5 Tempat Wisata di Indonesia yang Pernah Menjadi Lokasi Syuting Film Layar Lebar

Lima tempat wisata di Indonesia ini pernah menjadi lokasi syuting film layar lebar. Penasaran apa saja? Yuk, simak di sini.

tempat wisata di IndonesiaTempat wisata di Indonesia memang luar biasa indah dan terbentang dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari gunung, pantai, danau, air terjun dan lainnya menawarkan pesona alam yang memukau, membuat banyak turis terpikat lalu berkunjung karena daya tariknya.

Bukan cuma itu, keindahan alam Indonesia banyak pula yang dijadikan latar sebuah film. Berkat hal itu, beberapa tempat wisata menarik tersebut kini menjadi populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Apa saja? Berikut 5 tempat wisata di Indonesia yang pernah menjadi lokasi syuting film layar lebar.

Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

Terletak di Gunung Semeru, Ranu Kumbolo pernah menjadi lokasi syuting untuk film 5 Cm. Seperti yang sudah diketahui, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung di Indonesia yang menjadi favorit para pendaki.

Namun, saat film 5 Cm tayang di layar lebar, Ranu Kumbolo semakin menjadi buruan banyak orang. Terutama saat hari besar, seperti Peringatan Hari kemerdekaan Indonesia, spot ini menjadi sangat ramai. Bahkan, beberapa di antara mereka hanya ingin mendaki sampai Ranu Kumbolo saja dan mendirikan tenda di sana.

Pemandangan di sekitar danau memperlihatkan lereng gunung serta hamparan rerumputan yang begitu indah. Lalu, udara yang sangat sejuk membuat pendaki betah berlama-lama di Ranu Kumbolo.

Bukit Rhema, Magelang, Jawa Tengah

Bangunan unik berbentuk gunung merpati ini dijuluki Gereja Ayam yang terletak di Bukit Rhema, Magelang. Pernah dijadikan lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2, Gereja Ayam mendadak menjadi buruan wisatawan.

Film yang dimainkan oleh Nicholas Saputra (Rangga) dan Dian Sastrowardoyo (Cinta) itu menjadikan Gereja Ayam sebagai saksi perbincangan serius keduanya setelah berpisah selama 14 tahun.

Salah satu film yang populer di tanah air itu mengeksplorasi keindahan alam di sekitar Gereja Ayam, khususnya di pagi hari.

Baca juga: Tempat Hits dan Seru Buat Liburan Seharian di Bali

Rangga mengajak Cinta untuk naik ke atas atap Gereja Ayam. Setelah sampai di atap, keduanya terpesona dengan sunrise yang perlahan muncul di hadapan mereka dan membuat suasana semakin romantis.

Air Terjun Tanggedu, Sumba, Nusa Tenggara Timur

Tempat wisata di Indonesia yang satu ini juga pernah menjadi lokasi syuting film layar lebar yang digarap oleh Ernest Prakasa, yaitu Susah Sinyal. Kamu bisa melihat keindahan alam Sumba yang begitu eksotis di film ini.

Ada berbagai spot di Sumba yang dijadikan sebagai lokasi syuting, salah satu yang paling menarik perhatian adalah Air Terjun Tanggedu.

Tempat ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang indah, serta terdapat pemandangan layaknya Taman Nasional Grand Canyon di Amerika Serikat.

Selain itu, Susah Sinyal juga menampilkan Pantai Walaikiri sebagai latar film, yang bisa menjadi spot untuk menikmati sunset sambil berfoto di antara pohon-pohon bakau.

Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Bukan hanya film lokal saja yang menaruh perhatian dengan tempat wisata di Indonesia, tetapi Hollywood pun turut menjadikannya latar di film mereka. Pulau Moyo di Nusa Tenggara Barat, pernah menjadi lokasi syuting film Savages.

Pemandangan alamnya yang indah dan mempesona sudah lama populer hingga ke mancanegara. Tak heran jika saat ini Pulau Moyo banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

Baca juga: Ini Lokasi Tersembunyi di Bali yang Cocok untuk Bulan Madu

Pulau Mursala, Sibolga, Tapanuli Tengah

Siapa yang tak mengenal film King Kong? Ternyata, salah satu lokasi syuting film besutan Hollywood ini juga berlokasi di Indonesia, yaitu Pulau Mursala, Tapanuli Tengah.

Pulau Mursala menyimpan beberapa keindahan alam, misalnya adalah air terjun. Saat berkunjung ke sana, wisatawan bisa menikmati pemandangan air terjun dari atas kapal. Selain itu, keindahan alam bawah lautnya tidak kalah indah dan sayang untuk dilewatkan.

Beberapa tempat wisata di Indonesia yang populer karena pernah dijadikan lokasi syuting film layar lebar di atas bisa menjadi destinasi wisatamu nanti, tentunya setelah pandemi corona selesai.

Sekarang, siapkan berbagai kebutuhan terlebih dulu agar perjalananmu nanti terorganisir dengan baik. Jangan lupa untuk menyiapkan transportasi saat berkunjung ke sana.

Jangan bingung, karena Sejalan siap antar kamu mengunjungi berbagai tempat wisata di Indonesia, termasuk 5 destinasi tersebut.

Tetapi, saat ini lebih baik #KasihSemangat kepada pemerintah dan garda terdepan yang sedang berjuang menangani virus corona. Setelah itu selesai, yuk traveling ke berbagai tempat wisata di Indonesia lagi bareng Sejalan.