Kunci Tertinggal di Dalam dan Pintu Mobil Terkunci, Solusinya?

Pintu mobil terkunci bisa terjadi akibat kita tidak sengaja atau lupa membawa kunci saat keluar mobil. Bagaimana solusinya?

pintu mobil terkunci

Pintu mobil terkunci dengan posisi kunci masih tertinggal di dalam kabin tentu jadi hal yang merepotkan bagi pemilik mobil. 

Kepanikan pasti akan dirasakan pemilik mobil. Beragam trik untuk membuka pintu mobil terkunci pun dicari. Namun sayangnya banyak tips yang beredar tidaklah semuanya akurat.

Sebagai contoh, trik buka pintu mobil dengan kawat, tali, hingga penggaris. Ternyata semua cara itu memiliki kelemahan.

pintu mobil terkunci

Saat alat-alat itu dimasukkan di sela pintu mobil, pastinya akan terhalang karet pelindung yang terletak di pintu mobil. 

Baca juga: Cara Kerja dan Fungsi Shift Lock Pada Mobil Matik

Melihat video tutorial tips membuka pintu mobil yang terkunci di Youtube seakan-akan mudah sekali dilakukan, padahal pada kenyataannya sangat sulit. Cara-cara yang ditawarkan bisa berhasil dengan catatan kalian bisa membuka karet pelindung pintu mobil terlebih dulu.

Cara aman saat pintu mobil terkunci

Kalaupun bisa membuka karet pelindung, tentunya hal tersebut akan merusak tampilan mobil. Nah SEVA punya cara sederhana yang bisa kalian perhatikan.

Memanggil bantuan ahli kunci profesional

pintu mobil terkunci

Hubungi bengkel resmi untuk mengirimkan mekanik untuk membuka pintu. Jika tidak, minta mereka mengirim tukang kunci setempat. 

Jika kunci mobil kalian berteknologi remote atau elektrik sudah pasti kalian harus segera membuat remote kunci lagi.

Kabar baiknya adalah bahwa setiap kunci mobil diberi kode oleh pabrikan mobil, dan jika kalian memiliki nomor kode kunci, tukang kunci dapat membuatkan kunci remote yang baru. 

Tulis nomor kode kunci dan simpan di tempat yang aman agar dapat digunakan saat keadaan darurat. Anda mungkin memerlukan VIN (Vehicle Identification Number) atau nomor identifikasi kendaraan. Umumnya VIN tertera di kartu asuransi mobil kalian. Lihat lagi dokumen asuransi, karena VIN pastinya ada di setiap halaman polis.

Baca juga: Mengenal Jenis Kunci Pengaman Mobil, dari Harga dan Bentuknya

Solusi pintu mobil terkunci dengan alat sederhana

Ada juga cara yang bisa kalian lakukan sendiri untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Namun, kalian harus tahu dengan detail bagaimana penggunaanya. Berikut adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan:

Gantungan baju

hanger baju

Jika kalian memiliki kunci horizontal, kalian mungkin dapat menggunakan gantungan baju. Dengan melepaskan dan membentuknya menjadi pengait. 

Setelah kalian melakukannya, coba gerakkan pengait di sekitar kunci. Kemudian tarik untuk melihat apakah pintu bisa terbuka.

Obeng dan penggaris besi

pintu mobil terkunci pakai penggaris besi

Jika kalian memiliki obeng dan penggaris besi, kalian juga dapat mencoba membuka kunci pintu mobil yang terkunci.

Gunakan obeng untuk membuka sedikit ruang, lalu ambil penggaris besi didorong ke dalam kunci secara perlahan. Berhati-hatilah karena alat ini dapat merusak kendaraan.

Pompa kantong udara (airbag)

harga airbag mobil

Kalian juga bisa mendapatkan pompa kantong udara yang bisa digunakan untuk membuka pintu mobil. 

Dengan menggunakan alat ini, udara didorong di antara sela pintu mobil untuk membuat bukaan pintu yang cukup besar. 

Sekarang alat ini banyak dijual di toko online, kalian bisa membeli dan menyimpannya dalam mobil untuk sewaktu-waktu terjebak dalam keadaan darurat ini. 

Memang masih banyak cara buka kunci mobil dengan alat yang sederhana, tapi konsekuensinya kalian bisa merusak atau menggores bagian bodi mobil kalian. Jadi, jangan lakukan cara yang gegabah. Lebih baik pelajari dengan matang dan minta bantuan dari pihak diler mobil atau bengkel profesional yah.