Pilihan Taman-taman di Jakarta untuk Berakhir Pekan

Taman atau ruang terbuka hijau di Jakarta ibarat oase di tengah rutinitas, kesibukan, dan kemacetan. Ternyata Jakarta punya banyak taman yang dapat menghapus dahaga akan kesegaran.

Jakarta

Meski dikenal sebagai pusat kemacetan yang selalu diiringi deru mesin kendaraan bermotor setiap harinya, ternyata taman-taman di Jakarta ada yang asri. Dihiasi oleh pepohonan dan berbagai fasilitas pendukung mulai aneka permainan anak, peralatan olah raga, hingga koneksi wifi yang dapat dinikmati secara gratis.

 

Berikut selusin taman-taman di Jakarta untuk dapat menikmati suasana yang berbeda agar akhir pekan dapat menjadi penyegar.

taman menteng

  1. Taman Menteng

Dahulu taman ini bernama berfungsi sebagai lapangan olah raga bernama V.I.O.S atau Voetbalbond Indische Omstreken Sport, setelah merdeka namanya pun berganti menjadi Stadion Menteng. Namun pada 2006 stadion yang pernah menjadi kebanggaan klub sepak bola Persija akhirnya diratakan dengan tanah dan lahannya dijadikan ruang terbuka hijau.

 

Selain dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, seperti lapangan futsal, basket, dan voli. Ada pula wahana permainan anak-anak sederhana yaitu ayunan, perosotan, terowongan mini, dan tangga yang berbentuk seperti bola yang berongga. Tak ketinggalan terdapat air mancur dan tempat duduk yang dapat digunakan bersantai.

 

Namun yang menjadi ikon dari Taman Menteng adalah adanya bangunan sederhana yang berdinding kaca yang dapat digunakan untuk pertemuan, berfoto, hingga resepsi pernikahan. Saat malam tiba, sekitar taman akan berubah menjadi salah satu pusat kuliner di Jakarta. (Jalan HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat)

taman suropati

  1. Taman Suropati

Awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein, diambil dari nama Walikota (Burgemeester) Batavia yang pertama G.J. Bisshop (1916-1920). Taman ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan asri pepohonan, tapi juga terdapat enam patung simbol-simbol yang mewujudkan Spirit of ASEAN, sehingga sering disebut dengan Taman Persahabatan Seniman ASEAN.

 

Selain jaringan Wi-Fi, taman ini juga dilengkapi dengan jogging track. Saat akhir pekan tiba, Taman Suropati dipenuhi oleh berbagai komunitas seperti pecinta binatang, yoga, aerobik, dancer, sepeda, skateboard, hingga musisi yang saling menunjukkan kebolehannya memainkan aneka alat musik mulai dari biola, saksofon, dan gitar.

 

Semua itu dapat dinikmati secara gratis. Anak-anak pun dapat menghabiskan waktu dengan memberi makan burung merpati yang sengaja dipelihara di sebuah kandang. (Jalan Taman Suropati No. 7 Menteng, Jakarta Pusat)

monas

  1. Taman Monumen Nasional (Monas)

Di akhir pekan, Monumen Nasional akan dipenuhi wisatawan yang ingin naik ke puncak Tugu Monas, jika bosan menunggu, dapat bermain di Taman Monas. Taman yang dengan lahan seluas hampir 80 hektar dan sebagai salah satu taman terbesar di Asia Tenggara ini dilengkapi jalur khusus refleksi dan jogging track yang dikelilingi pepohonan rimbun dengan udara segar.

 

Termasuk sebuah kolam yang dirancang sebagai bagian dari sistem pendingin udara sekaligus mempercantik penampilan Taman Monas. Di dekatnya terdapat kolam air mancur menari dan patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kudanya. Patung ini terbuat dari perunggu seberat delapan ton.

 

Selain itu, ada pula patung-patung lain yang dapat menjadi wisata edukasi bagi anak seperti patung RA Kartini, Chairil Anwar, Monumen Ikada, dan Mohammad Husni Thamrin. Sama seperti Taman Suropati, di Taman Monas juga terdapat kandang-kandang burung merpati. Anak-anak dapat memberi makan burung-burung merpati. (Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat)

https://www.instagram.com/p/BHt_ybiB7Ay/

  1. Taman Ayodya

Sebelumnya merupakan tempat pedagang ikan dan bunga atau dikenal dengan Pasar Ikan dan Bunga Barito. Namun Pemerintah DKI Jakarta mengubah fungsi menjadi taman. Memiliki lahan seluas 7.500 meter persegi, dilengkapi dengan kolam buatan di tengahnya, dihiasi oleh tanaman teratai serta aksen dekorasi berupa penataan lampu berbentuk gurita.

 

Selain berduduk-duduk santai menikmati suasana tenang di undak-undakan yang membentuk seperti panggung, aktifitas lain yang dapat dilakukan adalah menikmati air mancur yang berada di tengah taman.

