Ketok-ketok Bodi Saat Beli Mobil Bekas, Apa Maksudnya?

By Arris Riehady - September 20, 2020

Pernah melihat pembeli ketok-ketok bodi saat beli mobil bekas? Apa tujuannya?

Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki kendaraan roda empat pribadi namun belum memiliki cukup dana untuk membeli yang baru.

Nah, saat berencana untuk membeli bekas, sebaiknya kamu pastikan dulu kondisinya sebelum memutuskan untuk membawa mobil tersebut ke garasi.

Masalahnya, tidak semua mobil bekas yang ada di pasaran berkualitas. Tanpa mengecilkan pihak terkait, ada saja penjual yang nakal dan tidak jujur soal kondisi mobil bekas yang dijualnya.

Perlu diingat, saat akan beli mobil bekas banyak hal yang harus diperiksa dan dipertimbangkan agar tidak kecewa serta menyesal nantinya.

Baca juga: Tips Memeriksa Mobil Bekas secara Menyeluruh

Begini cara memeriksa mobil bekas secara menyeluruh dari bodi, mesin, hingga performa.

menghilangkan baret

Ketok-ketok bodi

Ketok-ketok bodi saat ingin beli mobil bekas adalah hal umum yang sering dilakukan oleh calon pembeli.

Apa sih maksud dan tujuannya? Ketok-ketok bodi bisa jadi salah satu indikator untuk mengetahui cat dan struktur eksterior mobil, masih orisinal atau tidak.

Bagaimana bisa tahu? Banyak yang percaya kalau ketok-ketok bodi mobil dan mengeluarkan suara nyaring dan renyah tandanya cat dan bodi masih orisinal, belum dicat ulang, serta bebas dempul.

Sementara bila suara yang dikeluarkan bodi mobil mendem atau tidak nyaring, maka cat tidak orisinal, pernah cat ulang, didempul, atau bekas tabrakan.

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Memang hal tersebut ada benarnya, namun tidak sepenuhnya. Pasalnya, beberapa mobil masa kini atau keluaran terbaru sudah diberi peredam untuk mengurangi kebisingan di dalam kabin.

Jadi saat diketok, bodi mobil suaranya akan mendem pula. Biasanya peredam akan diletakkan di balik pintu.

Jika ingin menggunakan metode ketok-ketok bodi mobil untuk memeriksa sebaiknya ketok seluruh bagian, terutama bagian fender karena jarang ada peredam di situ.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!