Trik Fotografi Ini Akan Membuat Foto Mobil Semakin Keren

20 August 2019

Menjepret mobil perlu beberapa kemampuan yang tidak sembarangan. Hasilnya, foto mobil yang keren dan indah. Ini caranya.

Dunia fotografi memiliki beragam istilah atau definisi yang digunakan. Seperti nama lensa misalnya, perusahaan Nikon memberi nama mikro pada sebuah lensa, sedangkan Canon memberi nama makro untuk jenis lensa yang sama. Begitu juga dengan cabang-cabang yang terdapat dalam fotografi.

 

Salah satu cabang fotografi yang cukup banyak peminatnya adalah fotografi otomotif. Definisi ini digunakan untuk cabang fotografi yang secara khusus memotret segala macam benda yang berkaitan dengan dunia otomotif, seperti foto mobil keren, foto kegiatan komunitas, bisnis otomotif, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan dunia otomotif.

 

Tetapi, bagaimana menghasilkan foto tentang otomotif tersebut menjad lebih menarik? Tips dan trik foto mobil berikut ini mungkin bisa menambah referensi Anda untuk menghasilkan fotografi otomotif yang sesuai dengan selera Anda.

 

1. Digital Imaging

Digital Imaging atau biasa disebut dengan DI merupakan proses editing foto yang menggunakan perangkat digital grafis. Metodenya adalah dengan melakukan scanning dari file asli yang kemudian menjadi file digital dalam bentuk piksel agar perangkat grafis dapat memanipulasi gambar tersebut sehingga membuatnya sesuai dengan selera pembuatnya.

 

Teknik ini juga sering digunakan pada fotografi otomotif untuk menambahkan hal-hal yang kurang dari foto tersebut, seperti warna, komponen gambar, mengganti background, dan lain-lain.

 

 

BMW X2 M Sport

2. Light Painting

Sesuai dengan namanya, teknik ini sering disebut melukis dengan cahaya. Ini merupakan cabang kreatif dari teknik bulb fotografi. Light painting sangat berguna untuk menerangkan bagian mobil yang dirasa tidak mendapatkan banyak cahaya serta menambah eksposur dari bagian mobil tersebut.

 

Fotografer biasanya menggunakan soft box untuk membantu mereka dalam menggunakan teknik ini dengan memindahkan sumber cahaya dari satu sisi ke sisi yang lainnya.

 

3. Rig shot

Teknk foto ini juga dapat membuat foto Anda menjadi indah, apalagi bagi pecinta kecepatan.  Dengan menggunakan kamera yang digantungkan pada rig, dan biasanya ditempelkan pada atap mobil, akan membuat hasil foto Anda seolah-olah mobil sedang melaju dengan sangat cepat seperti foto di atas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lebih baik menggunakan kecepatan kamera yang rendah agar gambar lebih dramatis.

 

4. Rolling photography

Selain rig shot, teknik rolling juga sangat efektif untuk mengambil objek yang bergerak. Untuk menggunakan teknik ini, biasanya fotografer menggunakan mobil yang lain untuk mengikuti mobil yang menjadi objek foto.

 

Lalu, fotografer akan mulai menjepret dari mobil yang mengikuti objek foto tersebut. Hampir sama dengan rig shot, lebih baik menggunakan kecepatan kamera yang agak rendah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5. Panning photoraphy

Panning fotografi adalah teknik yang hampir sama dengan rolling, tetapi hanya objeknya yang bergerak sedangkan fotografer tetap diam di tempat. Cukup simpel untuk melakukannya, yaitu fotografer tinggal membidik mobil yang sedang melaju dan arahkan kamera dengan mengikuti arah mobil tersebut sambil menjepretnya.

 

Dari segala tips di atas, yang perlu diingat adalah fotografi adalah sebuah seni. Jadi, bagaimanapun tekniknya, foto yang dihasilkan pasti akan menjadi bagus karena seni tidak bisa dinilai hanya dengan teknik saja, tetapi juga selera. Selamat mencoba! Cekrek!

SHARE