Berlibur ke Pulau Madeira, Tanah Kelahiran Cristiano Ronaldo

Pesepakbola profesional asal Portugal, Cristiano Ronaldo, lahir di Pulau Madeira. Yuk intip keindahannya.

cristiano ronaldo

Banyak orang yang mungkin belum pernah mendengar tentang Pulau Madeira. Namun, para fans Cristiano Ronaldo, pasti sudah tak asing lagi dengan pulau ini.

Pulau yang terletak di lepas daratan utama Portugal ini merupakan kampung halaman mega bintang Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo lahir di Kota Funchal, Madeira, pada 5 Februari 1985. Ronaldo kerap kali memposting keindahan tanah kelahirannya tersebut melalui akun sosial media pribadinya.

Pulau Madeira sejatinya adalah destinasi wisata yang indah di Eropa, kemudian fakta bahwa pulau tersebut merupakan tanah kelahiran Cristiano Ronaldo makin menambah daya tariknya.

Beragam panorama yang indah ditawarkan Pulau Madeira. Mulai dari perbukitan, taman, goa, hingga pantai yang eksotis.

Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktu berlibur di kampung halaman CR7 tersebut.

Ada apa saja sih di Pulau Madeira? Yuk, cek selengkapnya di sini.

Madeira Botanical Garden

Taman milik Keluarga William Reid yang sudah dibuka sejak tahun 1960 ini menjadi salah satu destinasi menarik di Funchal, Madeira.

Wisatawan bisa melihat lebih dari 2000 jenis tanaman serta taman burung yang menyimpan lebih dari 300 jenis burung di sini.

Baca juga: Suka Makanan Manis, Apa Bedanya Ice Cream dan Gelato?

Madeira Botanical Garden sudah menjadi destinasi wisata utama di Madeira yang mudah ditemui di Kota Funchal. 

cristiano ronaldo

Sao Vicente Caves

Gua vulkanik yang berlokasi di sebelah utara Pulau Madeira ini menjadi salah satu wisata alam paling menarik yang ada di Madeira.

Gua ini terbentuk akibat erupsi Gunung Api ribuan tahun lalu, yang mengarah ke laut dan menyebabkan terbentuknya rongga lava akibat gas dalam lava.

Wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan air yang sangat jernih serta bentuk goa yang menarik di dalamnya. 

Baca juga: Lezatnya Sate Klopo, Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Monte Palace Tropical Garden

Tempat wisata yang satu ini juga tak kalah populer. Monte Palace Tropical Garden dibuka pada tahun 1991, memiliki luas 70.000 meter persegi dan terletak di atas bukit.

Oleh karena itu, wisatawan bisa menikmati pemandangan langsung mengarah ke Pantai Funchal.

Baca juga: Mengenal Gaya Hidup Zero Waste yang Kekinian

Sekarang tempat ini difungsikan sebagai taman dan museum, sedangkan sebelumnya merupakan hotel mewah di Madeira.

Cabo Girao

Cabo Girao merupakan tebing yang terletak di di pesisir laut dengan pemandangan alam yang memukau. Lokasinya yang sangat istimewa membuat wisatawan akan dihadirkan pemandangan langsung ke lepas Samudera Atlantik.

Baca juga: List Tempat untuk Short Escape Long Weekend ke Bandung

Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan skywalk yang luas serta terbuat dari kaca, sehingga pengunjung bisa berfoto dan menyaksikan panorama indah dari tebing tertinggi di Madeira ini.

Pico do Arieiro dan Pico Ruivo

Berbagai aktivitas vulkanik membuat Madeira juga memiliki berbagai macam kenampakan alam yang menakjubkan, seperti perbukitan dan pegunungan.

Salah satu yang populer adalah Pico do Arieiro, yang merupakan puncak ketiga tertinggi di Madeira dengan ketinggian 1.818 meter dari permukaan laut. 

Lalu, wisatawan juga bisa melangkah lebih jauh menuju ke puncak tertinggi yakni Pico Ruivo yang memiliki pemandangan pulau menghadap pesisir utara maupun selatan. 

Baca juga: Tempat Hits dan Seru Buat Liburan Seharian di Bali

Air Terjun Garganta Funda

Air terjun yang terletak di bagian barat Pulau Madeira ini diapit perbukitan dengan panorama eksotis. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh dari pantai, membuat wisatawan dapat menyaksikan pemandangan air terjun dan pantai sekaligus. 

Baca juga: Hotel Unik di Yogyakarta untuk Kamu Bermalam

Tidak jauh dari air terjun Garganta Funda, terdapat mercusuar legendaris yang sudah dibangun sejak tahun 1922 dan sekarang dijadikan sebagai museum.

Pantai Calheta

Pantai yang menyuguhkan keindahan pasir putih dengan perpaduan birunya air laut ini membuat banyak wisatawan betah menghabiskan waktu berlama-lama sambil berjemur.

Berkat alamnya yang mempesona, Pulau Madeira sudah 6 kali mendapat penghargaan sebagai ‘Europe’s Best Island Destination’ atau Destinasi Pulau Terbaik di Eropa versi World Travel Awards. 

Tak cukup dengan pesona alamnya, Pulau Madeira juga menawarkan wisata edukasi yakni sebuah museum yang didedikasikan untuk piala-piala yang pernah diraih oleh Cristiano Ronaldo, museum tersebut bernama CR7 Museu.

Bonusnya, di atas museum juga dibangun sebuah hotel yang bernama Pestana CR7 milik Cristiano Ronaldo. 

Penggemar Cristiano Ronaldo wajib menginap di hotel ini. Sebab, saat memasuki hotel, kamu akan disambut berbagai atribut sang bintang, seperti baju yang sudah ditandatangani Ronaldo dan benda-benda lainnya yang berkaitan dengan dirinya.

Selain itu, Pulau Madeira juga memiliki arsitektur khas Portugis kolonial, gang-gang sempit dan karya visual yang kuno mampu menarik perhatian wisatawan untuk bernarsis ria.

Cristiano Ronaldo saat ini diketahui baru saja dinyatakan positif Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri di Madeira, tanah kelahirannya.

Semoga Ronaldo cepat pulih dan bisa bermain kembali ya. Tidak sabar untuk melihatnya meliak-liuk serta mencetak gol kembali bagi Timnas Portugal atau Juventus.

Get well soon Cristiano Ronaldo!