Penyebab Truk Gotrek Ditilang Polisi pada Cerita Film Tilik

By Ferdi Julias - Agustus 23, 2020

Truk bak terbuka pada Film Tilik dihentikan dan ditilang polisi. Apa penyebabnya?

film tilikFilm Tilik adalah film berbahasa Jawa besutan Wahyu Agung Prasetyo yang ramai menjadi perbincangan warganet di Twitter baru-baru ini. Viralnya film ini disinyalir karena lekat dengan kehidupan masyarakat.

Cerita film Tilik dimulai dengan kisah rombongan ibu-ibu yang ingin menjenguk Ibu Lurah di rumah sakit dengan menggunakan truk bak terbuka. Saat diperjalanan, tiba-tiba truk yang mereka tumpangi berhenti dan ditilang polisi. Apa penyebabnya?

Seperti yang disebutkan oleh polisi di dalam Film Tilik, bahwa Gotrek (pengemudi truk di Film Tilik) telah melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan Pasal 5 ayat (4), yaitu kendaraan bermotor jenis mobil barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf d meliputi (a) kendaraan bak muatan terbuka, (b) mobil bak muatan tertutup, (c) mobil tangki, dan (d) mobil penarik.

Baca juga: Bagaimana Regulasi Mobil Double Cabin di Indonesia?

Kemudian, pada PP No.55 Tahun 2012 Pasal 1 ayat (7) dijelaskan, bahwa mobil barang adalah kendaraan bermotor yang dirancang sebagian atau seluruhnya untuk mengangkut barang.

Setelah itu, pada Peraturan Menteri Perhubungan RI PM 60 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor di Jalan Pasal 1 ayat (13) tertulis, bahwa awak kendaraan adalah pengemudi, pengemudi cadangan, dan pembantu pengemudi.

Berita Terkait

Author