Lezatnya Sate Klopo, Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Bosan dengan kuliner sate yang itu-itu saja? Surabaya punya sate legendaris yang beda dari yang lainnya. Simak ulasannya!

Siapa yang tak kenal dengan sate? Makanan yang satu ini bahkan sudah terkenal kelezatannya hingga ke mancanegara. Jika pada umumnya, sate disajikan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang. Namun, di Surabaya ada sate dengan bumbu khas yang berbeda dari sate pada umumnya. Sate klopo, yang dalam bahasa Jawa klopo berarti kelapa. 

 

Sesuai dengan namanya, sate khas Surabaya ini merupakan sate daging sapi dan lemak yang dibungkus dengan bumbu olahan kelapa lalu dibakar. Taburan kelapa menghasilkan aroma yang khas dan menambah rasa yang nikmat dari daging sapi yang dibakar. Biasanya sate klopo disajikan dengan lontong ataupun nasi.

Sate Ondomohen

Salah satu kedai sate klopo paling terkenal di Surabaya adalah kedai Sate Klopo Ondomohen. Nama tempat ini berasal dari nama jalan dimana kedai ini pertama kali berdiri. Walau saat ini tempat makan ini berada di jalan Walikota Mustajab, kedai ini tetap memakai nama Ondomohen karena sudah lama melekat di hati pelanggan.

 

Kedai sate Ondomohen dulunya hanya buka dari jam 6 pagi sampai jam 1 siang saja. Tetapi semenjak makin banyaknya pelanggan yang ingin mencicipi jam bukanya menjadi 6.30 sampai 11.30 malam. Di kedai ini tak hanya menyediakan sate klopo, ada juga sate ayam orisinal yang tidak kalah enak dan empuknya. 

 

Harga seluruh sate di kedai sate Ondomohen ditawarkan dengan harga 20 ribu rupiah seporsinya. Setiap porsi berisikan sepuluh tusuk sate. Tersedia juga pilihan nasi putih ataupun lontong.

Sate Pak Mat Jame

Berikutnya ada sate Pak Mat Jame. Kedai sate satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Kedai yang berlokasi di Jalan Dharmawangsa No.53-A, Airlangga, Gubeng, Kota Surabaya ini menawarkan berbagai jenis sate, mulai dari ayam dan kambing, Sate Pak Mat Jame punya daging yang lumayan besar, lho. 

 

Bumbu yang enak dan gurih jadi andalan Sate Pak Mat Jame. Salah satu yang menarik dari kedai ini adalah menu Sate Klopo yang juicy dan manis. Untuk harganya, seporsi sate di Sate Pak Mat Jame dibanderol dengan harga di bawah Rp 50.000.

 

Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk berkunjung ke Surabaya? Yuk segera rencanakan liburanmu! Sewa mobil di Movic agar perjalanan liburanmu lebih mudah, aman dan nyaman!