Spot Foto Anti-Mainstream di Jakarta yang Sangat Instagramable

Bosan dengan spot foto di Jakarta yang itu-itu saja? Mungkin, kamu bisa mencoba beberapa tempat anti-mainstream berikut ini.

Secara tidak langsung, sekarang ini hampir semua orang sudah menjadi fotografer, apalagi yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta. Bagaimana tidak, pesatnya perkembangan teknologi menjadikan smartphone dilengkapi dengan kamera canggih yang sangat berguna untuk mengabadikan foto.

 

Karena itu, tidak jarang kaum urban sering melakukan hunting ke daerah yang memiliki pemandangan bagus dan tempat yang memiliki spot foto menarik ntuk di posting di akun sosial media. Tetapi masalahnya, kadang mereka sudah merasa bosan dengan tempat hunting foto di Jakarta yang itu-itu saja.

 

Nah, spot foto unik di Jakarta berikut ini mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu yang sudah bosan dengan beberapa spot foto lainnya. Penjelasan lengkapnya dapat kamu simak di bawah ini.

 

Blok A

Spot foto pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Blok A, Jakarta Selatan. Walaupun terlihat seperti toko-toko seperti biasanya, ternyata Blok A memiliki ciri khasnya tersendiri. Bahkan, ini menjadi tempat favorit sebagaian fotografer untuk mengambil gambar, khususnya street photographers.

 

Lalu, cukup banyak spot yang bisa kamu gunakan, mulai dari lorong di bawah jembatan MRT, trotoar, pertokoan, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menemui mural di rolling door pertokoan yang tutup.

 

Untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik, usahakan datang kesana di pagi atau sore hari agar mendapatkan sinar matahari yang bagus (golden hours).

 

BKT

BKT adalah singkatan dari Banjir Kanal Timur, atau juga biasa disebut Kanal Banjir Timur. Tempat ini biasa digunakan oleh anak-anak muda untuk berkumpul bersama teman mereka. Selain itu, BKT sering dijadikan spot foto.

 

Kanal yang memiliki panjang sekitar 23,5 kilometer ini membentang dari daerah Kebon Nanas – Jakarta Timur hingga Pantai Marunda – Jakarta Utara. Spot yang biasanya sering dipakai untuk berfoto adalah 3 jembatan yang berada di daerah Cipinang Muara, Jakarta Timur.

 

Jika cuaca mendukung, kamu berpeluang melihat matahari turun diantara gedung-gedung. Sedangkan di malam hari, lampu-lampu di sekitar BKT bisa jadi objek menarik yang sayang jika kamu lewatkan begitu saja.

 

CTC Building

Gedung ini merupakan salah satu saksi bisu sejarah Indonesia di masa lalu. CTC Building adalah gedung tua yang tampak tidak terurus dengan baik. Namun jangan salah, justru keadaannya yang ‘berantakan’ tersebut menjadi daya tarik para fotografer.

 

Jika dilihat dari luar, kamu mungkin tidak akan melihat banyak spot untuk berfoto. Tapi, ketika masuk ke dalamnya, suasana menjadi berubah. Barang-barang rongsok serta bentuk gedung yang sangat klasik akan membuat hasrat fotomu kembali muncul.

 

Gedung yang terletak di daerah Senen, Jakarta Pusat ini juga sering dipakai untuk syuting film-film bergenre horor atau laga, seperti film Petak Umpet Minako dan The Raid.

 

Sebelum masuk ke dalam, kamu perlu meminta izin terlebih dulu kepada petugas keamanan gedung. Lalu, jangan lupa berdoa karena karena menurut sebagian orang gedung tua ini tempat yang cukup seram atau angker.

 

Promenade

Selanjutnya adalah Promenade yang terletak di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Tidak seperti CTC, gedung ini masih dipakai sampai sekarang sebagai gedung perkantoran.

 

Bangunan yang bergaya klasik Eropa ini memiliki lorong panjang yang sangat instagramable, sehingga banyak orang yang tertarik untuk berfoto disana. Buat kamu yang tertarik untuk foto disini, datanglah setelah jam kerja.

 

Tetapi, jika di hari libur, kamu bebas datang jam berapa saja, asal jangan terlalu malam ya. Jam operasional Promenade adalah pukul 09.00 – 20.00 WIB di hari Selasa sampai Sabtu, serta pukul 09.00 – 17.00 WIB di hari Minggu dan Senin.

 

Jakarta Garden City

Bagi kamu yang tinggal di daerah Cakung dan sekitarnya, mungkin spot foto yang satu ini bisa jadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi. Hamparan tanah kosong yang masih belum dibangun membuat kamu leluasa melihat sunset di sore hari.

 

Setelah itu, kamu bisa berkunjung ke AEON Mall yang ada di dalam area Jakarta Garden City (JGC). Ada objek menarik yang bisa kamu jepret disana, yaitu kincir raksasa atau biasa disebut dengan J-Sky.

 

Pada malam hari, kincir tersebut akan terlihat lebih indah karena dikelilingi oleh lampu warna-warni yang ikut berputar dengan kincir.

 

Jembatan Kuningan – Menteng

Spot foto berikut sangat cocok bagi kamu yang suka dengan cityscape. Hamparan gedung-gedung terlihat jelas dari jembatan yang menghubungkan daerah Kuningan dan Menteng ini. Lalu, terdapat kanal panjang di bawah jembatan yang bisa menambah nilai estetika foto kamu.

 

Jika beruntung dan cuaca sedang cerah, kamu bisa mengabadikan sunset dan indahnya warna langit sore di sini.

 

Pasar barang bekas Jatinegara

Spot terakhir adalah pasar barang bekas di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan street photography atau human interest. Para pedagang yang ramah membuat kamu merasa aman saat memotret disana.

 

Uniknya, pasar ini buka di malam hari. Jadi, kamu mungkin membutuhkan lampu tambahan jika ingin mengambil foto disana. Atau, kamu bisa memanfaatkan lampu jalan sebagai penerangan.

 

Bagaimana, apakah kamu berminat untuk mengunjungi spot instagramable Jakarta di atas?