Jangan Sampai Overheat, Ganti Air Radiator Mobil Sesuai Jadwal

By alexanderardian1 - September 16, 2019

Mengganti air radiator bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Caranya mudah, cukup lakukan beberapa langkah di bawah ini.

air radiatorMobil yang kita kendarai terdiri dari banyak sekali komponen dengan kompleksitas yang tinggi. Salah satunya adalah radiator, komponen mobil yang harus dirawat secara rutin.

Sejatinya, fungsi dari radiator adalah menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas, terutama saat dalam putaran mesin yang tinggi.

Suhu ideal yang aman untuk mesin adalah sekitar 85-95 derajat celcius. Suhu ideal itu membuat mesin akan bekerja lebih maksimal.

Sebaliknya, jika suhu terlalu dingin atau rendah, maka pembakaran tidak sempurna dan mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih boros.

Anda dapat melihat suhu mesin melalui indikator yang biasanya terdapat di panel instrumen.

Beberapa mobil masih menggunakan indikator analog untuk menunjukan suhu, namun mobil keluaran baru rata-rata sudah beralih ke indikator digital.

Baca juga: Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil, Cegah Overheat dengan Cara Ini

Karena pentingnya peran radiator terhadap mesin mobil, maka perlu dilakukan penggantian air radiator secara berkala. Untuk menggantinya,

Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Pertama, siapkan radiator coolant yang biasa dipakai mobil Anda. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Berita Terkait

Author