 

Taman ini juga memiliki fasilitas wifi, jalur pijakan, kursi, gazebo, pendopo, serta kamar mandi. Di sekitar taman ini juga terdapat berbagai kafe, restoran, dan kios-kios yang menjual makanan, buah-buahan, hingga binatang peliharaan. (Jalan Mahakam, Barito, Jakarta Selatan)

https://www.instagram.com/p/BRfNJFJBCN7/

  1. Taman Langsat

Taman yang merupakan salah satu paru-paru Kota Jakarta, lokasinya berseberangan dengan Taman Ayodya. Nama resminya adalah Taman Lansia, namun karena berada di Jalan Langsat, masyarakat lebih akrab menyebutnya sebagai Taman Langsat.

 

Di taman ini, dapat mengajak anak dan anjing untuk berjalan-jalan santai di jalur jogging sepanjang 800 meter sambil menikmati rindang pepohonan. Selain itu, juga terdapat danau buatan dengan taman teratai di tengahnya. Fasilitas lainnya adalah ayunan dan perosotan untuk yang dapat digunakan bermain anak. Jika ingin bersantai di bawah pepohonan, jangan lupa untuk membawa alas seperti matras atau tikar serta perbekalan piknik tentunya.

 

Satu lagi yang unik, ada salah satu spot yang dinamakan Active Zone yaitu satu area yang berisi perlengkapan olahraga, seperti pada pusat kebugaran, hanya saja yang ini jauh lebih sederhana. (Jalan Langsat No.1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan)

https://www.instagram.com/p/BU6RQpdlII-/

  1. Taman Honda Tebet

Sering disebut dengan Taman Tebet, taman ini sempat terbengkalai di tahun 1970-an, mulai menjadi pemukiman liar dan menjadi lahan yang tidak produktif hingga sekitar tahun 2006. Kemudian direnovasi atas bantuan perusahaan swasta PT Honda Prospect Motor (HPM).

 

Aneka tanaman rindang dan asri menghiasi taman yang juga dilengkapi arena bermain anak-anak ini. Tidak hanya itu saja, terdapat pula wifi, area pusat kebugaran lengkap dengan peralatannya, reflexiology track, arena futsal, jogging track, hingga jembatan dengan desain modern.

 

Saat akhir pekan taman ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk senam, bermain skateboard, hingga berlatih taekwondo. Karena keindahahannya, taman ini juga kerap digunakan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding. (Jalan Tebet Barat Raya No.41, Tebet, Jakarta Selatan)

  1. Taman Wisata Alam (TWA)

Merupakan kawasan konservasi hutan mangrove yang dikelola sebuah perusahaan swasta. Selain dihiasi hijaunya hutan mangrove, kawasan ini menjadi tempat tinggal bagi beragam satwa mulai dari monyet, burung, hingga biawak air.

 

Tersedia akses jalan setapak untuk berkeliling kawasan ini, termasuk mengitari sungai hutan mangrove menggunakan kapal yang disewakan. Jangan lupa untuk singgah sebentar di gardu pandang. Menara setinggi lebih dari lima meter ini tak hanya menawarkan pemandangan apik TWA Angke Kapuk saja, namun juga bisa melihat kawasan Pantai Indah Kapuk lainnya.

 

Selain dijadikan tempat wisata, kawasan ini kerap dijadikan sebagai tempat foto prewedding. (Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara)

  1. Taman Kota Waduk Pluit

Bentuknya mengelilingi perairan dan menjadi pusat taman sehingga dapat memfasilitasi masyarakat untuk berkumpul sekaligus menjadi taman bermain anak. Beberapa pohon rindang jenis anggur laut, rumput, dan bangku taman juga tersebar di sekeliling taman untuk sekadar berteduh atau duduk santai.

 

Di akhir pekan biasanya ramai oleh mereka yang beraktivitas menggunakan alat olahraga dan berlari di jogging track. Ada dua titik lokasi tempat peralatan olahraga ini dipasang, yakni di ujung barat dan timur Taman Kota Waduk Pluit. Masing-masing titik disediakan sekitar enam jenis alat olahraga, seperti Air Walker, Seated Bike, Seat Leg Press, Seat Body Puller, Seat Horse Ride, Stand Weight Lifting. (Jalan Inspeksi No.281, Penjaringan, Jakarta Utara)

  1. Taman Waduk Ria Rio

Ada yang berbeda dengan taman-taman lainnya di Jakarta, di sini terdapat tanaman unik asal Afrika, pohon baobab (Adansonia digitata). Pohon berumur panjang ini mampu menyimpan air pada batangnya dan dapat berusia hingga ratusan tahun.

 

Selain itu juga terdapat berbagai tanaman yang membuat taman semakin asri seperti pulai, buni, dan palem. Terdapat beberapa kursi taman di sudut-sudut untuk menikmati pemandangan waduk yang berlatar belakang gedung pencakar langit.

