Review Toyota New Calya: Makin Enak Dikendarai dan Banyak Fitur Baru

Digadang sebagai MPV tujuh penumpang yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Apa saja yang ditawarkan? Simak review Toyota New Calya dari Seva.id.

Toyota New Calya

Kemunculan Toyota New Calya terbilang fenomenal karena menjadi mobil low cost green car (LCGC) atau konsep mobil terjangkau ramah lingkungan dengan kapasitas tujuh penumpang.

 

Versi facelit mobil kelas entry level multi purpose vehicle ini diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 16 September 2019.

 

Sesuai slogan yaitu Partner in Times, Toyota New Calya juga diharapkan tak hanya mumpuni dalam mendukung aktivitas keseharian, tetapi juga bisa menjadi partner yang handal pada setiap momen bersama keluarga maupun kerabat.

 

Baca juga: Deretan Mobil Baru dengan Fitur Keselamatan Terbaik

Toyota New Calya

Terdapat dua varian pada Toyota New Calya, E dan G. Varian G adalah yang tertinggi Toyota New Calya. Selain yang transmisi manual lima percepatan, tersedia juga transimi otomatis empat percepatan.

 

Di bawah tipe G, ada varian, perbedaannya, selain eksterior, interior, tentunya fitur-fitur kelengkapannya saja.

 

Lalu bagaimana rasanya dan apa saja bedanya dengan seri sebelum facelift? Ini review Toyota New Calya dari Seva.id.

 

Baca selanjutnya.

Toyota New Calya

Makin enak dikemudikan

Review Toyota New Calya dimulai dari ergonomi berkendara.

 

Dengan pengemudi berpostur tinggi 168 sentimeter, mobil ini kami nilai nyaman dan dapat memberikan pandangan ke depan yang luas.

 

Meski tidak dibekali dengan pengaturan posisi setir, namun untuk mendapat posisi nyaman dalam mengemudi sudah cukup dari pengaturan jok saja.

 

Busa joknya pun tebal dan sandarannya pas di punggung, sehingga untuk menempuh perjalanan jauh, pengemudi tidak cepat pegal.

 

Baca juga: Perbedaan Toyota New Calya Setelah Resmi Diluncurkan

Toyota New Calya

Posisi tuas perseneling yang menyatu dengan dashboard juga mudah dijangkau oleh tangan kiri. Posisi ini mengingatkan akan mobil-mobil MPV besar, seperti Toyota Alphard atau Toyota Vellfire.

 

Menambah kenyamanan berkendara, Toyota New Calya hadir dengan audio steering switch. Dengan adanya fitur ini, pengemudi tidak perlu memindahkan tangan dari lingkar kemudi ketika ingin mengganti mode audio atau mengatur volume.

 

Sementara di bagian spion, selain dapat diatur secara elektris, spion pada Toyota New Calya juga dapat dilipat secara otomatis dari bagian dalam.

 

Baca selanjutnya.

Toyota New Calya

Mesin yang sesuai

Pada Toyota New Calya, pengemudi akan terpuaskan oleh performa unit berkode 3NR-VE 1.197 cc 4 silinder bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11 kgm pada 4.200 rpm.

 

Mesinnya yang kompak dan advance dilengkapi teknologi Dual VVT-i terasa memadai untuk dipakai di perkotaan dan diajak touring ke luar kota, bahkan menelusuri jalan pegunungan sekalipun.

 

Hal lain yang di luar dugaan adalah mobil ini dapat dipacu hingga 120 kilometer per jam namun tetap stabil. Tidak ada gejala setir bergetar atau bodi mobil yang limbung.

 

Baca juga: Review Toyota All New Camry Hybrid: Ternyaman dan Bertenaga

Toyota New Calya

Banyak yang bilang kalau shockbreaker-nya keras dan tidak nyaman, tapi nyatanya semua masih bisa ditolerir, baik ketika melewati jalan rusak atau speed bump.

 

Kami juga mengajak Toyota New Calya ini menyusuri jalan sempit di ibu kota.

 

Karena posturnya yang kompak dan radius putar yang besar, ditambah dengan fitur modern Electronic Power Steering (EPS) dan sensor parkir, tidak ada kendala berarti dalam melewatinya.

 

Baca selanjutnya.

Toyota New Calya

Fitur baru di Interior

Sentuhan penyegaran pada interior tak hanya mampu mewujudkan kesan makin lebih nyaman, hangat, dan lega, tapi juga meningkatkan kesan prestige, dalam berkendara dengan Toyota New Calya.

