Cara Aman Langsung Geber Road Trip Menggunakan Mobil Baru

Punya mobil pastinya akan diajak jalan-jalan ke luar kota. Namun amankah road trip menggunakan mobil baru?

road trip menggunakan mobil baru

Siapa yang tidak ingin jalan-jalan ke luar kota atau road trip? Tentu semuanya ingin, apalagi mobil tersebut adalah mobil baru, pasti tidak sabar untuk mencobanya!

 

Sebagai mana mobil baru pasti ada masa inreyen. Kata inreyen atau biasa disebut dengan break-in adalah masa di mana komponen-komponen mesin sedang dalam masa penyesuaian.

 

Baca juga: Tips Aman Beristirahat di Mobil Saat Road Trip

 

Proses ini mewajibkan mobil untuk tidak digeber langsung pada kecepatan tinggi karena dapat merusak komponen mesin.

 

Istilah ini sering digunakan untuk mobil-mobil baru dan wajib diketahui oleh setiap pemiliknya.

road trip menggunakan mobil baru

Inreyen hanya mitos

Tapi sesungguhnya, untuk mobil baru masa kini, istilah inreyen sebenarnya sudah tidak berlaku lagi karena pabrikan sudah melakukan pengecekan mesin terlebih dahulu sebelum mobil diterima oleh pemiliknya.

 

Hal tersebut diutarakan oleh, Taufik Prabowo, Foreman PT Astra International Tbk – Daihatsu Jakarta Kelapa Gading Branch.

 

Baca juga: Ingin Road Trip Bareng Teman? Pastikan 7 Hal Ini Dulu

 

Di tambahkannya, inreyen sudah menjadi mitos untuk mobil sekarang.

 

Mesin mobil baru zaman sekarang sudah jauh lebih canggih daripada mesin mobil baru zaman dulu, ditambah dengan tingkat presisinya yang juga sudah lebih baik. Jadi, build quality-nya jelas sudah lebih bagus mobil-mobil jaman sekarang.

 

Jadi, inreyen untuk mobil jaman sekarang, sudah tidak mengenal lagi istilah inreyen.

 

Baca juga: Anak Bosan Saat Road Trip? Coba Tips Ini Agar Kembali Ceria

 

Bagi yang sudah mengetahui hal ini, ada baiknya berbagi pengetahuan kepada yang mungkin masih bertanya-tanya tentang hal ini, agar edukasi kepada masyarakat juga lebih cepat.

 

Walau begitu, tetap saja ada yang mesti diperhatikan ketika road trip menggunakan mobil baru.

keuntungan kredit mobil

Cek dulu mobil

Tidak ada salahnya sebelum berangkat road trip menggunakan mobil baru, Anda melakukan pengecekan.

 

Tentunya Anda akan membawa beban, baik penumpang maupun barang bawaan, dan melewati berbagai medan kondisi jalan, yang tentunya berpengaruh pada bagian kaki-kaki mobil. Karena itu, bila perlu Anda sebagai pemilik mobil disarankan juga untuk melakukan pengecekan ban, spooring, balancing, serta suspensi.

 

Biasakan juga untuk mengecek komponen rem, kopling, dan transmisi. Perjalanan panjang dengan kecepatan tinggi dan diselingi kondisi macet biasanya akan membuat kampas rem atau kopling menjadi lebih tipis.

 

Baca juga: Lagu-lagu Cozy yang Harus Diputar Saat Road Trip

 

Meski masih bisa digunakan dan tidak harus diganti, lakukan pemeriksaan untuk memastikan demi keamanan pemakaian. Untuk kendaraan dengan transmisi otomatis, cek juga oli transmisi untuk menjaga kondisi tetap prima.

 

Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan perawatan mobil di rumah secara mandiri dengan melakukan hal yang sederhana, seperti mengecek volume oli mesin, oli transmisi, oli gardan, air radiator, menambahkan air wiper, hingga memeriksa minyak rem.

mobil untuk keluarga

Ini kesimpulannya!

Kesimpulannya, road trip menggunakan mobil baru bisa dibilang aman, mesin tidak masalah untuk digeber. Tapi ingat, patuhi selalu rambu lalu lintas dan jaga keselamatan serta.

 

Aman ini juga dipengaruhi oleh cara berkendara pengemudi. Jika berkendara sesuai aturan serta peraturan tentunya Anda akan selamat sampai tempat tujuan.

 

Baca juga: Punya Toyota New Avanza 2019 Enaknya Roadtrip ke Mana?

 

Nantinya, usai road trip menggunakan mobil baru biasakan untuk servis atau atau perawatan berkala sesuai jadwal tetap perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi mobil menjadi lebih prima.

 

Ingat , dengan servis atau atau perawatan berkala sesuai jadwal, mobil selalu siap menemani Anda dalam beraktivitas tiap setiap hari!

 

Booking Service

 

Baca juga: 6 Pilihan Mobil di Bawah Rp 300 Juta untuk Road Trip