Kenali Istilah dan Tanda Mesin Harus Melakukan Overhaul

By Ferdi Julias - Juni 19, 2019

Overhaul mesin harus dilakukan jika mobil mengalami kerusakan berat. Apa saja tanda-tandanya?

Komponen yang berada di dalam kendaraan lama-kelamaan mengalami penurunan performa, tidak terkecuali komponen transmisi. Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan untuk membuatnya kembali bekerja dengan maksimal.

Salah satu perbaikan yang dilakukan adalah dengan cara overhaul (OH), atau bahasa bengkel yang lebih dikenal adalah turun mesin atau belah mesin.

Overhaul mesin dilakukan apabila mesin atau komponen transmisi mengalami kerusakan berat.

Setelah melakukan pembongkaran, komponen-komponen mesin itu akan diperiksa secara teliti dan menyeluruh agar mendapatkan data-data akurat tentang mesin dan menentukan langkah selanjutnya, apakah harus diganti, direparasi, atau hanya dibersihkan saja.

Secara umum, overhaul terbagi menjadi dua, yaitu pembongkaran mesin secara total dan semi. Overhaul total adalah pembongkaran seluruh bagian mesin, yang meliputi kepala silinder, blok silinder, dan bagian lainnya.

Sedangkan semi overhaul merupakan pembongkaran pada sebagian mesin. Biasanya, pembongkaran terjadi hanya pada bagian kepala silinder saja tanpa membongkar blok silinder.

Tujuan dari overhaul adalah untuk membersihkan bagian ruang bakar dari sisa-sisa karbon, mengatur ulang dudukan katup atau klep, melakukan pemeriksaan komponen di dalam mesin, dan mengembalikan performa mesin.

Jadi, keunggulan overhaul mesin adalah untuk mengembalikan performa mobil seperti sebelum mengalami kerusakan. Ada beberapa tanda yang dapat dilihat jika mobil perlu melakukan overhaul, diantaranya adalah sebagai berikut.

Berita Terkait

Author