 

Selain penggunaan warna coklat gelap (dark brown) yang melapisi dashboard dan kursi pengemudi maupun penumpang untuk semua tipe, Toyota New Calya juga dilengkapi dengan fitur lainnya.

 

Audio head unit baru dengan fitur touch screen yang didukung fitur konektivitas melalui smartphone melalui koneksi USB, AUX, hingga bluetooth, menghadirkan kesan lebih modern di dalam kabin

 

Khusus varian G dengan transmisi otomatis seperti unit yang kami tes ini mendapatkan laci penyimpanan di bawah jok penumpang depan.

 

Baca juga: Review BMW Seri 3: Sang Legenda yang Makin Canggih, Mewah, dan Sporty

Toyota New Calya

Kepraktisan lain turut ditunjang dengan kantong penyimpanan pada jok belakang pengemudi, slot untuk meletakkan kartu e-money di bagian tengah dashboard, serta tempat penyimpanan multifungsi di bagian bawahnya.

 

Tidak ketinggalan dua slot lighter pada bagian depan dan belakang yang dapat digunakan untuk mengecas smartphone atau gadget dengan adapter tambahan.

 

Kami menilai kenyaman kabin Toyota New Calya ini memadai untuk keluarga kecil. Apalagi sanggup mengakomodir kenyamanan hingga tujuh orang penumpang saat perjalanan.

 

Walau tidak dilengkapi AC double blower, mobil ini memiliki air circulator agar baris kedua dan ketiga tetap mendapatkan udara segar.

 

Baca selanjutnya.

Toyota New Calya

Eskterior agresif

Mobil zaman now harus memiliki tampang yang memikat di jalan. Ini dibuktikan oleh Toyota New Calya dengan penampilan yang agresif dan modern di depan.

 

Untuk lampu utama Toyota New Calya kini menggunakan teknologi LED yang desainnya mirip dengan kepunyaan Toyota All New Avanza. Sementara, bagian grille-nya dihiasi dengan dark chrome.

 

Perbedaan Toyota New Calya dengan yang sebelumnya dari sisi eksterior adalah bagian velg.

 

Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Dalam Kabin Mobil

Toyota New Calya

Meski masih sama-sama menggunakan velg alloy dual tone ring berdiameter 14 inci yang dibalut ban dengan profil 175/65, namun desain velg pada Toyota New Calya ini lebih segar dan dinamis.

 

Beralih ke belakang, menyelaraskan dengan bagian depan, ornamen yang menghiasi pintu bagasi juga sudah berkelir dark chrome, menambahkan aura agresif dan modern di multi purpose vehicle (MPV) tujuh penumpang ini.

 

Tidak ketinggalan, lampu dengan L-shape terbalik menjadi trademark Toyota dalam mencitrakan mobil yang sporty pun dibenamkan dalam Toyota New Calya.

 

Baca selanjutnya.

Toyota New Calya

Fitur keselamatan

Di dalam kabin Toyota New Calya terdapat fitur keselamatan berupa seat belt tiga titik untuk seluruh penumpang, ISOFIX atau pengait kursi bayi di jok baris kedua, dan dua airbag di depan.

 

Untuk pengaman dari pencurian, remote kunci dilengkapi immobilizer dan Anti-Theft System.

 

Sementara untuk menahan laju mobil ada Anti-Lock Braking System (ABS) yang menjaga rem tidak terkunci saat pengereman mendadak dan EBD (Electronic Brake Force Distribution).

 

Sistem EBD digadang dapat menjamin deselerasi yang lebih baik sehingga dapat memberikan pengereman yang sesuai pada tiap roda.

 

Baca juga: Ingin Modifikasi Mobil Menjadi Rumah Berjalan? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Toyota New Calya

Walaupun tak secanggih mobil kelas premium, fitur keselamatan yang ditawarkan sudah cukup menjamin keselamatan tujuh orang penumpang di dalamnya.

 

Hal itu bisa dibuktikan dengan diraihnya empat bintang pada crash test dari ASEAN NCAP.

 

Toyota New Calya hadir dengan tujuh pilihan warna, seperti putih, silver metallic, grey metallic, hitam, merah, orange metallic, dan satu warna baru bronze mica metallic.

 

Berniat memiliki Toyota New Calya? Upgrade hidupmu bersama Seva.id!

 

Lihat Produk