Search Cars

Berita Utama Otomotif

Cara Jitu Hemat Kantong, Optimalkan Efisiensi Bahan Bakar Mobil Pasca Mudik

Cara Jitu Hemat Kantong, Optimalkan Efisiensi Bahan Bakar Mobil Pasca Mudik

Cara Jitu, Bagi banyak orang, perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan utama. Namun, tak jarang liburan yang menyenangkan ini di ikuti oleh rasa was-was melihat jarum indikator bensin yang turun drastis. Kondisi ini wajar terjadi karena mobil biasanya di gunakan untuk menempuh perjalanan jauh dengan muatan yang lebih banyak.

Jangan khawatir, kamu bisa kembali tersenyum lebar karena ada beberapa cara efektif untuk mengembalikan efisiensi bahan bakar mobilmu pasca mudik. Dengan menerapkan tips sederhana berikut, kamu bisa menekan pengeluaran untuk bahan bakar dan mengalokasikannya untuk kebutuhan lain.

1. Ganti Oli dan Filter Oli Secara Rutin

Oli memegang peranan penting dalam menjaga performa mesin mobil dan mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar. Oli lama yang sudah mengalami penurunan kualitas akan membuat mesin bekerja lebih berat dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama. Oleh karena itu, setelah menempuh perjalanan jauh pasca mudik, segera lakukan penggantian oli dan filter oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobilmu.

2. Periksa Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban yang tidak sesuai dapat berdampak negatif pada konsumsi bahan bakar mobil. Ban yang kekurangan angin akan menyebabkan gesekan antara ban dan permukaan jalan meningkat, sehingga membutuhkan tenaga mesin yang lebih besar untuk menggerakkan mobil. Pastikan kamu selalu memeriksa tekanan angin ban mobil secara rutin sesuai dengan standar yang di tetapkan pabrikan. Jangan lupa untuk memeriksa tekanan angin ban cadangan juga, ya!

3. Gaya Mengemudi yang Eco-Driving

Cara kamu mengemudi juga turut mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil. Terapkan teknik eco-driving untuk menghemat pengeluaran bensin. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan di antaranya menjaga jarak aman antar kendaraan agar tidak perlu melakukan pengereman mendadak, menghindari akselerasi yang berlebihan, serta mempertahankan kecepatan mobil secara stabil.

4. Kurangi Beban pada Mobil

Mobil yang kelebihan muatan akan membutuhkan tenaga mesin yang lebih besar untuk melaju. Hal ini tentu saja berdampak pada peningkatan konsumsi bahan bakar. Setelah perjalanan mudik, segera keluarkan barang bawaan yang tidak lagi di butuhkan. Biasakan untuk hanya membawa barang bawaan yang di perlukan agar bobot mobil tetap ideal.

5. Gunakan AC Secara Efektif

AC mobil memang memberikan kenyamanan selama perjalanan. Namun, penggunaan AC juga bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar karena mesin harus bekerja ekstra untuk menyeimbangi penurunan suhu kabin. Untuk menjaga efisiensi bahan bakar dan tetap merasa sejuk, kamu bisa mengatur penggunaan AC secara efektif. Misalnya, matikan AC sesekali dan bukalah jendela mobil untuk mendapatkan sirkulasi udara alami. Kamu juga bisa menurunkan sedikit suhu AC daripada harus menggunakannya dalam kondisi full blast.

6. Service Berkala Tidak Boleh di lewatkan

Servis mobil secara rutin tidak hanya menjaga performa mesin tetapi juga berperan penting dalam menjaga efisiensi bahan bakar. Pada saat servis, mekanik akan melakukan pengecekan dan pembersihan berbagai komponen mesin yang dapat mempengaruhi kinerjanya. Dengan mesin yang bersih dan terawat, mobil bisa bekerja lebih optimal dan menghasilkan tenaga yang maksimal dengan penggunaan bahan bakar yang lebih irit.

7. Manfaatkan Fitur Mobil yang Menunjang Efisiensi Bahan Bakar

Beberapa mobil keluaran terbaru sudah di lengkapi dengan fitur yang dapat membantu pengemudi menjaga efisiensi bahan bakar. Misalnya, fitur eco indicator yang memberikan informasi tentang gaya mengemudi yang hemat bahan bakar. Selain itu, ada juga fitur idle stop & start yang secara otomatis mematikan mesin saat mobil berhenti dan menyalakannya kembali ketika pedal gas di injak. Manfaatkan berbagai fitur tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

8. Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Jenis bahan bakar yang di gunakan dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil. Pilihlah bahan bakar yang memiliki oktan yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobilmu. Bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi biasanya memiliki efisiensi yang lebih baik di bandingkan dengan bahan bakar oktan rendah.

9. Pantau Kondisi Jalan dan Hindari Kemacetan

Kondisi jalan yang padat dan macet dapat menyebabkan penurunan efisiensi bahan bakar secara signifikan. Jika memungkinkan, hindari bepergian di jam-jam sibuk atau pilihlah rute alternatif yang lebih lengang. Gunakan aplikasi navigasi yang dapat membantumu menemukan rute tercepat dan terhindar dari kemacetan.

10. Gunakan Perawatan Kendaraan Berkualitas

Memilih perlengkapan dan perawatan kendaraan yang berkualitas dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Gunakan oli mesin dan filter oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobilmu. Selain itu, pilihlah bengkel yang terpercaya untuk melakukan servis mobilmu secara rutin.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar mobilmu dan menekan pengeluaran untuk bensin. Hal ini akan membantu kamu menghemat anggaran dan memungkinkan kamu untuk mengalokasikannya untuk kebutuhan lain. Ingatlah bahwa menjaga kondisi mobil dan menerapkan gaya mengemudi yang hemat merupakan kunci utama untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang optimal.

Tips Tambahan:

  • Jaga kebersihan mobil: Mobil yang kotor dapat menimbulkan hambatan aerodinamis yang menyebabkan penurunan efisiensi bahan bakar. Cuci mobilmu secara rutin agar tetap bersih dan terawat.
  • Gunakan ban yang sesuai: Pilihlah ban yang sesuai dengan tipe mobil dan kondisi jalan yang sering di lalui. Ban yang tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Gunakan barang bawaan yang minimal: Semakin banyak barang bawaan, semakin berat beban mobil dan semakin boros bahan bakar. Sebaiknya bawa barang bawaan yang di perlukan saja agar bobot mobil tetap ideal.
  • Gunakan alat transportasi alternatif: Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan alat transportasi alternatif seperti transportasi umum atau sepeda untuk perjalanan singkat. Hal ini dapat membantumu mengurangi penggunaan bahan bakar dan menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten, kamu dapat menikmati penghematan bahan bakar yang signifikan dan membantu menjaga kesehatan lingkungan.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.