Selain PNS, Ini Alternatif Pilihan Pekerjaan yang Paling Menjanjikan

By Rismawati Idris - Juni 11, 2019

Ada banyak alternatif pekerjaan selain PNS yang bisa Anda lamar dan tak kalah menguntungkannya daripada PNS. Apa saja?

 Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan karier primadona yang paling ditunggu-tunggu, entah oleh para fresh graduate maupun para karyawan swasta. Lantaran banyaknya peminat terhadap profesi abdi negara itu, pemerintah pun memastikan bahwa rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 kembali dibuka.

 

Mengenai lowongan pekerjaan yang dibuka, pemerintah menyampaikan secara resmi rekrutmen CPNS 2019 dalam akun Twitter @BKNgoid, Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang mengumumkan jumlah lowongan kerja CPNS 2019 mencapai 254.173 lowongan. Namun, dari ribuan pelamar yang ingin menjadi CPNS, biasanya hanya segelintir pelamar saja yang berhasil lolos sampai tahap akhir tes CPNS tersebut.

 

Bagi Anda yang belum beruntung menjadi PNS, tidak ada salahnya bila mencoba peruntungan di tempat lain. Ada banyak alternatif pekerjaan Non-PNS yang bisa Anda lamar dan tak kalah menguntungkan seperti berikut ini.

Sosial Media Specialist

Beberapa tahun terakhir, bekerja di industri kreatif mulai menjadi tren di kalangan pekerja. Pasalnya, pekerjaan yang dilakukan terbilang sesuai dengan karakteristik generasi muda yang lebih bebas, aktif, dan tak ingin terikat dengan waktu dan suasana kerja yang monoton.

 

Anda dapat bekerja di mana saja, kapan saja, asal tetap intens dengan perkembangan media. Selain itu, bekerja di bidang sosial media juga sangat menguntungkan karena Anda dapat mengetahui informasi up to date di dunia.

 

Bila Anda tertarik, Anda bisa melamar pekerjaan ini di industri kreatif dengan membuat konten, visual, dan periklanan, seperti di perusahaan start up atau media daring.

Data Scientist

Masih berkaitan dengan teknologi, bidang Data Scientist juga menjadi bidang yang banyak dicari, baik oleh perusahaan swasta maupun pemerintahan.  Menurut Data Scientist Report 2017 oleh Smith Hanley, yang dilansir dari Kumparan.com, menyebut hampir 90 persen data scientist dihubungi oleh perusahaan dan setidaknya sebulan sekali ada penawaran kerja. Bahkan, lebih dari 50 persen kandidat pun dihubungi setiap minggu.

 

Karena tingginya kebutuhan akan seorang Data Scientist, gaji yang ditawarkan pun tidaklah main-main. Anda dapat diberi imbalan gaji setiap bulannya sekitar 9-12 juta.

 

Selain itu, dengan bekerja di bidang ini, Anda pun menjadi salah satu orang yang paling tahu mengenai perkembangan perusahaan dari data-data digital terkait yang Anda kelola.

Entrepreneur

Pekerjaan lain yang dapat menjadi alternatif selain PNS ialah entrepreneur atau wirausaha. Entrepreneur adalah salah satu pekerjaan yang lebih fleksibel dilakukan. Anda sebagai owner dapat mengatur dan memegang kendali terhadap usaha yang Anda kerjakan.

 

Baca juga: Jangan Asal, Mobil Niaga Bisa Dijadikan Usaha!

 

Selain itu, dengan membuka usaha sendiri Anda pun berkesempatan mendapat penghasilan yang jauh lebih besar daripada PNS. Lebih menyenangkannya lagi, Anda pun bisa membantu orang lain untuk mendapat pekerjaan dengan mudah di usaha yang Anda buat tersebut.

 

Menjadi entrepreneur juga terbilang mudah, asalkan memiliki keberanian dalam mengembangkan usaha Anda. Jadi, apabila Anda mempunyai ide usaha dan ingin mengembangkannya, Anda dapat memanfaatkan usaha online yang ada atau mencobanya secara offline. Misalnya, usaha percetakan dan fotografi, kuliner, fashion, otomotif, atau editorial.

Influencer

Tak jauh berbeda dengan seorang Sosial Media Specialist, menjadi influencer juga berhubungan langsung dengan dunia digital. Anda akan berkecimpung dalam dunia kreatif, seperti membuat konten platform dan mencari sponsor yang akan bekerja sama dengan Anda.

 

Baca juga: Sukses Menjadi Influencer, Atta Halilintar Koleksi Mobil Mewah

 

Lalu, sebagai influencer Anda pun bakalan mempunyai waktu yang terbilang fleksibel dan tidak terikat dengan aturan baku di perusahaan. Anda hanya perlu membuat guideline pekerjaan bersama sponsor dan menentukan platform mana yang digunakan: apakah YouTube, Instagram, Blog, atau Facebook.

 

Selain itu, influencer juga sudah menjadi pekerjaan yang banyak digemari oleh masyarakat. Pasalnya, sebagai seorang influencer, Anda bisa meraup keuntungan yang lebih banyak daripada bekerja di perusahaan dengan membuat konten kreatif di kanal Anda.

 

Sebenarnya masih banyak pekerjaan lain yang bisa Anda lamar. Namun, pekerjaan di atas merupakan salah satu bidang yang sedang tren dan banyak membuka lowongan pekerjaan. Jadi, apabila Anda ingin mencari alternatif pekerjaan Non-PNS, Anda bisa mencoba bidang pekerjaan di atas.

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.