Setelah Beli Mobil Bekas, Apa Saja Perawatan yang Dibutuhkan?

Saat ingin membeli mobil bekas, Anda perlu memikirkan perawatan setelah mobil tersebut di tangan. Ada beberapa perawatan khusus terhadap mobil tersebut agar kondisinya tetap prima.

Bagi sebagian orang, membeli mobil bekas merupakan alternatif yang menguntungkan dalam memperoleh mobil dengan harga miring sekaligus menghemat biaya. Ditambah lagi, kendaraan roda empat tersebut menjadi salah satu barang wajib yang perlu dimiliki oleh Anda  untuk memudahkan mobilisasi. Karenanya, membeli mobil bekas pun menjadi pilihan yang tepat guna meraih mobil impian.

 

Akan tetapi, berbeda dengan mobil baru. Setelah membeli mobil bekas, Anda pun perlu menyisihkan sebagian dana untuk merapikan mobil tersebut agar sesuai dengan selera atau nyaman digunakan. Langkah ini juga dilakukan untuk menghindari risiko kerusakan terhadap mobil yang mungkin saja terjadi.

 

Lantaran hal itu, setidaknya ada beberapa langkah perawatan yang perlu dilakukan setelah Anda membeli mobil bekas, apa sajakah itu?

Mengganti Oli

Sebagaimana diketahui, oli mempunyai peranan penting dalam memastikan performa mesin mobil. Untuk itu, agar mesin bekerja secara optimal, Anda perlu melakukan pergantian oli secara berkala dan teratur.

 

Jangan biarkan oli mengendap terlalu lama, terlebih pada mobil bekas. Sebab, hal itu dapat mengakibatkan mesin terasa kering dan bisa menimbulkan gesekan antara komponen mobil sehingga membuat mesin mobil cepat rusak.

 

Khusus mobil bekas yang menempuh riwayat kilometer panjang, tentu hal ini bisa mempengaruhi performa mesin.

 

Memeriksa Cairan Radiator

Selain rutin mengganti oli, perawatan mobil bekas lainnya yang perlu Anda lakukan ialah dengan rajin memeriksa cairan coolant (radiator). Tindakan ini sangat penting dilakukan karena keberadaan cairan coolant dapat mempengaruhi kondisi suhu mobil Anda.

 

Sebab, jika cairan radiator kosong, mesin mobil juga bisa mengalami kerusakan. Selain itu, kosongnya cairan di radiator pun akan menimbulkan hawa panas di area mesin sehingga dapat menyebabkan overheat. Untuk itu, pastikan selalu kondisi cairan radiator mobil Anda dalam keadaan baik dan terisi cairan coolant. 

 

Membersihkan Sistem Karburasi 

Mobil bekas yang memang tidak digunakan dapat menimbulkan kotoran di jaringan karburasi. Hal itu disebabkan oleh tidak adanya pembuang gas yang dilakukan pada knalpot mobil. Alhasil, tak jarang mobil bekas yang sulit dihidupkan untuk pertama kali digunakan.

 

Oleh karenanya, Anda perlu melakukan perawatan mesin mobil dengan cara membersihkan sistem filter pada area karburasi secara rutin. Anda pun bisa melakukan perawatan tersebut secara mandiri, yaitu dengan menggunakan sikat gigi sebagai penyeka kotoran yang menempel, yang timbul saat mobil bekas tak dipakai.

 

Periksa Kaki-kaki

Terakhir, perawatan yang perlu dilakukan terhadap mobil bekas ialah dengan memeriksa komponen mobil. Pemeriksaan ini dapat Anda mulai dari bagian kaki-kaki, seperti ban, sok, rem, dan sill. Pastikan komponen tersebut selalu dalam kondisi baik dan jika Anda menemukan kerusakan di bagian tersebut, Anda bisa konsultasikan ke bengkel agar diberikan penanganan khusus.

 

Anda bisa booking service di Seva.id untuk mengatasi permasalahan yang dialami mobil Anda tersebut. Selain itu, servis mobil di Seva.id juga sangat tepercaya karena ditangani langsung oleh ahlinya. Lalu, Anda juga tak perlu menunggu lama dalam mendaftarkan mobil yang ingin diservis itu, cukup lakukan secara online dan mobil pun sudah bisa digunakan kembali.

 

Oleh karena itu, saat membeli mobil bekas, Anda perlu memperhatikan tahap perawatan di atas dan bila menemukan masalah yang serius, segera servis mobil Anda di Seva.id, ya.