Search Cars

Hobi & Komunitas

Jaga Komunikasi Jadi Kunci Solid Perjalanan Altis Indonesia Community

Hoax bisa menyusupi siapa saja, termasuk komunitas otomotif. Nah, begini cara Altis Indonesia Community menjaga komunikasi agar tetap solid

Altis Indonesia Community

Tidak hanya masyarakat umum, komunitas pun dapat terpapar hoaks.

 

Jika sudah terjadi, komunikasi antar anggota dan solidnya komunitas bisa terancam perpecahan. Apalagi hoaks itu seputar isu sensitif seperti Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA), serta politik bisa saja terjadi perpecahan.

 

Ada beragam cara komunitas menangkal hal tersebut, salah satunya dipaparkan oleh Altis Indonesia Community (ALTIC).

 

Baca juga: Hoax dan Pentingnya Menyaring Informasi Sebelum Posting

Altis Indonesia Community

Dibentuknya ALTIC

Altis Indonesia Community adalah komunitas pemilik dan pengemudi Toyota Altis yang awalnya sering kumpul lewat milis. Baru pada 22 Oktober 2010 anggota milis kopdar untuk pertama kalinya di kawasan Pancoran.

 

Setelah itu, ada kopdar kedua pada 20 Februari 2011. Di kopdar kedua ini lah disepakati bahwa nama komunitas ini adalah ALTIC (ALTis Indonesia Community), dan milis diberi nama altiscommunity@yahoogroups.com.

 

Altis Indonesia Community akhirnya resmi berdiri pada pada tanggal 11 November 2011 (11-11-11) di Restoran Bumbu Desa di Kawasan Cibubur Square.

 

Didirikannya Altis Indonesia Community bertujuan untuk membentuk wadah bagi mereka yang memiliki Toyota Altis untuk berbagai ilmu, pengalaman, serta menjalin hubungan di antara anggotanya.

 

Saat ini, Altis Indonesia Community memiliki 985 anggota dengan 18 chapter yang tersebar di Sematera, Jawa, dan Bali. Selain itu, ada juga anggota yang tersebar di Kalimantan walau masih berupa region.

 

Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring makin banyaknya pengguna Toyota Altis. Apalagi PT Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan generasi terbaru sedan premium ini.

 

Baca juga: Impresi Pertama All New Toyota Corolla Altis: Makin Sporty dan Canggih

Altis Indonesia Community

Menjaga komunikasi

Menurut Ketua Umum Altis Indonesia Community Chairul Fahry, untuk menjaga hubungan di dalam komunitas, sebaiknya hindari pembicaraan SARA dan politik.

 

Hal ini karena tujuan berkomunitas sebenarnya untuk melepas penat dari kesibukan dan masalah. Mengingat Altis Indonesia Community basisnya komunitas mobil jadi bicaranya soal otomotif.

 

Baca juga: Rutin Silaturahmi Jadi Kunci Solidnya Komunitas TeRuCi

Keuntungan gabung ALTIC

Keuntungan dari bergabung dengan Altis Indonesia Community sendiri adalah potongan harga dari rekanan, seperti ban GT Radial atau biaya perawatan di bengkel resmi Auto2000.

 

Selain itu, karena komunitas ini berdiri di bawah naungan PT Toyota Astra Motor maka tiap kegiatan akan didukung penuh. Misalnya pada event terakhir yang baru saja dilaksanakan, yakni Grand Touring ke Semarang.

 

Baca juga: Sudah Ada di Grup Whatsapp Komunitas, Perlukah Ikut Kopdar?

Altis Indonesia Community

Kegiatan rutin

Sementara agenda rutin yang dilakukan oleh Altis Indonesia Community adalah kopi darat (kopdar) rutin dua kali dalam sebulan, yakni di pertengahan bulan dan di akhir bulan.

 

“Di setiap kegiatan kami pasti selalu kami selipkan CSR dan bakti sosial. Saat ini campaign yang sedang dikembangkan yaitu Left Lane Campaign,” kata Chairul Fahry.

 

Ditambahkannya, Left Lane Campaign (LLC) adalah gerakan untuk menggunakan jalur kiri di jalan tol. Dilatar belakangi banyaknya kendaraan yang jalan lambat tapi di sebelah kanan, hal seperti itu dapat mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan.

 

Kegiatan lainnya yang rutin dilakukan adalah ALTIC Well-Behaved Driver (WBD). Karena member dirasa sudah advance dalam mengemudikan mobil, maka safety drive dirasa sudah tidak relevan sehingga yang menjadi fokus adalah mengelola kecerdasan dan emosi dari driver tersebut terutama bagi yang berdomisili di Jakarta agar tidak sampai terjadi road rage.

 

Event terakhir di tahun ini akan dilaksanan pada tangggal 30 november 2019 yakni Hari Ulang Tahun Ke-8 Altis Indonesia Community. Pada acara tersebut akan berlangusng pula serah terima jabatan kepada ketua umum yang baru.

 

Baca juga: Cerita Komunitas Toyota Sienta Membentuk TOSCA

Tips modifikasi

Terakhir, Chairul Fahry memberikan Tips seputar modifikasi. modifikasi harus sesuai dengan peraturan terlebih dahulu dan safety, Jangan sampai membahayakan pemilik dan pengemudi. Perbanyak refrensi, jangan sampai jadi ricer.

 

“Perbanyak juga fit dan proper test dalam memodifikasi. Membawa mobil dengan modifikasi yang simpel dan cara berkendara tidak sembarangan akan lebih enak untuk dilihat,” tutup Chairul Fahry.

 

Baca juga: Cara Toyota Innova Community Tertib Berlalu-lintas dan Mengisi Kegiatannya

Menjadi member

Bagi yang ingin daftar menjadi member Altis Indonesia Community dapat membuka www.altis-indonesia.org.

 

Di situ ada link untuk pendaftaran atau registrasinya. Biaya pendaftaran sejumlah Rp 280.000 untuk seumur hidup dan sudah dapat seragam serta sticker untuk mobil bagian depan dan belakang.

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai kegiatan dari follow juga Instagram Altis Indonesia Community di @altiscommunity. Mau gabung?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.