Ketok-ketok Bodi Saat Beli Mobil Bekas, Apa Maksudnya?

Pernah melihat pembeli ketok-ketok bodi saat beli mobil bekas? Apa tujuannya?

Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki kendaraan roda empat pribadi namun belum memiliki cukup dana untuk membeli yang baru.

Nah, saat berencana untuk membeli bekas, sebaiknya kamu pastikan dulu kondisinya sebelum memutuskan untuk membawa mobil tersebut ke garasi.

Masalahnya, tidak semua mobil bekas yang ada di pasaran berkualitas. Tanpa mengecilkan pihak terkait, ada saja penjual yang nakal dan tidak jujur soal kondisi mobil bekas yang dijualnya.

Perlu diingat, saat akan beli mobil bekas banyak hal yang harus diperiksa dan dipertimbangkan agar tidak kecewa serta menyesal nantinya.

Baca juga: Tips Memeriksa Mobil Bekas secara Menyeluruh

Begini cara memeriksa mobil bekas secara menyeluruh dari bodi, mesin, hingga performa.

menghilangkan baret

Ketok-ketok bodi

Ketok-ketok bodi saat ingin beli mobil bekas adalah hal umum yang sering dilakukan oleh calon pembeli.

Apa sih maksud dan tujuannya? Ketok-ketok bodi bisa jadi salah satu indikator untuk mengetahui cat dan struktur eksterior mobil, masih orisinal atau tidak.

Bagaimana bisa tahu? Banyak yang percaya kalau ketok-ketok bodi mobil dan mengeluarkan suara nyaring dan renyah tandanya cat dan bodi masih orisinal, belum dicat ulang, serta bebas dempul.

Sementara bila suara yang dikeluarkan bodi mobil mendem atau tidak nyaring, maka cat tidak orisinal, pernah cat ulang, didempul, atau bekas tabrakan.

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Memang hal tersebut ada benarnya, namun tidak sepenuhnya. Pasalnya, beberapa mobil masa kini atau keluaran terbaru sudah diberi peredam untuk mengurangi kebisingan di dalam kabin.

Jadi saat diketok, bodi mobil suaranya akan mendem pula. Biasanya peredam akan diletakkan di balik pintu.

Jika ingin menggunakan metode ketok-ketok bodi mobil untuk memeriksa sebaiknya ketok seluruh bagian, terutama bagian fender karena jarang ada peredam di situ.

Memeriksa eksterior mobil bekas

Selain dengan ketok-ketok bodi mobil, cara terbaik memeriksa eksterior mobil bekas adalah dengan memperhatikan garis-garisnya.

Baca juga: Mobil Zaman Now Gampang Ringsek, Ternyata karena Faktor Keselamatan

Bila garis bodi, khususnya pada bagian pintu tidak simetris atau miring, bisa jadi bagian tersebut pernah diperbaiki.

Sementara untuk memeriksa catnya, selain ketok-ketok bodi adalah dengan melihatnya di bawah sinar matahari.

Cara tersebut bisa mendeteksi cat mobil belang atau tidak, pernah dicat ulang atau tidak, serta melihat mulusnya permukaan bodi. Pengecekan sulit dilakukan jika mobil di dalam gedung dan hanya disinari lampu.

Periksa juga rangka mobil bekas tersebut. Rangka yang terdapat bekas las atau sambungan yang tidak rapih, menjadi indikasi mobil pernah terlibat kecelakaan.

BMW Astra Used Car

Mobil bekas berkualitas

Seperti yang sudah disebut di atas, sebelum memboyong mobil bekas ke garasi, sebaiknya periksa secara menyeluruh. Tidak hanya eksterior, tapi interior, mesih, hingga performanya dengan test drive.

Baca juga: Kenapa Sebagian Orang Lebih Memilih Mobil Bekas? Ini Jawabannya

Ada banyak calon pembeli yang tidak memiliki waktu untuk memeriksa semuanya. Sekarang tidak perlu pusing dan ribet. Beli saja mobil bekas berkualitas di Pilihan Expert dari Seva.id.

Pilihan Expert adalah layanan yang menawarkan mobil-mobil bekas dengan kualitas berkelas, karena mobil bekas yang tersedia akan diinspeksi terlebih dahulu oleh inspektor yang sudah berpengalaman.

Inspektor akan memeriksa kondisi mobil, mulai dari kondisi fisik, riwayat, keaslian surat-surat, bukti service rutin, dan kelengkapan mobil lainnya.

Bukan itu saja, mobil yang tersedia dijamin bebas tabrak, bebas banjir, odometer asli, bukan mobil mutasi dari luar daerah, nomor mesin dan rangka sesuai dengan dokumen kendaraan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Testimoni dan Pengalaman Fitra Eri Beli Mobil Bekas di Pilihan Expert

Intinya, seluruh mobil yang tersedia di Pilihan Expert sudah melewati proses inspeksi secara menyeluruh. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa unit mobil bekas yang akan dijual kembali memiliki kondisi yang prima, baik secara mesin, suspensi, eksterior, dan interior.

Pilihan Expert Seva.id, tempat tepat beli mobil bekas berkualitas.

Pilihan Expert