Mudahnya Menghilangkan Baret di Bodi Mobil

Kesal catnya tidak mulus sempurna? Tenang dulu, begini cara menghilangkan baret di bodi mobil sesuai dengan tingkat goresannya.

menghilangkan baret

Memiliki mobil yang kinclong dan mulus adalah dambaan tiap orang. Tentu kesal, bila mobil kesayangan catnya baret pada beberapa bagian bodinya.

Baret di bodi mobil memang sewajarnya aja, apalagi bila digunakan sebagai kendaraan harian yang mengantarkan pemiliknya dari satu titik ke titik lainnya.

Ada beberapa kategori baret pada cat di bodi mobil, yaitu baret halus, baret ringan, dan baret dalam.

Baca juga: Penyebab Lampu Indikator Check Engine Tiba-Tiba Menyala

Lantas bagaimana bisa terjadi dan apa bisa menghilangkan baret di bodi mobil? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Menghilangkan baret di bodi mobil

menghilangkan baret di bodi mobil

Menghilangkan baret di bodi mobil

menghilangkan baret di bodi mobil

Penyebab baret di bodi mobil

Baret halus biasanya akan lebih terlihat di mobil dengan cat warna hitam dan warna gelap lainnya. Meski hampir tidak terlihat, namun bila terakumulasi akan merusak estetika.
Baca juga: Cara Antisipasi Agar Cover Mobil Tidak Merusak Bodi dan Cat

Penyebab baret halus paling utama adalah debu dan pasir yang tidak sengaja langsung tersapu, baik saat  mengelap mobil dalam keadaan kering  atau saat mencucinya.

Pencegahan dan cara menghilangkan baret ringan yang paling mudah adalah jangan membersihkan mobil dengan menggunakan kemoceng atau langsung mengelapnya.

Selanjutnya, baret ringan yang biasa terjadi akibat bodi mobil tergores dengan benda yang lebih keras, seperti ranting pohon atau kerikil. Bisa juga tidak sengaja tergores oleh cincin atau tas pemilik mobil.

Baca juga: Mudahnya Coating Mobil Sendiri Biar Makin Kilap dan Kinclong

Selama tidak merusak susunan cat pada bodi mobil, baret ringan masih bisa dihilangkan. Cara menghilangkan baret ringan pun mudah, bahkan beberapa bahan untuk membantunya dapat ditemukan di rumah.

menghilangkan baret

Terakhir, baret dalam bisa terjadi karena mobil mengalami kecelakaan ringan, seperti bersenggolan atau diserempet kendaraan lain. Yang paling umum biasanya adalah mobil menyerempet trotoar, pagar, pohon, motor, tiang listrik, dan sebagainya.

Untuk memperbaiki, sebaiknya langsung saja bawa ke bengkel. Jika mobil dilindungi asuransi, perusahaan penyedia jasa layanan akan membantu dan memperbaikinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

Kerusakan cat mobil akibat baret memang tidak berpengaruh ke performa mesin. Namun, hal itu akan membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik digunakan saat berkendara.

Baca juga: Warna Mobil Paling Favorit di Dunia dan Cara Merawatnya

Oleh karena itu, pastikan kamu langsung mengatasi dan menghilangkan baret di bodi mobil ya.