Mumpung #dirumahaja, Yuk Quality Time Bersama Keluarga

WFH bisa jadi momen kamu untuk quality time bersama keluarga dan melakukan berbagai aktifitas seru seperti berikut ini.

Quality Time Bersama KeluargaDalam waktu dua minggu ini, beberapa instansi sudah diliburkan. Setelah itu, beberapa kantor pemerintahan dan swasta sudah mengeluarkan kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah agar karyawan dapat melakukan social distancing (menjaga jarak).

 

Social distancing dapat dilakukan dengan menjauhi kerumunan, kurangi berjabat tangan, tidak pergi ke tempat ramai, dan menjaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain. Cara ini diklaim sangat ampuh dalam melawan virus corona.

 

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Kegiatan yang Dapat Dilakukan dari Rumah

 

Untuk itu, kamu harus tetap #dirumahaja ya. Jika kamu bosan, coba manfaatkan waktu untuk quality time sama keluarga dengan cara berikut ini.

perbedaan remote working dan kerja dari rumah

Kurangi pemakaian gadget

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan gadget dan lebih banyak berinteraksi dengan anak serta anggota keluarga lain.

 

Anak-anak perlu tahu, meskipun mereka sering ditinggal orang tuanya untuk bekerja, tetapi cinta orang tua tidak pernah pudar.

 

Menyisihkan sedikit waktu untuk bercengkrama bersama anak, akan membuat ia belajar banyak cara membagi waktunya dengan baik.

 

Baca juga: 7 Camilan Sehat yang Siap Menemanimu Saat Bekerja

 

Anak yang merasa dihargai akan membuat ia belajar untuk menghargai orang lain di sekitarnya. Dengan quality time bersama keluarga, kamu dapat banyak mengembangkan dan menanamkan sisi positif pada anak.

Quality Time Sama Keluarga

Memasak dan bermain games

Kegiatan di rumah untuk quality time sama keluarga cukup banyak. Selain saling berinteraksi, ternyata memasak juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

 

Dengan memasak, orang tua dapat mengetahui selera dan makanan kegemaran anak, begitu pula sebaiknya. Memasak juga menanamkan sifat gotong royong pada anak.

 

Baca juga: Langkah Mudah dan Sederhana Mengurangi Sampah Plastik di Rumah

 

Cara quality time selanjutnya adalah melalui permainan, misalnya bermain board games (Monopoly, ular tangga, dan sebagainya) atau permainan tradisional (lompat tali, petak umpat, dan lain-lain).

 

Jangan lupa untuk abadikan momen-momen sewaktu bermain, untuk menambah keseruan sekaligus jadi kenang-kenangan suatu hari nanti.

Quality Time Sama Keluarga

Membersihkan rumah

Selain masak dan main, sifat gotong royong bisa kamu tanamkan pada anak dengan mengajaknya membersihkan rumah.

 

Hal ini juga mengajarkan anak bagaimana cara untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan juga menjaga kesehatan mereka sejak dini.

 

Tidak perlu yang berat, minimal kamu bisa mengajaknya untuk membersihkan dan merapihkan mainan ke tempat semula jika sudah selesai digunakan.

 

Baca juga: Cara Sederhana Agar Rumah Terhindar Dari Virus Corona

 

Bila suatu saat nanti anak mulai memiliki kehidupan pribadi, misalnya punya kamar pribadi atau merantau, ia sudah terbiasa untuk menjaga kebersihan tempat tinggalnya.

Quality Time Sama Keluarga

Seperti yang dilansir dari relationshipfoundation.com, quality time bersama keluarga adalah saat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul, saling bercerita satu sama lain tentang apa saja yang mereka rasakan ataupun mereka alami.

 

Menghabiskan waktu dengan anak-anak akan menjadi sangat menyenangkan dan ajang pembelajaran satu sama lain.

 

Seperti yang diketahui, anak belajar tidak hanya dari pendidikan formal di sekolahnya, tetapi juga pelajaran secara tidak langsung dari orang tua, misalnya belajar cara berpakaian, menghadapi masalah, sopan santun, table manner saat makan, dan lain-lain.

 

Baca juga: Anak Akan Betah di Rumah dengan Desain Interior Kamar Ini

 

Tidak ada salahnya jika kamu meluangkan beberapa saat untuk quality time bersama keluarga. Ingat, apa yang kamu tanam, itu yang akan kamu panen.

 

Waktu tidak bisa diputar kembali. Seperti pada film Click (2016) yang diperankan Adam Sandler, “Family first!” Sesibuk apapun kamu, tetap utamakan keluarga ya.