Search Cars

Travel & Lifestyle

Anak Bosan Saat Road Trip? Coba Tips Ini Agar Kembali Ceria

Kadang, anak merasa bosan saat road trip. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Liburan sekolah datang, rencana liburan mungkin sudah dibuat oleh sebagian orang. Ada yang ingin berpergian menggunakan transportasi umum atau banyak juga yang akan menggunakan mobil pribadi.

 

Memang, long trip menggunakan mobil punya kesan yang berbeda. Pastinya, akan banyak hal yang bisa dilakukan di mobil untuk menghilangkan kebosanan saat perjalanan atau ketika sedang macet-macetan.

 

Namun, jika akan membawa anak saat long trip, harus ada cara khusus untuk menghibur mereka agar rasa bosannya di dalam mobil bisa hilang.

 

Bagaimana caranya? Mungkin tips berikut ini dapat menjadi referensi kamu ketika anak tiba-tiba bosan saat sedang long trip menggunakan mobil.

 

Bawa makanan kesukaannya

Kadang anak suka rewel jika merasa lapar saat perjalanan jauh, jadi sebelum berangkat persiapkan makanan dan minuman kesukaannya. Tidak perlu makanan berat, cukup snack atau makanan ringan yang bisa menjadi cemilan di perjalanan.

 

Untuk menjaga kenyamanan di dalam mobil, perhatikan kebersihan saat menyantap cemilan. Usahakan tidak membuat mobil kotor karena serpihan-serpihan dari makanan ringan tersebut.

 

Setelah makan, ada baiknya periksa di beberapa bagian mobil, mungkin ada makanan yang tumpah atau terjatuh. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan anak setelah makan, seperti mengecek kotoran di bajunya, sisa makanan di mulut, dan lain-lain.

 

Mendengarkan musik

Sempat terdengar bahwa mendengarkan musik di mobil dilarang. Ternyata, hal tersebut hanya salah kaprah dan tidak tertulis pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Mendengarkan musik boleh saja dilakukan selama tidak mengganggu. Jadi, jika anak Anda tiba-tiba merasa bosan, mungkin mendengarkan musik dapat menjadi salah satu solusi yang tepat. Putarkan saja lagu kesukaannya, siapa tahu rasa bosannya akan hilang.

 

Anda juga dapat bernyanyi bersama sehingga bukan hanya anak yang dapat terhibur, tetapi juga seluruh orang di dalam mobil.

 

Bermain games

Ini juga sering dilakukan oleh anak-anak ketika merasa bosan di perjalanan. Bukan hanya bermain games di gadget, Anda juga dapat membuat permainan kecil di dalam mobil seperti tebak kata, tebak lagu, dan permainan simple lainnya.

 

Selain menghilangkan kebosanan, permainan tersebut juga akan membuat Anda selalu aktif dalam berfikir sehingga rasa bosan akan tergantikan oleh permainan yang menyenangkan.

 

Optimalkan sosial media

Sosial media seakan-akan sudah menjadi hal wajib untuk dimiliki, dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan kakek-nenek punya sosial media pribadi. Ini juga menjadi suatu cara yang dipakai oleh banyak orang ketika merasa bosan saat melakukan perjalanan jauh, termasuk anak-anak.

 

Menggunakan sosial media dapat menjadi salah satu solusi ketika anak merasa jenuh. Mereka dapat berfoto, menonton video, atau bahkan melakukan live report tentang keadaan jalan. Banyak loh anak-anak jaman now yang melakukannya.

 

Tapi jangan lupa, gunakanlah dengan bijak dan awasi anak ketika sedang berselancar di sosial media demi kebaikannya.

 

Tidur

Ketika merasa bosan, biasanya anak akan rewel karena mengantuk. Untuk membuatnya tidur, cara-cara di atas juga dapat dijadikan solusi, misalnya dengan mendengarkan musik. Malah kadang-kadang orang tua memiliki trik khusus untuk membuat anaknya nyaman sampai tertidur pulas.

 

Tips di atas mungkin mudah untuk dilakukan namun sering lupa karena sedang fokus memperhatikan jalan.

 

Bagi yang menginginkan pengalaman lebih banyak di mobil bersama anak, mungkin dapat menggunakan aplikasi Sejalan. Dengan Sejalan, kamu tidak perlu menyetir lagi karena sudah ada Kapten (pengemudi) yang memiliki tujuan sejalan denganmu.

Kamu akan puas bermain dengan anak atau keponakan di dalam mobil tanpa harus fokus kepada jalanan secara langsung. Anak juga akan merasa semakin ceria ketika memiliki teman bermain di perjalanan.

 

Semoga Sejalan dapat membantu kamu dan keadaan di mobil menjadi menyenangkan. Selamat berlibur! Jangan lupa untuk tetap utamakan keselamatan di jalan ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.