Search Cars

Travel & Lifestyle

Perbedaan Remote Working dan Kerja dari Rumah, Pilih Mana?

Kerja tidak melulu harus dari kantor, bisa di mana saja. Tapi sebelumnya, ketahui dulu perbedaan remote working dan kerja dari rumah.

perbedaan remote working dan kerja dari rumah

Perkembangan dunia digital dan teknologi merambah hampir semua aspek kehidupan, salah satunya adalah bergesernya kebiasaan bekerja.

 

Dahulu bekerja itu sudah pasti harus ke kantor dan dari kantor, tapi sekarang kerja bisa di mana saja. Bahkan dengan jarak ribuan kilometer dari kantor.

 

Konon kerja di luar kantor dapat membuat seorang pekerja lebih produktif dan kreatif karena tidak terkungkung di satu tempat dan terus menatap layar laptop atau komputer.

 

Dikutip dari glints.com, menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, terlalu lama bekerja di dalam ruangan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

 

Salah satunya adalah meningkatkan risiko kematian sebesar 40 persen.

 

Baca juga: Jangan Rencanakan Liburan Saat Sedang di Kantor, Ini Alasannya

perbedaan remote working dan kerja dari rumah

Mengapa bisa begitu? Ini tak lepas dari sifat dasar manusia yang dinamis, dan tak mungkin terus dikekang dalam suatu ruangan.

 

Kerja jarak jauh ini ada dua macam istilah, yaitu remote working dan kerja dari rumah atau bahasa keren zaman sekarangnya work from home.

 

Pada dasarnya kedua istilah itu memiliki konsep yang sama yakni kerja tanpa harus ke kantor, tapi hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi target yang ditetapkan.

 

Ada juga bedanya. Ini perbedaan remote working dan kerja dari rumah.

 

Baca perbedaan remote working dan kerja dari rumah selanjutnya.

perbedaan remote working dan kerja dari rumah

Remote working

Digadang-gadang konsep remote working adalah cara kerja paling efektif di masa depan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Anda bisa kerja dari mana saja tanpa harus ke kantor.

 

Dengan konsep ini kesempatan untuk bekerja semakin terbuka lebar. Anda bisa bekerja di perusahaan yang memiliki kantor di luar negeri atau beda negara.

 

Meski perusahaan memberikan kebebasan dalam berkerja, Anda diharapkan dapat melakukan tugas dan tanggung jawab lebih efisien dan efektif. Apalagi waktu kerja juga lebih fleksibel.

 

Anda dapat menyesuaikan waktu bekerja sesuai dengan waktu paling produktif. Waktu produktif bekerja tiap orang berbeda, ada yang pagi hari, atau malam hari ketika semua orang sudah mulai tidur.

 

Selain itu, Anda pun dapat memilih tempat kerja favorit, selain di rumah bisa saja di coworking space, tempat remote working yang belakangan sedang populer.

 

Baca juga: Tipe Rekan Kerja Menyebalkan, Begini Menyikapinya

perbedaan remote working dan kerja dari rumah

Bisa juga di kafe, atau sedang liburan sekali pun, di tepi pantai hingga puncak gunung.

 

Yang penting Anda selalu terhubung dengan Internet dan menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin sesuai yang diberikan oleh perusahaan.

 

Jika pandai mengatur waktu, Anda bisa saja bekerja di beberapa perusahaan sekaligus atu mengambil kerjaan sampingan di tempat lain.

 

Keuntungan itu tidak hanya dimiliki oleh pegawai tapi juga perusahaan. Ya, perusahaan jadi punya kesempatan merekrut talenta-talenta terbaik yang sesuai kriteria dari berbagai belahan penjuru dunia.

 

Baca perbedaan remote working dan kerja dari rumah selanjutnya.

perbedaan remote working dan kerja dari rumah

Kerja dari rumah

Dari ekrut.com, kerja dari rumah hampir sama dengan remote work. Akan tetapi, Anda bukanlah bagian dari tim yang berasal dari negara berbeda dengan asal perusahaan.

 

Anda bekerja pada suatu perusahaan lokal, yang memperbolehkan karyawan memiliki fleksibilitas jam kerja.

 

Seperti sebutannya, Anda tetap bekerja di luar kantor, umumnya bekerja dari rumah.

 

Dengan begini, Anda tak perlu mengantre angkutan umum untuk berangkat kerja. Anda juga bisa mengatur jam kerja secara mandiri.

 

Cara ini juga sering dilakukan oleh Anda yang tidak mempunyai kepentingan tatap muka dan memilih untuk tetap di rumah menghindari kantor yang jenuh.

 

Baca juga: Upgrade Cara Urus Surat Kendaraan dengan Layanan E-Dokumen

perbedaan remote working dan kerja dari rumah

Sayangnya, konsep ini dianggap kurang efektif karena banyak godaan ketika kerja dari rumah.

 

Saat di rumah, Anda bisa saja tergoda untuk lebih banyak leyeh-leyeh di kasur, bermain dengan keluarga, melakukan hobi, menonton televisi, bermain game, dan jalan-jalan daripada mengerjakan tugasnya terlebih dahulu.

 

Beda soal jika Anda adalah orang yang konsisten dan tanggung jawab atas tiap pekerjaan. Kerja di kantor atau di rumah, Anda tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

 

Tentu, Anda akan menjadi orang yang dapat diandalkan di perusahaan, sehingga cepat atau lambat karir gemilang pun bisa diraih.

 

Dari perbandingan perbedaan remote working dan kerja dari rumah, Anda tipe yang mana? Lebih suka kerja di kantor, remote, atau di rumah?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.