. Pada bagian bumper hadir juga kisi-kisi yang mengalirkan udara ke bagian rem dan ban depan.

Bagian kaki-kaki menggunakan pelek dual tone berukuran 20 inci bertapak lebar untuk daya cengkram ke aspal yang lebih maksimal.

Baca juga: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition Meluncur di Indonesia

BMW M3 Sedan mendapatkan warna eksklusif yakni Isle of Man Green Metallic dengan beberapa parts karbon untuk menekan bobot kendaraan.

Sementara untuk BMW M3 Competition Sedan mendapat ekaterior full karbon. Knalpot untuk model ini pun menggunakan karbon empat corong yang berada di tengah.

Beratnya diklaim tujuh kilogram lebih ringan dibanding pada model standarnya.

Urusan darpur pacu, BMW M3 mengendong BMW M TwinPower Turbo inline 6 cylinder yang dipadu dengan Manual 6 speed M transmission.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 480 daya kuda dengan torsi maksimal 550 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang.

Baca juga: Mengenal Mobil BMW Seri M dan Sejarahnya di Dunia

Mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dengan 4,2 detik dengan kecepatan maksimal 250 kilometer per jam.

Sementara pada BMW M3 Competition Sedan mesin yang digunakan masih sama hanya saja menggunakan 8-speed M Steptronic transmission with Drivelogic dan penggerak BMW M xDrive with Active M Differential.

Tenaganya pun melonjak hingga 510 daya kuda dengan tenaga maksimal hingga 650 Nm.

Kecepatan 0 hingga 100 kilometer per dilahap hanya dengan 3,9 detik. Lalu, ditambah dengan M Driver’s Package mobil ini memiliki kecepatan maksimal hingga 290 kilometer per jam.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!