Sejarah Airbag: Kenapa Bisa Jadi Fitur Safety di Mobil?

By Reka Harnis - September 16, 2020

Airbag menjadi salah satu piranti keamanan yang ada di mobil. Namun, tahukah kamu bagaimana sejarah airbag?

sejarah airbag

Hampir semua mobil saat ini sudah dilengkapi dengan airbag atau kantung udara guna meminimalisir dampak kecelakaan dan mengurangi resiko benturan penghuni kabin mobil saat terjadi kecelakaan. Namun tahukah kamu bagaimana sejarah airbag?

Meski airbag bisa dibilang sebagai salah satu piranti keselamatan canggih saat ini, namun ternyata airbag sudah ditemukan sejak era 1950-an.

Saat itu, Walter Linderer, penemu asal Jerman, mendaftarkan hak paten sistem airbag, yang merupakan satu-satunya teknologi kecelakaan pada saat itu.

Sistem airbag yang ditemukan oleh Linderer menggunakan konsep udara yang dikompres.

Sistem ini akan aktif ketika bumper menabrak sesuatu atau pengemudi langsung mengaktifkannya manual. Tetapi, sistem airbag milik Linderer dianggap masih kurang cepat mengisi udara dalam bantalan.

Baca juga: Jangan Gunakan Transmisi Netral Saat Melewati Turunan!

Kemudian, munculah nama Allen Breed, yang disebut sebagai sosok penting dalam pengembangan airbagBreed menjadi orang pertama yang menemukan sistem sensor dan keamanan di tahun 1968 dan menjadi tokoh penting pada perjalanan sejarah airbag.

Sistem tersebut merupakan sistem airbag elektromekanik pertama di dunia yang menjadi cikal bakal industri sistem keamanan.

Meskipun airbag sudah ditemukan pada era itu, penggunaannya untuk mobil justru baru ada di era 1970-an.

Pada tahun 1971, perusahaan industri asal Amerika Serikat, Ford, menjadi pabrik pertama yang memakai teknologi airbag pada kendaraan, meskipun masih tahap uji coba.

Sejarah airbag tak berhenti sampai di situ, General Motors ikut menjajal langkah ini di model Chevrolet.

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Airbag yang Perlu Diketahui

Namun, penjualannya masih terbatas pada pemerintah saja. Kemudian, di tahun yang sama, barulah Oldsmobile Toronado sebagai mobil penumpang pertama yang menggunakan airbag dilepas ke pasaran umum.

Seiring berjalannya waktu, General Motors membuat inovasi dengan memasang airbag untuk pengemudi, yakni dengan model Olsmobile dan Buck di tahun 1975 dan 1976. 

Berita Terkait

Author