Search Cars

Berita Utama Otomotif

Waspada! Sepele Tapi Bisa Bikin Mesin Mobilmu Overheat!

mesin overheat, Waspada!

Waspada! Pernah nggak si kamu lagi asyik perjalanan jauh tiba-tiba mobil mogok gara-gara mesin overheat? Waduh, pastinya panik banget, kan? Mesin overheat memang bahaya dan bisa membuat komponen mesin mobil kamu rusak. Eh, tapi tahukah kamu kalau ternyata penyebab mesin overheat ini bisa datang dari hal-hal sepele lho! Yuk, langsung aja di simak!

Jangan Anggap Sepele, Ini Penyebab Mesin Mobil Overheat! Waspada!

Mobil memang membawa kamu kemana pun dengan mudah dan cepat. Namun, supaya mobil tetap awet dan aman di gunakan, perawatan wajib di lakukan secara rutin. Salah satunya adalah mencegah mesin overheat.

Umumnya, orang menganggap mesin overheat di sebabkan oleh masalah pada sistem pendingin mobil. Memang benar, tapi ternyata ada beberapa hal sepele lain yang bisa membuat mesin mobilmu kepanasan lho! Apa saja itu?

  • Oli mesin terlalu tua atau kurang: Oli berfungsi melumasi komponen mesin agar bekerja secara optimal. Oli yang terlalu tua atau kurang bisa menyebabkan gesekan antar komponen meningkat sehingga menghasilkan panas berlebih.
  • Radiator kotor: Radiator berfungsi membuang panas mesin keluar. Jika radiator tersumbat kotoran, proses pembuangan panas akan terganggu dan menyebabkan mesin overheat.
  • Tutup radiator tidak berfungsi dengan baik: Tutup radiator berfungsi menjaga tekanan ideal pada sistem pendingin. Jika tutup radiator rusak atau tidak berfungsi dengan baik, sistem pendingin bisa kurang efektif.
  • Kebiasaan mengemudi yang boros: Sering macet-macetan atau berkendara dengan stop-and-go yang terus-menerus dapat membuat mesin bekerja lebih berat dan mudah terkena overheat.

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati!

Sekarang kamu sudah tahu kan beberapa hal sepele yang bisa membuat mesin mobil overheat? Nah, supaya perjalanan kamu selalu aman dan lancar, ada baiknya kamu melakukan pencegahan secara rutin. Caranya gampang kok!

  • Ganti oli mesin secara rutin: Sesuai dengan petunjuk di buku panduan mobil atau rekomendasi bengkel resmi.
  • Periksakan kondisi radiator secara rutin: Bersihkan radiator dari kotoran secara per 3 bulan sekali atau sesuai kebutuhan.
  • Gunakan air radiator yang tepat: Gunakan air radiator sesuai dengan rekomendasi produsen mobil.
  • Hindari kebiasaan mengemudi yang boros: Jika terjebak macet, matikan mesin saat mobil berhenti lebih dari 5 menit.

Dengan perawatan yang tepat dan perubahan kebiasaan mengemudi, kamu bisa mencegah mesin mobil overheat dan menikmati perjalananmu.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.