Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Jaga Harga Jual Mobil Biar Tetap Tinggi, Mudah Banget!

Biar harga mobil tidak anjlok di pasaran, yuk ikuti tips cara jaga harga jual mobil di bawah ini.

harga jual mobil

Menjual mobil kadang harus dilakukan ketika ingin kamu mengganti atau upgrade ke mobil baru.

Tentunya, sebagai penjual, kamu ingin mendapatkan harga yang tinggi dari mobil yang dijual. Tetapi, harga jual mobil bisa berbeda-beda, meskipun jenis, tahun pembuatan, dan jangka penggunaannya sama.

Harga jual mobil umumnya ditentukan oleh kualitas mobil yang dijual. Semakin bagus kualitasnya, semakin tinggi pula harga jualnya, begitu juga sebaliknya.

Yap, saat ingin menjual mobil, pastinya penjual menginginkan harga yang tinggi dari penjualan itu. Lalu, sebagai pembeli, tentu ingin mendapatkan mobil yang berkualitas dan sesuai dengan harga jualnya.

Jika ingin harga jual mobil tetap tinggi, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini, yuk!

Daihatsu Gran Max

Menjaga eksterior

Biasanya bagian ini yang akan dinilai pertama kali oleh pembeli mobil bekas. Tidak heran, ekterior adalah hal yang pertama terlihat oleh mata, baik secara langsung maupun foto.

Bagian eksterior, termasuk bodi dan cat yang masih bagus serta mulus akan mendongkrak harga jual mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu rajin menjaga penampilan eksterior dengan mencuci, memoles, atau bila perlu membawanya ke salon mobil.

New BMW X5 xDrive40i

Kebersihan interior

Sama seperti eksterior, umumnya bagian interior juga terlihat oleh mata pembeli. Jangan lupa, ketika ingin menjual mobil bagian interior perlu dirawat, misalnya setir, dashboard, jok, karpet, dan sebagainya.

Termasuk juga fitur-fitur tambahan seperti audio sebagai sarana hiburan selama perjalanan, tombol AC, tombol power window, dan komponen lain yang butuh perhatian lebih.

Sebaiknya kamu rajin merawat bagian tersebut agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

Performa mesin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mesin adalah salah satu faktor krusial yang menentukan harga jual mobil.

Untuk itu, selain menjaga penampilan eksterior dan kebersihan interior, sebaiknya kamu merawat mesin mobil dengan rajin mengganti oli, menguras air radiator, membersihkan saluran injeksi, menggunakan bahan bakar yang sesuai, dan melakukan perawatan atau servis secara berkala di outlet service resmi.

Lalu, perhatikan engine bay atau ruang mesin agar tetap bersih, dalam artian tidak perlu ada kabel yang berseliweran, bebas debu, apalagi bekas-bekas cairan yang tercecer.

Bila tidak ingin repot, kamu bisa gunakan layanan Booking Service Seva.id. Tidak hanya perawatan dan servis berkala, dengan Booking Service kamu juga bisa mengganti suku cadang yang diperlukan. Yuk gunakan sekarang!

Booking Service

blokir stnk online

Dokumen mobil sesuai

Selain mesin, faktor penting lain yag menjaga harga jual mobil tetap tinggi adalah surat-surat mobil. STNK, BPKB, dan faktur pembelian. Semua spesifikasi mobil tertera di dalam dokumen tersebut.

Mulai dari nomor rangka, nomor mesin, sampai dengan catatan pajak ada di dalamnya. Oleh karena itu, surat-surat sekaligus menjadi legalitas dan bukti bahwa mobil yang ingin dijual bukan hasil pencurian atau barang gelap.

Oh iya, sebelum dijual, jagan lupa untuk membayar dan memperpanjang pajak mobilmu. Tentu pajak yang aktif dan panjang akan mendongkrak harga jual mobil.

Tidak punya waktu mengurusnya? Mudah, kamu tinggal gunakan Layanan Surat Kendaraan, tentunya di Seva.id.

Dengan Layanan Surat Kendaraan kamu bisa memperpanjang pajak, balik nama, hingga mutasi tanpa perlu datang ke Samsat. Semuanya terima beres di tempat yang kamu inginkan!

Surat Kendaraan

Tambahan aksesoris

Tambahan aksesoris seperti head unit audio, sarung jok, body kit, atau kaca film juga akan membantu menaikkan harga jual mobil.

Namun, pastikan aksesoris tersebut tidak mengganggu fungsi dan kenyamanan mobil.

Untuk itu disarankan agar menggunakan aksesoris Original Equipment Manufacturer (OEM) resmi keluaran Agen Pemegang Merek (APM) yang sudah terjamin presisi dan sesuai.

jual mobil jarang dipakai

Temukan bunyi aneh di mobil dan segera perbaiki

Suara atau bunyi aneh yang ada di dalam kabin maupun di bagian luar mobil akan menganggu dan mengurangi kenyamanan.

Bunyi tersebut biasanya datang dari karet-karet yang aus, timing belt yang mulai getas, suspensi keras, hingga kampas rem yang tipis.

Sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin pada bagian-bagian tersebut.

Kondisi kaki-kaki

Ban yang botak atau sudah habis ulirnya tentu akan mengurangi harga jual mobil. Pembeli bisa saja meminta potongan harga terhadap kondisi ban yang botak.

Sebelum menjual mobil, lebih baik pastikan ban dalam kondisi yang layak dipakai, baik ban utama hingga ban cadangan bila ada.

Selain ban, bagian kaki-kaki lainnya juga harus diperhatikan kondisinya, seperti suspensi, tie rod, pelek, dan lain-lain.

harga jual mobil

Sedangkan bagi calon pembeli yang ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas, mending langsung saja kunjungi Pilihan Expert Seva.id.

Pilihan Expert menawarkan mobil bekas dengan berbagai standar mutu yang tinggi, mulai dari bebas tabrak, bebas banjir, kelengkapan surat-surat asli, dan masih banyak lagi.

Bila kamu mencari mobil bekas berkualitas, jangan lupa kunjungi Pilihan Expert sekarang!

Pilihan Expert

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.