7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Akhir Tahun

Berencana liburan dan akan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama? Berikut tips aman meninggalkan rumah saat liburan agar kamu tidak was-was.

tips aman meninggalkan rumah

Liburan akhir tahun hanya tinggal menghitung hari, jangan lupa persiapkan segalanya dengan matang. Mulai dari transportasi, akomodasi, hingga itenary agar liburan kamu berjalan tanpa kendala.

 

Namun, jangan melupakan keamanan selama liburan, ya! Terlebih saat berlibur rumah akan kamu tinggalkan dalam keadaan kosong dan tak berpenghuni. Keamanan rumah yang kamu tinggalkan selama berlibur wajib diperhatikan.

 

Baca juga: Tips Mengajukan KPR Rumah Kedua Saat KPR Rumah Pertama Belum Lunas

 

Agar liburan tetap aman dan nyaman, ada beberapa tips meninggalkan rumah saat liburan yang harus diperhatikan. Berikut ulasannya!

 

Baca tips aman meninggalkan rumah selanjutnya.

tips aman meninggalkan rumah

Simpan barang berharga ditempat yang aman

Jika memiliki barang berharga seperti surat-surat dan berkas penting, koleksi perhiasan, atau uang tunai di dalam rumah, pastikan kamu menyimpan barang-barang berharga tersebut di tempat yang aman ketika hendak berpergian.

 

Kamu bisa siapkan brankas yang telah dipasang kode pengaman agar semua benda berharga punya tempat yang aman. Sembunyikan benda-benda tersebut sebaik mungkin, simpanlah di tempat yang tidak akan diduga oleh orang selain kamu dan keluarga.

tips aman meninggalkan rumah

Nyalakan lampu

Rumah kosong yang ditinggalkan dalam keadaan gelap sangat rawan kejahatan. Oleh karena itu, nyalakan beberapa lampu ketika kamu hendak meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama.

 

Kamu bisa menyalakan lampu teras atau lampu jalan dan beberapa lampu di dalam rumah untuk menjadi tanda bahwa “ada orang di rumah”.

 

Baca juga: Langkah Mudah dan Sederhana Mengurangi Sampah Plastik di Rumah

 

Dengan memberikan penanda bahwa ada kehidupan di dalam, rumah kamu akan terhindar dari kemungkinan penjahat masuk ke dalam rumah.

 

Baca tips aman meninggalkan rumah selanjutnya.

tips aman meninggalkan rumah

Jangan lupa matikan sumber aliran listrik, air, dan gas

Tidak jarang kasus rumah terbakar saat ditinggal pemiliknya. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi dengan  rumah tempat tinggalmu juga, bukan?

 

Maka dari itu, pastikan untuk mematikan sumber air (pompa air), mencabut saluran gas, dan memutus atau mencabut semua sambungan listrik yang berpotensi menimbulkan korsleting.

 

Jangan lupa untuk lakukan double check sebelum pergi liburan agar aman selama menikmati jalan-jalan.

tips aman meninggalkan rumah

Rumah bersih dari kotoran dan tutup semua lubang pembuangan

Agar rumah tidak berantakan karena ulah tikus atau hewan lainnya, pastikan rumah  sudah bersih dan bebas dari kotoran, atau sisa makanan sebelum kamu meninggalkan rumah untuk berlibur.

 

Baca juga: Tips Mendesain Dapur Rumah yang Nyaman

 

Buang semua sampah dan sisa makanan, atau simpanlah sisa makanan yang masih layak dimakan di dalam kulkas. Jangan lupa juga untuk menutup rapat seluruh saluran pembuangan. Mulai dari saluran air di kamar mandi, toilet, hingga dapur.

 

Baca tips aman meninggalkan rumah selanjutnya.

tips aman meninggalkan rumah
Aktifkan CCTV dan alarm

Jika rumah memiliki sistem keamanan seperti alarm dan CCTV, jangan lupa untuk mengaktifkannya sebelum kamu meninggalkan rumah.

 

Arahkan CCTV ke tempat yang sekiranya memerlukan pengawasan lebih. Ada baiknya kamu menggunakan sistem keamanan dan CCTV dapat dikendalikan dan dipantau melalui smartphone. Sistem ini akan mempermudah kamu untuk mengawasi rumah dari jarak jauh.

 

Kemudian jangan lupa untuk melakukan double check seperti memeriksa kembali sambungan kabel dan pastikan CCTV benar-benar berfungsi.

tips aman meninggalkan rumah

Semua pintu dan jendela terkunci secara sempurna

Nah, ini dia yang paling penting dan harus diperhatikan ketika hendak bepergian. Tidak hanya pintu-pintu dan pagar saja yang harus terkunci, jangan lupa untuk menutup rapat-rapat semua jendela di rumah.

 

Baca juga: Tips Cara Memilih KPR Supaya Tidak Bingung Beli Rumah

 

Hindari pula meletakkan kunci di tempat yang rahasia, sebaiknya bawa semua kunci pintu rumah. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada rumah selama kamu bepergian meninggalkannya.

 

Jangan lupa untuk melakukan double check untuk memastikan kalau seluruh pintu dan jendela sudah terkunci sempurna. Jika merasa perlu, pasanglah kunci tambahan pada bagian tertentu, misalnya pintu atau jendela yang tidak dipasang teralis.

Baca tips aman meninggalkan rumah selanjutnya.

tips aman meninggalkan rumah

Kabari tetangga bahwa kamu akan berpergian

Terakhir, sebelum berangkat kabari tetangga atau Ketua RT kalau kamu akan berpergian dan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama. Karena tetangga adalah orang terdekat yang dapat kamu percaya untuk menjaga dan mengawasi rumah.

 

Nah itu dia beberapa tips untuk kamu yang ingin pergi berlibur dan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama. Jangan sampai hal-hal tersebut terlewat dari pengawasan dan membuat liburan terasa tidak tenang.

 

Jika kamu ingin merasa lebih tenang dan senang tanpa perlu kerepotan memikirkan transportasi saat berlibur, kamu bisa melakukan penyewaan mobil melalui Movic! Selain mudah dan praktis, ada banyak tawaran menarik juga. Jadi, jangan lupa download Movic, ya!