50 Tahun Toyota Indonesia Hadirkan Mobility Happiness for All

By Arris Riehady - January 8, 2021

Genap berusia 50 tahun, Toyota Indonesia hadirkan berbagai layanan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat di tanah air.

auto2000 sudirman

Sejarah Toyota Indonesia sebenarnya sudah mulai tertulis sebelum Kijang Buaya mengaspal di jalan dan Toyota Avanza menjadi salah satu mobil yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

Lahirnya Toyota Indonesia bermula dari upaya memenuhi kebutuhan sarana tranportasi masyarakat pada era 1970-an. PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi berdiri pada tahun 1971 sebagai  Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Toyota Indonesia.

Menginjak setengah abad kehadirannya, Toyota Indonesia senantiasa menghadirkan pilihan lengkap mulai dari produk terbaik yang didukung dengan sederet teknologi termasuk elektrifikasi, layanan purna jual terbaik dengan 333 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, hingga berbagai layanan digital.

Baca juga: Semua yang Pertama dalam Sejarah Toyota di Indonesia

“Merupakan sebuah kehormatan bagi Toyota untuk dapat menjadi bagian dari mobilitas masyarakat Indonesia selama 50 tahun. Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan yang telah diberikan sehingga kami dapat bertumbuh kembang bersama seiring berjalanannya waktu,” kata President Director PT Toyota Astra Motor Susumu Matsuda.

auto2000 sudirman

Line up terlengkap

Lebih dari 20 line up kendaraan yang terdiri beragam jenis mulai dari MPV, SUV, hathback, sedan, komersil, hingga sport tersedia sebagi kesatuan pilihan produk yang lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan sejak tahun 2009, Toyota Indonesia telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang ramah lingkungan berkat teknologi mesin berbasis elektrifikasi sehingga menghasilkan emisi yang lebih rendah dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Sejarah Toyota Corona dari Generasi ke Generasi

Hingga kini, Toyota Indonesia telah memasarkan 10 line up kendaraan berteknologi elektrifikasi yang terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV).

Kehadiran line up kendaraan berteknologi elektrifikasi tersebut telah menempatkan Toyota Indonesia tidak hanya sebagai perusahaan yang pertama kali mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan, namun juga sekaligus sebagai market leader kendaraan elektrifikasi di pasar otomotif nasional.

Toyota Corolla Cross

Toyota Indonesia bersama rantai pasok juga telah bersiap untuk memproduksi model HEV yang ditujukan untuk pasar ekspor, selain domestik, pada tahun 2022.

Baca juga: Toyota Kijang, dari Mobil Rakyat hingga Mobil Resmi Asian Games

Didukung dengan 5 pabrik manufaktur mobil dan mesin, kini Toyota Indonesia berhasil dipercaya menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasifik sehingga dapat mengekspor produk buatan dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!