Bayar Pajak Motor Online Tanpa Harus Keluar Rumah

Bayar pajak motor online lebih mudah dibanding harus datang dan mengantre di Samsat. Begini caranya.

pajak motor online

Membayar pajak motor kini bisa dilakukan secara virtual atau online. Cara bayar pajak motor online ini juga lebih mudah dibanding kita harus datang dan mengantre di samsat.

Selain prosesnya mudah, cara bayar pajak motor online juga lebih menghemat waktu dan energi.

Baca juga: KTP Hilang, Apa Bisa Diganti SIM untuk Bayar Pajak Kendaraan?

Berbagai inovasi pembayaran seperti pelaporan pajak dan bayar pajak kendaraan kini bisa dilakukan secara online. Terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kita dianjurkan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.

Bayar pajak kendaraan bermotor biasanya dibayarkan setahun sekali, baik untuk memperpanjang masa berlaku Surat Kendaraan Bermotor (STNK), maupun pajak yang dilakukan setiap lima tahun sekali untuk mengganti plat kendaraan.

Bayar pajak kendaraan harus dilakukan paling tidak saat tanggal jatuh tempo. Jika melewati tanggal tersebut, maka akan dikenakan denda tambahan saat melakukan administrasi pembayaran pajak kendaraan.

Lalu bagaimana cara bayar pajak motor online? Bayar pajak motor secara online bisa Kamu lakukan dengan mudah melalui aplikasi Samsat Online Nasional atau Samolnas.

Baca juga: Cara Mudah Membayar Pajak Mobil Online

Samolnas merupakan layanan berupa jaringan elektronik yang digagas oleh Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan aturan perundang-undangan Republik Indonesia.

Kemudian, ada yang namanya SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang dapat dilakukan secara Nasional melalui aplikasi layanan mobile.

e-Samsat bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam mengurus perpanjangan STNK, info pajak, dan pembayaran pajak kendaraan secara online.

Cara bayar pajak motor online yang bisa kamu lakukan melalui aplikasi Samolnas

  • Download aplikasi Samolnas melalui Google Play Store atau App Store.
  • Sebelum masuk ke proses transaksi, Kamu diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Isi data nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor rangka terakhir yang Kamu miliki.
  • Setelah melengkapi data formulir, kamu akan mendapatkan kode pembayaran dan hanya berlaku selama 2 jam.
  • Lalu, kamu diwajibkan untuk melakukan pembayaran melalui bank atau modern channel yang terdapat biaya administrasi perbankan sebesar Rp5.000.
  • Kemudian, kamu akan mendapatkan tanda bukti pelunasan pembayaran secara elektronik melalui menu E-TBPKB. Kemudian pada menu E-Pengesahan STNK, akan menunjukan pengesahan STNK secara eletronik yang berlaku selama 1 bulan
  • Terakhir, pemohon wajib pajak akan mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirim melalui ekspedisi ke alamat yang tertera pada STNK.

Saat ini, Samsat Online Nasional atau Samolnas meliputi 7 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DI Yogyakarta, dan Bali.

Baca juga: Cara Cek Masa Berlaku dan Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

Setelah mengetahui bagaimana cara bayar pajak motor secara online, kamu juga harus tahu bahwa status bayar pajak kendaraan bermotor saat ini sudah bisa dicek melalui sistem aplikasi.

Masyarakat bisa mengecek status pajak kendaraan tahunan maupun pajak 5 tahun, beserta total biaya yang harus dibayarkan.

Tentunya hal ini akan mempersingkat waktu di dalam proses administrasi pengurusan atau bayar pajak kendaraan setiap tahunnya.

Dalam hal ini, Kamu bisa mengecek informasi bayar pajak kendaraan melalui aplikasi pajak untuk seluruh Indonesia, yaitu melalui Samolnas.

cara mengurus STNK online

Selain aplikasi dengan skala nasional, kamu juga bisa mengakses informasi pajak melalui aplikasi yang disediakan oleh setiap daerah, mulai dari provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan lain sebagainya.

Melalui layanan ini, Kamu bisa mengetahui informasi status bayar pajak beserta nominal yang harus dibayarkan tanpa perlu datang ke kantor Samsat.

Hal ini bisa dilakukan sebelum melakukan transaksi pembayaran pajak secara online. Jadi, proses pengurusan administrasi untuk kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor setiap tahun dapat dilakukan dengan praktis dan efisien.

Apabila sudah memahami bagaimana cara bayar pajak motor secara online, Kamu juga perlu mengetahui beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari membayar pajak secara online.

Pertama, bayar pajak motor secara online tentu saja bisa mempersingkat waktu proses administrasi. Masyarakat bisa dengan mudah melakukan pengurusan administrasi pajak melalui aplikasi yang telah disediakan.

Dengan begitu, tidak perlu lagi datang langsung ke kantor Samsat untuk mengurus administrasi pajak.

Kedua, bayar pajak motor online bisa dilakukan dengan menggunakan transaksi ATM. Hal ini semakin mempermudah proses bayar pajak.

Bagi yang memiliki mobile banking, transaksi bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi saja.

blokir stnk online

Manfaat bayar pajak motor secara online yang terakhir tentu saja memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pengurusan pajak.

Khususnya bagi orang yang sehari-hari sibuk bekerja, pastinya dengan adanya layanan ini dapat melakukan pembayaran wajib pajak tepat waktu.

Baca juga: Sim Bisa Jadi Pengganti KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi dengan risiko denda tambahan yang didapatkan jika terlambat mengurus pajak kendaraan bermotor.

Kendati memiliki kemudahan dalam prosesnya, ada lima hal yang wajib kamu ketahui saat ingin  menggunakan sistem Samolnas.

  1. Samsat Online Nasional ini hanya melayani bayar pajak kendaraan bermotor, SWKLLJ, dan pengesahan STNK Elektronik untuk jenis kendaraan bermotor mobil penumpang dan sepeda motor (milik perseorangan).
  2. Data kendaraan bermotor yang ditampilkan dalam sistem Samolnas yaitu data kendaraan bermotor sesuai dengan identitas NIK dan tidak dalam status terblokir, masalah pidana maupun perdata.
  3. Pembayaraan pajak kendaraan bermotor dan SWDKLLJ melalui aplikasi Samolnas dalam dilakukan 3 bulan sebelum jatuh tempo.
  4. Stiker regident pengesahan STNK tahunan dan TBPKB akan dikirimkan oleh petugas Samsat melalui jasa pengiriman sesuai dengan alamat yang tertera dalam STNK.
  5. Wajib pajak setelah menerima stiker regident pengesahaan STNK tahunan dan TNKB, stiker regident pengesahaan STNK tahunan ditempelkan pada kolom pengesahan STNK sesuai tahun pengesahan.

Sebagai tambahan informasi, ada cara lain untuk melakukan bayar pajak motor secara online. Kamu bisa melakukannya dengan cepat dan mudah melalui gadget kesayanganmu, yakni dengan gunakan layanan eDokumen di Seva.id.

Kamu tidak perlu lagi datang ke Samsat, tanpa aplikasi, dan pengurusan cepat. Tim eDokumen Seva.id akan langsung menjemput dokumen kendaraanmu di lokasi kamu, kemudian mengurusnya.

Bagaimana, sudah siap untuk bayar pajak motor online? Ingat, warga negara yang baik adalah warga negara yang taat pajak ya.