 

Di sisi sebelah timur taman terdapat sekumpulan bunga angrek dan melati yang menjadi lokasi favorit untuk berfoto. Taman ini juga telah difasilitasi dengan Wi-Fi gratis. Tak lupa tempat sampah pun juga dibikin lebih banyak, hal ini diperuntukan untuk menjaga kebersihan taman. (Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur)

taman tabebuya

  1. Taman Tabebuya

Kebersihan dan keasrian Taman Tabebuya ini pantas untuk diacungi jempol. Di Taman Tabebuya ini kamu beserta keluaga atau anak dapat berolahraga bersama. Fasilitas umum untuk berolahraga seperti tempat untuk yoga, peralatan fitnes, jogging track, dan lapangan olahraga lainya.

 

Di tengahnya terdapat kolam yang menjadi rumah bagi tumbuhan teratai, ikan, dan angsa. Taman ini juga termasuk taman yang ramah anak. Di sini anak-anak dapat memainkan beragam permainan di area playground yang tersedia.

 

Dinamakan Taman Tabebuya karena sesuai tanaman atau pohon yang ditanam ditempat ini. Terdapat pohon tabebuya yang berasal dari negara Brasil dan orang awam seringkali menyebutnya sebagai pohon sakura, karena bila berbunga bentuk mirip seperti bunga sakura.

 

Namun, bunga tabebuya hanya mekar pada waktu-waktu tertentu saja, biasanya pada pada pertengahan sampai akhir musim hujan. (Jalan Moh. Kafi No.1, Ciganjur, Jagakarsa)

lapangan banteng

  1. Taman Lapangan Banteng

Kini, Taman Lapangan Banteng atau Lapangan Banteng hadir dengan wajah baru setelah selesai direvitalisasi pada 2018 lalu. Ada beberapa spot menarik di dalamnya seperti trek atletik yang sering dimanfaatkan untuk jogging.

 

Tak jauh dari Monumen Pembebasan Irian Barat, terdapat amphitheatre berbentuk setengah lingkaran yang dapat menampung ribuan orang. Amphiteatre ini menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto. Banyak foto Lapangan Banteng yang beredar di Instagram diambil di sini.

 

Di dekat amphitheatre terdapat air mancur. Di malam hari air mancur ini akan menyala lampu berwarna-warni dan diputarkan lagu tradisional Indonesia mengiringi menarinya air mancur tersebut.

 

Lalu ada Dinding Kutipan yang dibangun dengan tujuan agar generasi muda tidak melupakan sejarah bangsa Indonesia. Di sini tertulis pidato proklamasi, Deklarasi Djuanda, serta pidato Presiden Soekarno mengenai Pembebasan Irian Barat.

 

Terakhir, Lapangan Banteng pun memiliki taman bermain anek dengan aneka permainan. (Pasar Baru, Sawah Besar)

tribeca

  1. Taman Tribeca

Taman Tribeca ibarat oase yang menyegarkan di tengah kesibukan dan rutinitas Jakarta Barat. Taman ini sendiri merupakan bagian dari kompleks pusat perbelanjaan megah Central Park Mall.

 

Usai belanja atau window shopping, kamu bisa mampir atau duduk-duduk di Taman Tribeca sambil menikmati suasananya yang asri dengan tanaman hias serta bunga warna-warni.

 

Tidak hanya itu, di sekeliling taman ini ada banyak kafe dan restoran juga. Jadi, kamu bisa makan atau meyeruput secangkir kopi dengan keindahan taman seluas 1,5 hektar ini.

 

Taman Tribeca juga memiliki beberapa kolam dengan air terjun mungil buatan yang diisi kura-kura Brazil dan ikan koi. Pada jam-jam yang ditentukan kamu bisa memberi makan hewan-hewan.

 

Tiap akhir pekan, beberapa komunitas gemar melakukan kopi darat (kopdar) di Taman Tribeca seperti pecinta anjing, komunitas costplay, komunitas sepeda, pemain yoyo, hingga dance. (Jalan Letjen S. Parman Street No.28, Tanjung Duren, Grogol)

Supaya kamu tidak pusing karena macet dan dipusingkan masalah parkir saat mengunjungi taman-taman di Jakarta, mending sewa mobil lewat Movic.

 

Movic merupakan aplikasi yang menghubungkan pemilik dan penyewa mobil. Tentunya jika berlibur dan menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya, kamu akan lebih hemat tenaga.

 

Selain bertugas mengantar kamu berlibur, sopir juga dapat memberikan informasi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan atau yang sedang ‘hitz’ di kalangan pelancong. Dengan menyewa mobil berikut sopirnya bisa jadi kamu dapat menekan budget saat liburan.

 

Tunggu apalagi, segera download Movic. Mo’ Untung, Movic Aja!