Melirik Lokasi Syuting Dilan-Milea di Kota Bandung

jalan bareng ke wisata Asia Afrika

Film Dilan 1990 diakhiri dengan sangat baik dan begitu manis. Pada akhir adegan, Dilan dan Milea diceritakan resmi pacaran setelah masa PDKT yang terbilang sangat mendebarkan. Tentu, akhir cerita yang memesona ini begitu diharapkan oleh para penonton yang berharap happy ending. 

 

Setelah resmi pacaran, Dilan mengajak Milea untuk mengitari salah satu jalan di Kota Bandung. Namun, tahukah kamu lokasi yang mereka lalui itu?

 

Ya, jalan itu ialah Jalan Asia Afrika, salah satu pusat wisata di Kota Bandung yang sangat ikonik. Banyak wisatawan yang jatuh hati dan akhirnya menghabiskan waktu sehari penuh untuk di sana, untuk sekadar napak tilas wisata.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui banyak hal mengenai wisata di jalan Asia Afrika, yuk, simak ulasan berikut.

Museum Konferensi Asia Afrika (KAA)

Museum yang berada di belakang Gedung Merdeka merupakan salah satu tempat wisata di jalan Asia Afrika yang menyimpan banyak kenangan sejarah bangsa Indonesia. Dahulunya, gedung KAA dijadikan sebagai tempat berkumpul masyarakat kalangan atas Kota Bandung. Namun, pada tahun 1955, dialihfungsikan menjadi tempat pertemuan Konferensi Asia Afrika atau lebih dikenal sebagai Gedung Konferensi Bandung.

 

Barulah pada zaman pemerintahan Presiden Soeharto, pemerintah menjadikan gedung tersebut sebagai salah satu cagar budaya kota Bandung, yaitu museum KAA, yang banyak dikunjungi wisatawan, terutama oleh para pelajar nasional untuk sekadar wisata sejarah.

Kilometer O

Setalah puas menelusuri wisata sejarah di museum KAA, kamu juga bisa melipir sebentar di lokasi ikonik yang Bandung banget seperti di Kilometer O ini, apalagi saat sore hari. Lokasi KM O banyak didatangi warga lokal dan wisatawan karena lokasinya yang tak jauh dari Museum KAA, kamu pun bisa berjalan kaki menelusurinya.

 

Kilometer O menjadi tempat wisata yang terkeren, yang dikelilingi oleh bangunan bergaya kolonial.  Salah satunya seperti hotel Savoy Homan dan Gedung Merdeka. Berkat nuansa sejarah yang kental, KM O menjadi tempat hang out yang asik dan wajib kamu kunjungi, mulai dari sekadar duduk-duduk menikmati suasana Kota Bandung atau wisata kuliner di sana.

 

Jika ke Bandung, jangan lupa untuk sempatkan diri menikmati sore di KM O ini, ya.

Masjid Raya Bandung dan Alun-alun Bandung

Tempat wisata selanjutnya yang tak jauh dari jalan Asia Afrika ialah Masjid Agung dan Alun-alun Kota Bandung. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bandung yang ingin bersantai bersama keluarga, menikmati udara sejuk, apalagi seusai menunaikan ibadah.

 

Di sini kamu juga bisa menyegarkan mata dengan melihat betapa asrinya Masjid Agung Kota yang dibalut dengan rumput sintetis. Ditambah lagi, halaman masjid yang terbilang luas pun bisa menampung hingga 13 ribu jamaah. Jadi, kebayang kan, betapa indahnya lokasi ini?

 

Dijamin kamu pasti betah untuk berlama-lama di sana.

Jalan Braga

Jalan yang dahulu dinamakan De meest Eupoeesche winkelstraat winkelstraat van Indie atau dalam bahasa Indonesia artinya pusat belanja bangsa Eropa terkemuka di Hindia Belanda, ini adalah kawasan ikonik Paris Van Java yang sudah dikenal sejak masa penjajahan Belanda. Di sini kamu tak hanya disuguhkan pemandangan sejarah saja, tetapi kamu juga bisa berwisata semalam suntuk mengintip kehidupan lokal kota Bandung.

 

Selain itu, di sepanjang jalan Braga, kamu juga bisa menikmati seni artistik yang indah. Ditambah lagi keberadaan muda-mudi yang lalu-lalang di sepanjang jalan bakal menambah pengalaman wisata yang berbeda dari Braga.

 

Karena keeksotikan jalan Braga, banyak orang yang menyempatkan diri buat sekadar berfoto di bawah marka jalan Braga sebagai bukti kalau mereka pernah berwisata ke Bandung.  Jadi, perlu disempatkan diri untuk selfie kalau kamu sedang liburan di Braga, ya.

 

FYI, untuk menjangkau tempat wisata di jalan Asia Afrika ini, kamu bisa jalan bareng Sejalan. Cukup  pesan tiket perjalananmu dengan travel atau bagi kamu yang mempunyai kendaraan, kamu juga bisa memberi tumpangan bersama teman Sejalan.

 

Sebab, hanya di Sejalan perjalananmu akan jauh lebih seru dan menyenangkan. Jadi, ayo, jalan bareng Sejalan sekarang!