Membuktikan Ketangguhan Toyota All New Calya untuk Perjalanan Jauh

By Arris Riehady - Mei 23, 2018

Bagaimana ketangguhan Toyota All New Calya? Yuk, simak selengkapnya di sini.

mudik dengan calya

Di awal kemunculannya, mobil dengan nama resmi Astra Toyota All New Calya terbilang fenomenal karena menjadi mobil low cost green car (LCGC) atau konsep mobil terjangkau ramah lingkungan dengan kapasitas tujuh penumpang.

Tapi, hingga saat ini masih banyak yang meragukan kemampuannya. Terutama kemampuannya untuk menempuh perjalanan jauh serta melibas beragam medan jalan.

Kali ini kami berkesempatan untuk membuktikan ketangguhan mobil tersebut. Berikut impresi yang kami rasakan.

Baca juga: Perbedaan Toyota New Calya Setelah Resmi Diluncurkan

Unit yang dipinjamkan oleh Auto2000 ini adalah tipe G bertransmisi manual. Tipe G adalah tipe tertinggi Toyota All New Calya. Selain yang transmisi manual lima percepatan, tersedia juga transimi otomatis empat percepatan.

Di bawah tipe G, ada tipe E. Perbedaannya, selain eksterior, interior, tentunya fitur-fitur kelengkapannya saja.

Kecil tapi lega

Tepat pukul enam pagi kami berangkat. Mumpung kampung halaman di Bandung, yang juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit, kami juga berencana mengunjungi tempat wisata.

“Mobilnya kecil!” celetuk polos anak kami yang baru berusia tiga tahun saat menaiki Toyota All New Calya ini. Ya, meski berkapasitas tujuh orang penumpang, bila dilihat dari sisi ekterior, mobil ini tampak lebih kecil bila dibandingkan dengan Toyota Avanza. Apalagi, Toyota All New Calya ini disokong oleh velg alloy two tone berukuran 14 inci dengan profil ban 175/65.

Baca juga: Deretan Mobil LCGC Terlaris Sepanjang Tahun 2019

Untungnya, meski terlihat kecil dari sisi ekterior, kabinnya terbilang lega dan memiliki bagasi yang luas. Kalau pun butuh ruang tambahan, jok baris ketiga bisa dilipat dengan cara yang mudah.

Berhubung cuti lumayan lama, kami membawa tiga koper, satu koper berukuran besar dan dua koper berukuran sedang, yang memuat pakaian dan semua kebutuhan.

Sementara, jok baris kedua, selain pengaturan kerebahan, juga sudah disematkan pengaturan maju dan mundur, sehingga dapat memberikan ruang kaki yang lebih lega serta kenyamanan lebih untuk penumpang.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!