4 Cara yang Bisa Kamu Pakai Agar Tidak Terkena Ganjil Genap Jakarta

By rekaharnis - October 3, 2019

Mungkin 4 tips berikut ini bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin menghindari sistem ganjil genap Jakarta.

ganjil genapMasalah kemacetan di Jakarta seakan tidak pernah menemukan ujungnya. Berbagai jenis solusi telah diupayakan untuk memecahkan persoalan ini, salah satunya adalah sistem ganjil genap. Hingga kini, pemberlakuan ganjil genap di Jakarta sudah diterapkan di 25 ruas jalan.

 

Penerapan ganjil genap di sejumlah ruas jalan tersebut terbilang cukup baik, karena tingkat kemacetan di Jakarta kini mengalami penurunan. Menurut TomTom Traffic Index, Jakarta telah mengalami penurunan kemacetan jalan sebesar 8 persen.

 

Walaupun begitu, masih ada sebagian orang yang mengeluhkan kebijakan ini karena dianggap merepotkan. Tapi tenang, ada 4 tips yang bisa kamu gunakan agar tidak terkena peraturan ganjil genap Jakarta.

 

Selain itu, 4 tips ini juga bisa bantu kamu jadi lebih cepat sampai kantor dan juga mengurangi tingkat kemacetan di Ibu kota. Ada apa aja sih? Yuk, simak ulasan berikut ini.

 

Berangkat lebih awal

Cobalah berangkat lebih awal sebelum memasuki jam berlaku ganjil genap. Solusi ini mungkin bisa membuat kamu sampai kantor lebih cepat, on-time dan tidak terburu-buru di jalan, karena terhindar dari macet sehingga bisa mempersingkat durasi perjalanan.

 

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Resmi Diperluas, Ini 16 Rute Barunya

 

Hal ini juga bisa mempertahankan mood kamu agar tetap positif karena sudah terhindar dari macetnya ibu kota yang sering bikin emosi.

 

Jam berlaku ganjil genap adalah pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00 WIB. Kalau kamu tidak ingin terkena sistem ganjil genap, cobalah berangkat sebelum jam-jam tersebut.

 

Lewat jalur alternatif

Cara kedua ini cocok banget buat kamu yang susah bangun pagi. Cobalah cari jalur alternatif yang tidak diberlakukan sistem ganjil genap. Mulai lakukan research, jalur-jalur mana saja yang aman dari ganjil genap beberapa saat sebelum berangkat, sehingga fokus kamu tidak terpecah saat sedang mengendarai kendaraan.

 

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Waze atau Google Maps untuk mencari jalur-jalur tersebut.

 

Gunakan transportasi umum

Pilihan transportasi umum di Jakarta sekarang sangat beragam. Berbagai opsi transportasi umum ada buat kamu yang tidak mau terkena sistem ganjil genap, dari mulai KRL, Transjakarta, hingga yang paling baru ada MRT dan LRT. Kamu tinggal sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan.

 

Baca juga: Waktu Operasional, Alat Pembayaran, dan Rute MRT Jakarta

 

Soal kenyamanan dan keamanan, jangan ditanya, transportasi umum di Jakarta kini sudah jauh lebih baik. Fasilitas yang ada di tiap-tiap stasiun atau shelter juga relatif lengkap, dari mini market hingga restoran cepat saji tersedia di sana.

 

Ikut Ride Sharing

Nah, ini dia solusi paling menyenangkan, mudah, murah dan nyaman. Kamu bisa ikutan ride sharing bareng Sejalan. Sejalan akan mempertemukan pengemudi (Kapten) dan penumpang (Teman) yang memiliki rute perjalanan searah. Kapten Sejalan bukanlah pengemudi komersial, mereka adalah orang-orang biasa yang memiliki rute sejalan dengan kamu.

 

Dengan memberi tebengan, Kapten Sejalan dapat menghemat sebagian biaya perjalanan sekaligus menambah teman dan begitu juga dengan Anda yang menjadi Teman. Selain berkontribusi mengurangi kemacetan, pergi bersama menggunakan Sejalan juga bisa menjadi sarana menambah relasi pertemanan.vTerus, Sejalan menyediakan berbagai promo dan hadiah yang menarik.

 

Baca juga: Apa Saja FItur Multimedia di Mobil Sebagai Pengusir Bosan?

 

Bukan itu aja, Sejalan juga menyediakan rute perjalanan antar kota. Lalu, Sejalan pun menyediakan perjalanan yang melewati rute ganjil genap. Tentunya, ini adalah solusi paling tepat buat kamu yang gak mau repot-repot ria di tengah kamacetan ibu kota, apalagi ketilang gara-gara ganjil genap.

 

Jadi, yuk download aplikasi Sejalan untuk bikin perjalanan kamu lebih menyenangkan setiap harinya.

Berita Terkait

Author