Masuk Musim Kemarau, Perlukah Mengganti Oli yang Lebih Kental?

By Reka Harnis - April 5, 2021

Mengganti oli secara berkala membuat kinerja mesin tetap optimal, namun perlukah ganti oli saat musim juga berganti?

cara menangani mobil overheat

Mengganti oli merupakan salah satu perawatan berkala yang perlu dilakukan secara rutin guna menjaga kinerja mesin agar tetap optimal.

Oli memegang peranan penting bagi kendaraan. Cairan bertekstur kental ini bertugas melumasi mesin serta mencegahnya aus dan tergores. Panas mesin juga akan terjaga jika asupan oli cukup.

Untuk itu, pemilik mobil tak boleh asal dalam memilih pelumas mesin dan disarankan untuk mencari produk yang tepat agar fungsi pelumas dalam melindungi berbagai komponen pada mesin bisa maksimal.

Saat memilih oli, perhatikan tingkat kekentalannya. Penggunaan oli harus disesuaikan dengan spesifikasi dan usia mobil.

Baca juga: Velg Mobil Penyok, Mending Reparasi atau Beli Velg Baru?

Namun, banyak juga yang beranggapan kalau mengganti oli harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan seperti pergantian musim. Benarkah demikian?

Kekentalan oli itu kan ada rumusnya masing-masing, bagaimana mereka bisa menyesuaikan dengan suhu tertentu”, ucap Rocky Yonathan, Kepala Bengkel Auto 2000, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, saat dihubungi Seva, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Lebih lanjut, menurutnya, meski ada pergantian musim, pemilik mobil tak perlu khawatir hingga mengganti oli ke jenis yang lebih kental.

Berita Terkait

Author