Revitalisasi Trotoar, Jakarta Diharapkan Ramah Bagi Pejalan Kaki Seperti 5 Kota Ini

Adanya revitalisasi trotoar di Jakarta mungkin akan memanjakan pejalan kaki seperti yang terdapat di 5 kota ini.

Revitalisasi Trotoar JakartaPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melanjutkan proyek revitalisasi trotoar atau pedestrian demi keamanan dan kenyamanan pejalan kaki. Anggaran yang diajukan untuk menjalankan revitalisasi trotoar Jakarta adalah Rp 1,2 triliun.

 

Seperti yang diketahui, pejalan kaki memiliki hak yang sama dengan pengguna jalan lain, seperti pengendara mobil dan motor. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 131.

 

Maka dari itu, semestinya pejalan kaki mendapatkan fasilitas yang layak, aman, dan nyaman di jalan.

 

Beberapa kota di dunia sudah memiliki pedestrian yang sangat ramah bagi pejalan kaki. Malah, terdapat berbagai pemandangan yang membuat pejalan kaki semakin nyaman.

 

Kota-kota tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Florence, Italia

Berjalan kaki di Florence sangat menyenangkan, karena kota ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan klasik yang indah, seperti di kawasan Cattedrale di Santa Maria del Fiore, Piazzale Michelangelo, Ponte Vecchio, dan lain sebagainya.

 

Baca juga: Tempat Kuliner di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Setelah Pulang Kerja

 

Kota bersejarah di Italia ini juga menerapkan peraturan bagi warganya, yaitu pusat kota hanya boleh dilalui oleh kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan surat izin khusus. Lain dari itu, penduduk kota maupun wisatawan diminta untuk berjalan kaki.

 

Oleh karena itu, pedestrian di Florence dibuat senyaman mungkin bagi pejalan kaki. Bahkan, terdapat berbagai bar dan kafe di setiap blok yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat pejalan kaki.

 

Paris, Perancis

Kota di Benua Biru lainnya yang ramah bagi pejalan kaki adalah Paris. Ibu Kota Perancis ini menawarkan banyak hal menarik, terutama bagi mereka yang menjelajah dengan berjalan kaki.

 

Baca juga: 5 Kafe di Jakarta yang Sering Jadi Tempat Nongkrong Kpopers

 

Ada beberapa tempat yang memiliki pemandangan bagus dan romantis, seperti kawasan Sungai Siene, Museum the Louvre, Taman Jardin des Tuileries, dan lain sebagainya.

 

Lalu, jangan lupa mampir ke kawasan Latin Quarter atau Montmartre untuk beristirahat sambil menikmati cemilan sebelum berkunjung ke Menara Eiffel.

 

Buenos Aires, Argentina

Selanjutnya, ada Buenos Aires yang memiliki pedestrian ramah dengan pejalan kaki. Kota yang dijuluki ‘Paris di Amerika Selatan’ ini menawarkan berbagai karya seni di kawasan La Boca, tepatnya di pedestrian antara Caminito dan Galeri Fundacion Proa.

 

Lalu, terdapat bangunan-bangunan tua bergaya Eropa di sepanjang pedestrian. Anda juga akan disambut oleh deretan kafe, butik, serta objek wisata, seperti makam Eva Peron di Cementerio de la Recoleta, dan instalasi seni karya dari Eduardo Catalano.

 

Vientiane, Laos

Kota yang satu ini berada di Asia Tenggara, yang desain tata ruangnya memadukan budaya Perancis dan Laos, sehingga terlihat lebih unik dan bervariasi. Anda dapat berjalan dengan aman di pedestrian Vientiane sambil menatap lekukan Sungai Mekong di sampingnya.

 

Baca juga: 4 Cara yang Bisa Kamu Pakai Agar Tidak Terkena Ganjil Genap Jakarta

 

Pedestrian itu terbentang bagi pejalan kaki sampai dengan Stupa Buddha Pha That Luang sampai Monumen Patuxay. Setelah itu, Anda bisa berjalan kaki mengunjungi Kuil Buddha Sisaket.

 

Desain pedestrian di Vientiane lumayan artistik. Selain untuk berjalan kaki, Anda dapat mengambil gambar atau selfie sebagai kenang-kenangan.

 

Vancouver, Kanada

Terakhir adalah kota ketiga terbesar di Kanada, yaitu Vancouver.  Walaupun bukan kota terbesar, Vancouver terkenal dengan penduduknya yang lebih memilih untuk berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan pribadi.

 

Oleh karena itu, pedestrian di sana didesain sebaik mungkin oleh pemerintah. Beberapa kawasan pejalan kaki yang populer di sana adalah Stanley Park, North Vancouver, Granville Island, False Creek, dan Lions Gate Bridge.

 

Kota ini juga dianggap sebagai sebagai salah satu kota terbaik bagi pejalan kaki di Kanada.

 

Lalu, bagaimana dengan Jakarta? Sekarang, pemerintah sedang berusaha melakukan revitalisasi trotoar demi kenyamanan dan keselamatan pejalan kaki. Semoga dengan adanya revitalisasi trotoar ini pejalan kaki mendapatkan haknya sebagai pengguna jalan.

 

Apabila trotoar sudah tersedia, gunakanlah dengan baik serta sesuai fungsinya, demi Jakarta yang aman dan nyaman.