Search Cars

Berita Utama Otomotif

Berkendara Hijau, Tips dan Trik Mengemudi Mobil Listrik dengan Efisien

Berkendara Hijau, Tips dan Trik Mengemudi Mobil Listrik dengan Efisien Mobil listrik ramah lingkungan

Berkendara Hijau – Mengemudi mobil listrik tidak hanya tentang berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih bersih, tapi juga menikmati teknologi terbaru yang di tawarkan industri otomotif. Jika kamu baru beralih ke mobil listrik atau sedang mempertimbangkan untuk memilikinya, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang cara berkendara agar lebih efisien dan menyenangkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Manfaatkan Mode Berkendara yang Efisien

Mobil listrik biasanya di lengkapi dengan beberapa mode berkendara, seperti Eco dan Sport. Mode Eco membantu kamu menghemat energi dengan mengatur ulang sistem respons akselerasi dan penggunaan energi dalam kendaraan. Cobalah mode ini untuk mengoptimalkan jarak tempuh baterai terutama saat berada di perjalanan jauh.

2. Pahami Regenerative Braking

Salah satu fitur paling menarik dari mobil listrik adalah regenerative braking, yang mengubah sebagian dari energi yang biasanya hilang saat pengereman menjadi energi listrik yang kembali ke baterai. Belajar menggunakan pengereman ini dengan efektif bisa meningkatkan efisiensi baterai dan mengurangi frekuensi pengisian ulang.

3. Perhatikan Pemakaian AC dan Pemanas

AC dan pemanas bisa mengonsumsi banyak energi di mobil listrik. Gunakan mereka secara bijaksana. Jika cuaca tidak terlalu ekstrem, gunakan ventilasi alami atau atur suhu secara moderat. Ini akan membantu mempertahankan energi baterai untuk jarak tempuh yang lebih jauh.

4. Optimalkan Penggunaan Fitur Cruise Control

Cruise control pada mobil listrik bisa membantu kamu mengemudi lebih konsisten dan efisien. Dengan menjaga kecepatan tetap, kamu bisa mengurangi fluktuasi pada penggunaan energi yang bisa mengurangi efisiensi baterai.

Baca Juga : Tak Perlu Mahal, Dapatkan Vios Pilihanmu di SEVA dengan Harga Bersahabat

5. Monitor Penggunaan Energi

Hampir semua mobil listrik modern di lengkapi dengan sistem monitor yang menampilkan penggunaan energi. Pantau ini secara teratur untuk melihat bagaimana kebiasaan berkendaramu mempengaruhi konsumsi baterai dan belajar dari apa yang sistem tampilkan untuk mengoptimalkan penggunaan energi.

6. Perencanaan Rute Berkendara Hijau

Sebelum bepergian, terutama jika perjalanan cukup jauh, rencanakan rute kamu. Gunakan aplikasi atau sistem navigasi untuk menemukan rute yang paling efisien atau stasiun pengisian yang tersedia di sepanjang rute. Ini akan membantumu menghindari kehabisan baterai di tengah jalan.

Kesimpulan

Berkendara dengan mobil listrik memang sedikit berbeda, namun dengan pemahaman yang tepat, kamu akan cepat terbiasa. Selain itu, kamu juga ikut serta dalam upaya global untuk mengurangi emisi dan polusi. Setiap perjalanan dengan mobil listrik bukan hanya tentang mencapai tujuan, tapi juga membuat perjalanan tersebut lebih hijau. Selamat berkendara dan nikmati setiap perjalanan dengan mobil listrikmu dengan bijak dan efisien!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.