Teknologi Dual VVT-i Toyota dan Daihatsu, Solusi Performa dan Efisiensi Berkendara

Perkembangan teknologi mesin di dunia otomotif terus berkembang pesat sejak satu dekade terakhir. Hampir keseluruhan teknologi mesin yang dikembangkan mengacu pada dua pendekatan penting, yakni efisiensi dan performa.

Toyota termasuk pabrikan otomotif dunia yang sangat memperhatikan kebutuhan akan mesin yang tidak hanya efisien, tapi juga bisa memiliki performa impresif meski berkapasitas kecil. Dari sebagian banyak teknologi yang dilahirkan Toyota, nama Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligent) mulai menjadi tren yang digunakan di mayoritas varian Toyota dan Daihatsu bermesin bensin di Indonesia.

dual vvt - iLalu apa sebenarnya teknologi Dual VVT-i itu sendiri? Apa kelebihan teknis mesin ini sehingga dipercaya menjadi teknologi pendukung jantung pacu mobil Toyota dan Daihatsu saat ini?

Secara sederhana, teknologi Dual VVT-i merupakan satu dari sekian banyak pengembangan teknologi mekanisme katup variabel, yang menjadi standar di mobil-mobil modern. Teknologi inilah yang bertugas mengatur aliran udara ke dalam katup secara merata di setiap tingkat putaran mesin, demi mencapai pembakaran lebih sempurna.

Meski begitu Dual VVT-i memiliki pendekatan lebih mutakhir dibandingkan teknologi katup variabel ini. Jika kebanyakan mesin berteknologi ini disematkan pada sistem katup masuk (intake valve), pada Dual VVT-i ini justru penerapannya lebih lengkap mulai dari sistem katup masuk (intake) sampai katup buang (exhaust).

Penerapan hal tersebut berimbas besar terhadap sisi performa dan efisiensi. Dari sisi performa adalah proses pembakaran berlangsung lebih sempurna, serta turut berperan menaikkan torsi mesin secara signifikan. Kemudian, dari sisi efisensi, penggunaan teknologi ini memungkinkan  mesin bisa mengurangi konsumsi bahan bakar karena kerja mesin lebih efisien dan performa yang terjaga selalu optimal.

Adapun, cara kerja Dual VVT-i pada mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang menggunakan mesin 3NR-VE berkapasitas 1.200 cc 4-silinder DOHC., saat mesin menyala, sistem Dual VVT-i akan membuat mesin lebih cepat mencapai suhu ideal, sehingga pada saat berjalan baik tenaga dan torsi bisa langsung tersedia saat dibutuhkan.

Setelah mencapai suhu ideal, maka pengaturan bukaan katup mesin akan menyesuaikan dengan putaran mesin. Efeknya mesin mampu beradaptasi lebih mudah saat mobil berada dalam kemacetan dengan kondisi stop-go, maupun saat mobil berakselerasi di kecepatan tinggi dalam jalanan bebas hambatan.

Karena pembakaran yang lebih optimal, hasil gas buang yang dihasilkan pun lebih sempurna sekaligus mampu mempercepat Catalytic Converter mencapai suhu panas. Imbasnya Catalytic Converter semakin optimal bekerja menyaring gas buang dan menghasilkan menekan kadar emisi gas buang menjadi rendah dan lebih ramah lingkungan.

Sudah tahu kelebihannya teknologi Dual VVT-i dari Toyota dan Daihatsu kan, jadi tunggu apa lagi? Ayo coba dan rasakan sensasinya.