Transportasi Publik Jakarta Sabet Penghargaan STA 2021

By Reka Harnis - November 3, 2020

Setelah sebelumnya menduduki peringkat kedua, kini DKI Jakarta berhasil membawa pulang penghargaan STA 2021.

penghargaan sta

DKI Jakarta menorehkan sebuah prestasi yang membanggakan, yaitu untuk pertama kalinya sukses meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021. 

Penghargaan ini tak hanya yang pertama kali untuk Jakarta, namun juga untuk kawasan Asia Tenggara. 

Kesuksesan Jakarta diraih berkat program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan selama beberapa tahun terakhir.

Program tersebut di antaranya adalah mengintegrasikan 10 operator mikrobus atau angkot dengan layanan Transjakarta, menghadirkan MRT dan LRT Jakarta, mengintegrasikan layanan transportasi baik fisik maupun pembayaran, mengembangkan armada bus listrik yang ramah lingkungan, pembangunan jalur sepeda, dan masih banyak lagi.

Baca lagi: Berencana Liburan dengan Transportasi Umum? Berikut Tipsnya

Kota pemenang penghargaan STA ini diumumkan pada konferensi transport internasional, MOBILIZE 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020.

Namun, seremonialnya baru akan dilaksanakan pada Januari 2021 di Washington DC, Amerika Serikat, dalam acara Transport Research Board Annual Meeting.

Baca juga: Aturan Pengendalian Transportasi di New Normal dari Menhub

Sebagai kota pemenang STA, Jakarta secara otomatis akan menjadi tuan rumah MOBILIZE 2021 yang diselenggarakan oleh ITDP dan didukung oleh Volvo Research dan Education Foundations.

Berita Terkait

Author