Search Cars

Uncategorized

Sesuaikan Kondisi Cuaca, Ini Cara Mudah Mengatur AC Mobil

Mengatur AC mobil memang kelihatan mudah bagi Anda, namun apakah cara Anda sudah benar? Mengatur AC mobil ada aturannya. Berikut ulasannya!

Pendingin kabin mobil atau air conditioner (AC) menjadi salah satu komponen penting yang fungsinya menambah kenyamanan ketika Anda berada di dalam kabin terutama saat keadaan cuaca panas.

 

Menyalakan dan mengatur AC mobil memang sangatlah mudah, Anda hanya tinggal menekan atau menggeser knob pengaturan dan AC mobil pun langsung menyala. Namun, tidak semua pengemudi menyalakan atau mengatur AC mobil dengan cara yang benar.

 

Baca juga: Amankah Menyalakan AC Mobil Saat Menerjang Banjir?

 

Ketika menyalakan atau mengatur AC mobil, beberapa orang mungkin akan menyalakan dan mengatur AC mobil langsung menggunakan pengaturan normal. Dengan tujuan untuk mendinginkan kabin mobil, tapi karena caranya yang salah, malah membuat suhu di dalam kabin menjadi tambah panas. Lalu bagaimana cara yang baik untuk mengatur AC mobil?

Buang udara di dalam mobil

Jika selama ini Anda lebih sering langsung menghidupkan AC tanpa membuka kaca jendela, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Ada baiknya sebelum Anda menghidupkan AC mobil buanglah terlebih dahulu udara di dalam mobil dengan membuka kaca jendela.

 

Baca juga: AC Mobil Akan Lebih Cepat Dingin dengan Cara Berikut

 

Hal ini diperlukan agar suhu panas yang terperangkap di dalam kabin mobil bisa bersirkulasi. Bukalah pintu dan kaca mobil terlebih dahulu kurang lebih 1 menit, kemudian hidupkan dan atur AC mobil secara perlahan.

Atur arah kisi-kisi AC

Setelah AC mobil menyala, hindari untuk mengarahkan kisi-kisi langsung ke tubuh Anda. Sebaliknya, aturlah arah kisi-kisi AC menghadap bagian atap. Hal ini dilakukan agar udara dingin lebih merata tersebar ke seluruh kabin.

 

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Fitur Mobil yang Berguna di Musim Hujan

 

Jika mobil Anda sudah dilengkapi dengan pengaturan AC secara otomatis, maka manfaatkanlah fitur tersebut. Dengan menggunakan sistem auto, kabin akan tetap terasa dingin dan sirkulasi udara dari luar masih terus berlangsung.

 

Hindari pengaturan maksimal

Selanjutnya, jika Anda sudah berada di perjalanan, hindari mengatur AC mobil hingga suhu maksimal. Aturlah suhu AC menggunakan pengaturan speed dan blower pada posisi satu dan dua saja.

 

Selain menghasilkan suhu yang lebih optimal, pengaturan ini bertujuan agar kompresor tidak bekerja terlalu berat. Karena jika kompresor bekerja terus menerus akan menyebabkan suhu dingin yang berlebih hingga evaporator membeku yang nantinya akan berdampak pada pendeknya umur kompresor.

Pengaturan AC mobil ketika cuaca dingin

Pada cuaca dingin pun Anda tetap dapat menggunakan AC mobil. Namun, pengaturannya jelas berbeda dengan saat cuaca panas. Pada saat cuaca dingin anda cukup mengatur suhu AC agar jadi lebih hangat. Jagalah agar pengaturan hembusan kipas tetap berada di angka yang rendah, misalnya  pada posisi 1.

 

Baca juga: Cara Merawat AC di Mobil Supaya Tetap Berasa Segar dan Baru

 

Nah, berikut cara yang benar dalam mengatur AC mobil Anda sesuai kondisi cuaca. Jika dengan cara di atas AC mobil Anda masih terasa kurang sejuk, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

 

Agar mempermudah Anda, sebelum itu lebih baik gunakan fitur booking servis yang ada di Seva.id untuk menghemat waktu Anda saat melakukan servis. Segera kunjungi Seva.id dan jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan Anda agar selalu dalam kondisi prima.

 

Booking Service

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.