Resmi, Jakarta Berlakukan PSBB Total Mulai 14 September

By Reka Harnis - September 10, 2020

Bukan lagi PSBB transisi, namun PSBB total akan kembali diterapkan di Jakarta. Yuk simak aturan-aturannya.

psbb total

Setelah sempat longgar,  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk mencabut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dan kembali menerapkan PSBB total mulai Senin, 14 September 2020. 

Artinya, PSBB yang berlaku persis seperti di awal penerapan, dan beberapa kelonggaran saat PSBB masa transisi akan dihilangkan.

Salah satu alasan Pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB total adalah tempat tidur isolasi bagi pasien virus corona (Covid-19) yang sudah hampir penuh. Sementara itu, angka positif Covid-19 di Jakarta melonjak setiap harinya.

Alasan lain PSBB total diberlakukan ialah ketersediaan ruang ICU di Jakarta mulai krisis. Bahkan, tidak akan cukup menampung pasien corona jika PSBB transisi terus diberlakukan.

Tercatat, per tanggal 9 September 2020, Jakarta memiliki total persentase kasus positif dalam sepekan terakhir sebesar 12,2%, dari total persentase keseluruhan di Indonesia dalam sepekan terakhir sebesar 19,6%.

Baca juga: Tips Anti Stres Buat Para Ibu yang WFH Sambil Mengurus Anak

Bila tidak ada rem darurat, ketersediaan ICU hanya cukup untuk seminggu. Setelah 15 September 2020, pasien Covid-19 yang membutuhkan ICU kemungkinan tidak tertampung. 

Baca juga: Cara Sederhana Agar Rumah Terhindar Dari Virus Corona

Tidak hanya itu, data pemakaman harian dengan prosedur tetap (protap) Covid-19 juga terus meningkat dan mengalami lonjakan setiap bulannya.

Dengan kata lain, situasi pandemi di Jakarta masuk kategori darurat. Keputusan untuk kembali melaksanakan PSBB total telah disepakati dalam rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jakarta.

Berita Terkait

Author