Kenali Tanda-tanda Shockbreaker Rusak dan Cara Mengatasinya

By Rismawati Idris - Februari 6, 2019

Body mobil nampak tidak stabil

Tanda terakhir yang patut menjadi kecurgiaan Anda mengenai sehat atau tidaknya shockbreaker mobil ialah dengan mendeteksi kondisi bodi. Anda dapat melihat rata atau tidaknya bodi mobil saat melewati tanjakan. Jika saat menanjak mobil terasa tak stabil alias miring, artinya shockbreaker Anda dalam keadaan tak stabil.

Selain itu, Anda juga bisa memastikannya dengan menekan kap bagasi. Bila saat ditekan mobil terasa mengayun-ngayun, berarti ada yang tak beres dengan shockbreaker Anda.

Masalah yang terjadi tersebut bisa disebabkan oleh ketidakmampuan shockbreaker dalam menahan beban yang ada di mobil. Anda juga perlu memperhatikan jumlah muatan yang akan dibawa. Jangan sampai overload. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Demi memastikan kesehatan shockbreaker, Anda perlu melakukan perawatan yang signifikan dalam menjaga stabilitas kerja shockbreaker kendaraan. Seperti memastikan pemasangan upper mounting dengan tepat. Karena, jika upper mounting tak terpasang dengan benar, kendaraan akan terasa over load saat menerima beban di dalam kabin.

Selanjutnya, pastikan pula kebersihan shockbreaker. Kotoran yang menempel pada shockbreaker juga dapat menjadi penyebab kerusakan, contohnya dapat menyebabkan karet seal robek dan memicu rembesan oli. Bila hal itu terjadi, performa shockbreaker akan menurun.

Tak hanya memperhatikan kebersihan shockbreaker saja, Anda pun tak boleh luput terhadap keberadaan ban, khususnya ban aus. Ban mempunyai andil terhadap kinerja shockbreaker. Ketika permukaan ban terlihat seperti bergelombang dan tekanan angin berkurang, Anda perlu mengganti ban dengan yang baru.

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.