Keuntungan Memiliki Mini Garden di Rumah, Berani Coba?

17 October 2019

Membuat lahan penghijauan saat ini sangatlah mudah. Dengan mini garden di rumah, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Apa saja? Simak yuk!

Memiliki taman di rumah memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Fasilitas tambahan tersebut, selain dapat dikreasikan sesuai keinginan pemilik, pengalikasiannya pun sangatlah mudah.

 

Sebagian orang mengaplikasikan taman impiannya pada sebidang tanah yang terbilang tidak terlalu luas atau pada wadah yang kecil alias mini. Karena kemudahan yang ada, jenis tanaman mini tersebut banyak dipilih orang untuk mewujudkan rumah yang nyaman, asri, dan estetis.

 

Nah, sebelum membuat mini garden di rumah, ada baiknya ketahui lebih dulu berbagai keuntungan yang bakal Anda dapatkan, di antaranya seperti berikut ini.

Bisa dibuat di mana saja

Buat Anda yang suka berkebun, membuat mini garden adalah kegiatan yang menyenangkan.

 

Pasalnya, teknik membuat mini garden di rumah tidak merepotkan. Anda bisa memanfaatkan benda apa saja, baik dalam bentuk baru maupun bekas, untuk dijadikan sebagai wadah tanaman.

 

Bahkan, ada sebagian orang yang terkadang memanfaatkan pot bekas atau barang-barang yang sulit didaur ulang untuk membuat mini garden.

 

Misalnya pada pot kecil atau pot bening kaca dengan menggunakan teknik terrarium yang belakangan ini sering dilakukan oleh sebagian pemilik hunian di rumahnya.

 

Baca juga: 5 Filosofi Feng Shui dalam Mendekorasi Rumah

 

Meskipun menggunakan barang bekas atau benda-benda yang berukuran kecil, Anda bisa menambah sentuhan seni atau kreativitas Anda agar mini garden tersebut dapat nampak semakin indah dan artistik.

 

Anda juga bisa mencari referensi tambahan di internet untuk melihat-lihat konsep mini garden yang bisa diaplikasikan dan sesuai keinginan, mulai dari konsep minimalis hingga fairy tales.

Mudah dipindahkan

Karena mudah diaplikasikan di mana saja, mini garden yang Anda punya juga dapat diletakkan di mana saja. Apabila sudah bosan dengan tata letak tanaman sebelumnya, Anda bisa memindahkannya ke area  lain yang Anda suka tanpa menunggu lama. Selain itu, proses pemindahan juga mudah dan tidak memerlukan bantuan orang lain.

Perawatan mudah dan minim biaya

Kalau ditanya soal perawatan, merawat mini garden termasuk pekerjaan yang sangatlah mudah. Taman mini, yang diaplikasikan di wadah pot kecil tidak membutuhkan alat perkebunan yang lengkap.

 

Baca juga: Anak Akan Betah di Rumah dengan Desain Interior Kamar Ini

 

Anda bisa merawatnya dan menjaga kesuburan tanaman dengan alat dan bahan berkebun yang sederhana. Bahkan, perawatan yang dibutuhkan juga tidak memerlukan dana yang besar. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir apalagi lagi pusing dalam merawat mini garden tersebut.

Tidak membutuhkan keahlian khusus

Hal paling penting dan perlu Anda ketahui bahwa mini garden tidak memerlukan keahlian khusus. Siapa pun bisa membuat mini garden yang sesuaka hati tanpa melihat latar belakang atau keahlian. Jadi, Anda bisa membuat mini garden sesuai selera.

 

Baca juga: Ubah Tampilan Dekorasi Rumah untuk Menjadi Moodbooster Yuk

 

Tapi, jika mau lebih artistik dan terarah, Anda bisa belajar otodidak melalui buku atau mencari tutorial membuat mini garden di rumah.

 

Jadi, tunggu apalagi, ayo upgrade your life dengan mempercantik hunian dengan nuansa hijau yang menyegarkan mata. Selamat berkebun!

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.

SHARE