Beli Mobil Baru Secara Cash yang Aman dan Nyaman

Membeli mobil kredit mungkin sudah sering dilakukan orang. Tetapi, bagaimana prosedurnya bila membeli mobil baru secara cash?

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membeli mobil baru, yaitu cash (tunai) dan kredit. Mungkin, sebagian besar pembeli mobil lebih memilih sistem pembayaran kredit karena lebih terjangkau daripada membeli mobil secara cash.

Walaupun begitu, pasti ada saja pembeli yang tidak ingin terikat cicilan setiap bulan dan lebih memilih sistem pembayaran cash.

Bagi yang sudah berpengalaman membeli mobil, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kedua sistem pembayaran tersebut.

Namun, bagi pemula atau yang baru pertama kali membeli mobil, informasi tentang cara pembelian dan pembayaran mobil masih dibutuhkan.

Apalagi cara beli mobil tanpa kredit alias cash, yang jarang dilakukan oleh pembeli.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membeli mobil baru secara cash, informasi berikut ini mungkin dapat dijadikan referensi dalam melakukan pembayaran.

Sesuaikan dengan budget

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah sesuaikan harga mobil dengan budget yang dimiliki.

Pastikan mobil baru yang diinginkan sesuai dengan rencana keuangan Anda, terutama jika beli mobil secara cash. Anda harus menghitung secara tepat agar keuangan tidak terganggu.

Harga mobil yang terlalu mahal bisa jadi akan memberatkan Anda. Belum lagi bila ada pengeluaran yang tidak terduga dan harus dikeluarkan secara cepat.

Untuk itu, budget sangat penting untuk dihitung secara cermat.

Baca juga: Sekarang Zamannya Beli Mobil Secara Online

Apalagi jika Anda memiliki cicilan bulanan, seperti cicilan rumah atau kartu kredit, harga mobil yang diinginkan lebih baik sesuai dengan budget yang ada agar sesuai dengan kemampuan dan tidak memberatkan Anda.

Solusinya, Anda dapat menabung untuk beli mobil. Apabila sudah terkumpul, baru pesan mobil impian Anda di dealer terpercaya atau dealer resmi.

bahan bakar isuzu mu x

Pilih mobil baru yang sesuai kebutuhan

Sekarang, banyak mobil yang memiliki model futuristik dan dilengkapi dengan fitur serta teknologi terkini.

Tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai patokan Anda dalam membeli mobil. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis mobil yang sedang booming di Indonesia adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) dan juga Sport Utility Vehicle (SUV).

Kedua jenis mobil tersebut dirasa cocok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini, apalagi bagi Anda yang sudah memiliki keluarga.

Baca juga: Panduan Jenis Mobil dan Perbedaannya Secara Lengkap

Tetapi, jika Anda sudah memiliki mobil yang memenuhi kebutuhan dan menginginkan mobil lainnya, tidak ada salahnya untuk mencari mobil yang memiliki model dan fitur yang diidamkan untuk dijadikan sebagai mobil kedua Anda.

Lakukan test drive

Memilih mobil baru yang sesuai dengan kebutuhan memang gampang-gampang susah.

Untuk itu, lebih baik baik lakukan test drive terlebih dahulu agar Anda dapat merasakan pengalaman berkendara dengan mobil pilihan sebelum membelinya.

Saat test drive, Anda juga dapat mencoba fitur, akselerasi mesin, mengukur luas bagasi, dan lain sebagainya.

Jadi, Anda akan mendapatkan informasi secara langsung tentang kelebihan dan kekurangan mobil yang ingin Anda beli.

Booking fee

Setelah ketiga hal di atas terpenuhi, baru lakukan booking fee atau tanda jadi pembelian mobil.

Biaya yang harus dikeluarkan saat booking fee berbeda-beda, tergantung dari kebijakan masing-masing dealer. Biasanya, berkisar antara 5 – 10 juta rupiah.

Namun, sebelum menyerahkan booking fee, ada baiknya untuk melakukan negosiasi dengan pihak dealer untuk mendapatkan penawaran terbaik, seperti bonus, diskon, tambahan aksesoris, atau paket bundling lainnya.

Menerima SPK

Tahap selanjutnya adalah menerima Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Tetapi jangan hanya menerima SPK saja, Anda harus memperhatikan isi SPK tersebut, seperti harga, diskon, tanggal pemesanan, warna, bonus, dan kelengkapan mobil lainnya.

Baca SPK dengan teliti, termasuk syarat dan ketentuan yang tertulis di dalamnya. Apabila ada sesuatu yang kurang dimengerti, Anda bisa bertanya kepada pihak dealer.

Nantinya, SPK yang sudah disetujui akan ditandatangani oleh Anda dan pihak dealer. Proses pembelian selesai.

Anda tinggal menunggu kabar dari pihak dealer tentang pengiriman mobil yang dibeli. Waktunya tergantung dari ketersediaan unit di dealer tersebut.

Rata-rata, dealer akan mengumumkan terlebih dulu kapan mobil bisa dikirim ke rumah Anda.

Baca juga: Tutorial Cara Mudah Beli Mobil Bekas di Seva.id

Membeli mobil secara cash memang menjadi pilihan sebagian orang karena memiliki keuntungan tersendiri, mulai dari harga, diskon, dan terhindar dari bunga kredit.

Lalu jangan lupa, lakukan pembelian mobil di dealer yang terpercaya.

Anda juga bisa membeli mobil baru maupun bekas secara cash di Seva.id. Selain terpercaya, Seva.id menyediakan mobil-mobil yang berkualitas dengan promo menarik.

Jadi, apabila ingin mengganti atau upgrade mobil, jangan ragu untuk langsung mengunjungi Seva.id.