Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Trade In Mobil

Melakukan trade in mobil sering dilakukan oleh sebagian orang. Namun, sebelum itu, perhatikan beberapa hal berikut ini agar prosesnya lancar dan aman.

trade in mobilTukar tambah atau trade in merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan mobil baru. Barter atau menukar barang dengan nilai yang sama adalah proses transaksi yang sudah dikenal sejak dulu. Sekarang, cara tersebut telah dikembangkan menggunakan alat tukar lain.

 

Tukar tambah, berarti menukar barang dengan barang lain yang memiliki nilai lebih tinggi, kemudian mengisi selisih tersebut dengan tambahan berbentuk uang. Namun, cara ini memang tidak sepopuler cara pembelian tunai dan kredit, tetapi masih banyak dilakukan.

 

Trade in juga bisa menjadi alternatif yang lebih menguntungkan untuk mendapatkan mobil baru. Sebelum Anda melakukannya, lebih baik perhatikan beberapa hal di bawah ini agar trade in mobil Anda berjalan dengan baik.

 

Tentukan mobil yang ingin didapatkan

review toyota all new yarisSebelum melakukan trade in, Anda perlu menentukan jenis dan merek mobil yang Anda inginkan, lalu apakah mobil tersebut dalam kondisi bekas atau baru. Jika mobil bekas, tentukan tahun dan kisaran harganya. Tentukan juga tempat trade in mobil yang Anda inginkan, apakah melalui dealer, leasing, perorangan atau website.

 

Baca juga: Mau “Untung” Saat Melakukan Trade in Mobil Lama Anda? Lakukan Lima Strategi Ini

 

Setiap pihak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka memberikan harga dan penawaran yang beragam. Untuk menentukannya, Anda lebih baik melakukan riset terlebih dulu.

 

Perhatikan kondisi mobil

mobil untuk keluargaLalu, perhatikan mobil yang ingin Anda tukar tambah. Pastikan mobil Anda dalam kondisi yang prima, baik kondisi eksterior, interior atau mesin. Bila ada komponen yang mengalami kerusakan, lebih baik segera diganti. Poles juga eksterior mobil Anda agar terlihat lebih menarik dan meyakinkan.

 

Kemudian, siapkan surat-surat mobil, seperti STNK, BPKB, dan asuransi. Pastikan pajak dalam kondisi yang masih aktif, karena hal tersebut dapat mempengaruhi harga mobil Anda.

 

Selain memperhatikan kondisi mobil, tentukan juga mobil yang ingin Anda dapatkan. Ini biasanya dilakukan saat Anda ingin melakukan trade in dengan mobil bekas. Lakukan proses pengecekan kondisi mobil dengan lengkap agar tidak kecewa saat memilikinya.

 

Cari tahu harga pasaran mobil dari berbagai sumber

Sebelum mencoba menukarkan mobil Anda dengan mobil incaran, ada baiknya untuk meriset harga pasaran terlebih dahulu di berbagai situs jual beli mobil online, atau tanya langsung ke pedagang. Jangan cari refrensi harga hanya dari satu sumber saja.

 

Baca juga: Apa Perbedaan Mobil SUV, Hatchback, dan Crossover?

 

Jadikan harga tersebut sebagai acuan untuk menetapkan harga mobil Anda. Lakukan proses yang sama pula untuk mobil incaran Anda.

 

Langsung lakukan proses trade in

Setelah semua hal di atas sudah dilakukan, saatnya Anda melakukan trade in. Hubungi dealer jika Anda ingin melakukan trade in melalui dealer, atau hubungi penjual jika trade in secara perorangan. Lalu, lakukan negosiasi dengan penjual. jika merasa harga sudah cocok, langsung lakukan proses transaksi.

 

Tapi, kalau merasa tidak cocok, Anda bisa cari penjual lain. Dalam proses trade in, Anda hanya perlu membayar sejumlah selisih harga barang saja. Proses trade in pun dapat dilakukan secara tunai maupun kredit, pilih saja prosedur pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Baca juga: Pilihan Expert, Mobil Bekas dengan Kualitas Premium

 

Nah, sekarang trade in atau tukar tambah mobil bisa lebih simple melalui satu website, yaitu Seva.id. Anda dapat melakukan tukar tambah tanpa harus meninggalkan tempat duduk. Cukup buka website Seva.id, pilih fitur trade in, dan tentukan mobil yang Anda sukai.

 

Bila ingin menukar mobil Anda dengan mobil bekas, coba fitur Pilihan Expert. Fitur ini memudahkan Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas, karena mobil yang ada di Pilihan Expert sudah melalui pengecekan oleh professional, jadi kondisinya sudah pasti terjamin, baik kondisi fisik maupun administrasi mobil.

 

Jadi, jangan lupa kunjungi Seva.id saat ingin melakukan trade in mobil Anda.