Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Lockdown dan Karantina Wilayah

By rekaharnis - April 8, 2020

Sering dianggap memiliki arti yang sama, apa perbedaan lockdown dan karantina wilayah?

Perbedaan lockdown dan karantina wilayah

Beragam upaya tengah disusun oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona. Hingga saat ini, beredar informasi bahwa di beberapa daerah upaya local lockdown tengah diterapkan.

 

Namun, pemerintah tidak mau menggunakan istilah lockdown, melainkan karantina wilayah. Tak sedikit yang mengangap keduanya memiliki arti sama.

 

Lalu, apa perbedaan lockdown dan karantina wilayah?

 

Istilah karantina wilayah sudah terdapat dalam Undang-Undang (UU) No.6 Tahun 2018. Konsep ini menerapkan sistem pembatasan pergerakan orang demi kepentingan kesehatan.

 

Lebih lanjut, berdasarkan UU, definisi karantina adalah pembatasan kegiatan dan atau pemisahan seseorang yang terpapar penyakit menular sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan meskipun belum menunjukkan gejala apapun atau sedang dalam masa inkubasi dan atau pemisahan peti kemas, alat angkut, atau barang apapun yang diduga terkontaminasi dari orang dan atau barang yang mengandung penyebab penyakit atau sumber bahan kontaminasi lain untuk mencegah kemungkinan penyebaran ke orang dan atau barang di sekitarnya.

 

Baca juga : Cara Sederhana Agar Rumah Terhindar Dari Virus Corona

 

Dikutip dari Republika Online, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, mengatakan, istilah karantina wilayah sebenarnya merupakan istilah lain dari physical distancing yang sekarang dipilih sebagai kebijakan pemerintah.

Perbedaan lockdown dan karantina wilayah

Pada pasal lainnya yaitu Pasal 49 ayat 1, karantina dibagi menjadi 4 jenis, yaitu karantina rumah, karantina rumah sakit, karantina wilayah, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pejabat karantina kesehatan.

 

Karantina wilayah yang diatur dalam pasal 53, diputuskan sebagai response pemerintah dari kondisi kesehatan masyarakat yang dinilai darurat. Saat diputuskan, karantina wilayah ini akan berlaku di wilayah yang sudah terkonfirmasi terjadi penyebaran penyakit antar anggota masyarakat di wilayah tersebut.

 

Undang-Undang juga mengatur, wilayah yang dikarantina harus diberi garis karantina dan selalu dijaga oleh pejabat karantina kesehatan serta kepolisian yang berada di luar wilayah karantina.

Berita Terkait

Author