Kiprah Toyota Gazoo Racing, Kompetisi adalah Latihan Terbaik

By Arris Riehady - Oktober 12, 2020

Bukan sekadar organisasi balap global, yuk mengenal lebih dalam mengenai Toyota Gazoo Racing dan kiprahnya di dunia balap mobil.

Toyota Gazoo Racing

Sejarah motorsport Toyota sudah dimulai sejak lebih dari 60 tahun yang lalu. Selama kurun waktu tersebut, Toyota mencetak berbagai kisah yang didapatkan di bawah kondisi ekstrem trek balap untuk membangun mobil baru di masa depan.

Semua aktivitas di arena balap mengasah sensor dan insting engineer Toyota untuk mengembangkan mobil balap yang dapat memenuhi tuntutan di lapangan.

Kerasnya persaingan membuat teknisi mengerahkan segenap energi dan ilmunya hingga batas tertinggi untuk meracik mobil balap yang sanggup berkompetisi, bahkan memenangkan persaingan.

Tidak hanya karyawan, bahkan President Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda juga merasakan langsung mobil balap atau mobil produksi massal yang sedang dikembangkan untuk merasakan langsung dan memberikan input terkait performanya.

Baca juga: Toyota GR Supra Facelift Jadi Lebih Bertenaga dan Stabil

Lebih jauh, yuk mengenal lebih dalam mengenai Toyota Gazoo Racing dan kiprahnya di dunia balap.

Toyota Gazoo Racing

Sejarah Toyota Gazoo Racing

Toyota Gazoo Racing secara resmi berdiri di tahun 2015. Namun, sejarah Toyota Gazoo Racing sudah diukir jauh sebelumnya sejak tahun 2007, saat Toyota memutuskan untuk mengikuti ajang Nürburgring 24 jam dengan nama tim Gazoo Racing.

Nama Gazoo digunakan lantaran terdengar unik dan menggambarkan kegembiraan saat bertarung di lintasan balap.

Tim yang berlaga terdiri atas para karyawan Toyota tidak memiliki pengalaman di dunia balap, baik sebagai pembalap ataupun mekanik, di mana menjadi juara bukanlah tujuan utama karena ada 3 hal yang ingin diraih.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur, Harga, dan Varian Toyota Corolla Cross

3 hal itu adalah untuk dari mengasah kemampuan karyawan Toyota di lingkungan yang berat, mengembangkan performa kendaraan di trek balap paling ekstrem, serta berbagi harapan, kegembiraan dan antusiasme kepada para pecinta balap.

Mengandalkan 2 unit Toyota Altezza RS200, targetnya hanyalah menyelesaikan balapan selama 24 jam penuh.

Nyatanya, para karyawan Toyota berhasil survive di lomba yang begitu menuntut ketangguhan mobil, pembalap, dan mekanik. Competition is the best training, karyawan Toyota belajar banyak dari lomba penuh tantangan ini.

Baca juga: SevaMagz Vol. 5: Toyota di Hati Kita

Seiring berjalannya waktu, Toyota Gazoo Racing melebarkan sayapnya, bersamaan dengan visi Akio Toyoda, yaitu “To make ever-better cars”.

Belajar dari pengalaman di dunia balap, Toyota melihat bahwa kompetisi di sirkuit membuat engineer memberikan dukungan teknologi sampai batas maksimal hingga melahirkan terobosan dan inovasi yang selanjutnya bisa diterapkan ke produksi massal.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!