Apa Saja Fitur Multimedia di Mobil sebagai Pengusir Bosan?

10 September 2018

Kehadiran perangkat multimedia di dalam mobil menjadi sesuatu yang kini dianggap penting sebagai penghibur ketika merasa bosan karena kemacetan. Maka dari itu, tidak jarang para pemilik mobil meng-upgrade perangkat multimedia mereka agar mendapatkan kualitas yang lebih baik.

 

Selain sebagai hiburan, perangkat multimedia mobil juga memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengendara ketika sedang berkendara. Tentunya, hal ini sangat membantu pengendara jika mengalami kesulitan di jalan.

 

Apa saja perangkat multimedia tersebut? Jawabannya dapat ditemukan di bawah ini yang mungkin juga dapat menjadi referensi Anda jika ingin melakukan perubahan pada perangkat multimedia mobil Anda.

 

Head unit 2 DIN

Upgrade head unit dari single DIN (1 DIN) ke double DIN (2 DIN) memberikan sesuatu yang baru kepada fitur-fitur multimedia di dalam mobil. Memang, fungsi dasar dari keduanya sama, yaitu sebagai penyedia hiburan di dalam kabin.

 

Namun, tetap saja ada kelebihan yang dimiliki oleh head unit 2 DIN. Secara tampilan misalnya, 2 DIN terlihat lebih kekinian dengan layar yang lebih besar sehingga dapat membuat tampilan multimedia lebih nyaman dilihat.

 

Lalu, 2 DIN juga sangat mudah digunakan dan juga praktis. Sebagai contoh, ketika ingin menonton DVD atau serial TV di mobil, head unit 2 DIN dapat langsung menayangkan film tersebut tanpa harus menunggu monitor keluar terlebih dahulu seperti yang terdapat pada head unit 1 DIN.

 

Fitur touch screen (layar sentuh) yang terdapat pada 2 DIN semakin membuat pengendara atau penumpang lebih mudah dalam mengoperasikannya. Rata-rata, mobil jaman sekarang sudah menggunakan head unit 2 DIN.

 

Sebagai informasi, DIN merupakan singkatan dari Deutsche Institut fur Normung yang merupakan standar ukuran head unit yang diakui di seluruh dunia. Artinya, produsen harus mengikuti standar tersebut agar produk head unit dapat dipasang pada mobil apapun.

 

Parking assist

Fitur ini akan memudahkan pengendara dalam melakukan parkir. Cara kerjanya sangat sederhana namun cukup membantu, yaitu fitur parking assist akan memberikan peringatan pada pengendara bila posisi terlalu rapat dengan objek lainnya, misalnya mobil, trotoar, tembok, dan lain-lain.

 

Peringatan tersebut dapat bekerja karena adanya sensor yang terpasang di bagian samping, depan, dan belakang mobil. Sekarang ini, fitur parking assist juga dilengkapi dengan kamera yang membantu pengendara untuk melihat situasi disekitarnya.

 

Daihatsu Terios misalnya, yang menyematkan 4 kamera 360 derajat untuk membantu pengendara melihat seluruh area di bagian luar mobil.

 

Kamera ini diletakkan pada bagian spion dan bemper mobil. Ketika transmisi mobil dipindahkan ke posisi R, kamera akan aktif secara otomatis.. Hasil gambar dari kamera tersebut dapat dilihat di around view monitor yang terdapat pada head unit. Tampilannya dibagi dua, pada sisi kanan terdapat kamera mundur dan di sisi kiri tampilan secara 360 derajat.

 

Koneksi dengan smartphone

Fitur ini mungkin yang paling sering digunakan oleh pengendara. Adanya koneksi yang dapat menghubungkan head unit dan smartphone dengan bantuan USB atau bluetooth, membuat Anda tidak perlu repot ketika ingin menggunakan smartphone di mobil.

 

Kehadiran fitur ini juga membuat Anda akan tetap fokus dengan jalan walaupun sedang menggunakan smartphone untuk menelpon, menyalakan musik, voice command, dan sebagainya, karena Anda tidak perlu lagi menggenggam smartphone ketika sedang menggunakannya.

 

MirrorLink

Sama seperti di atas, fitur ini juga menghubungkan head unit dengan smartphone. Namun, bedanya adalah MirrorLink menawarkan integrasi smartphone dengan sistem infotainment di mobil, serta dapat mengubah smartphone menjadi platform aplikasi pada layar monitor head unit untuk semua aplikasi yang berjalan di smartphone.

 

Dengan kata lain, MirrorLink dapat memindahkan semua fungsi yang terdapat di dalam smartphone ke head unit. Lalu, pengendara dapat mengakses MirrorLink melalui tombol yang terdapat pada kemudi.

 

Global Positioning System (GPS)

Ini sempat menjadi perdebatan beberapa saat lalu, ketika itu ada yang mengatakan bahwa penggunaan GPS saat berkendara adalah dilarang. Namun, pihak berwajib telah meluruskan isu tersebut, dengan menyatakan bahwa yang dilarang dan akan ditindak adalah pengendara yang aktif mengakses GPS sehingga hanya mengemudi dengan satu tangan.

 

Nah, jika fitur GPS sudah terdapat pada mobil Anda, sah-sah saja untuk digunakan. Pada fitur mobil sekarang ini GPS biasanya sudah tertanam di head unit. Jadi, penggunaannya tidak perlu melalui smartphone lagi. GPS sangat membantu pengendara dalam menemukan rute perjalanan.

 

Adanya fitur-fitur multimedia tersebut memang sangat memudahkan pengendara dalam melakukan aktivitas di dalam mobil. Tetapi, jangan sampai fitur yang telah diciptakan untuk membantu Anda tersebut malah menjadi bumerang yang akhirnya malah membuat Anda tidak fokus berkendara.

 

Jadi, gunakan dengan bijak dan tetap patuhi aturan lalu lintas ya..

SHARE