Jangan Disepelekan Cara Mengecat Rumah, Perhatikan Hal Ini Dulu

Warna ternyata mempengaruhi kenyamanan ketika berada di rumah. Nah, sebelum mengganti warna dinding rumah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengecat.

Selain memenuhi kebutuhan dasar, rumah adalah tempat bagi penghuninya untuk dapat merasa aman dan nyaman. Aman untuk berlindung, serta nyaman untuk beristirahat.

 

Nyamannya sebuah rumah ternyata dipengaruhi oleh warna. Warna cat rumah dapat mempengaruhi psikologis penghuninya. Tidak hanya itu, kombinasi warna cat rumah juga dapat memengaruhi kondisi interior, seperti yang dikutip dari wajibbaca.com berikut ini.

 

  • Warna gelap pada dinding akan membuat ruangan berkesan sempit.
  • Warna terang pada dinding akan membuat ruangan berkesan luas.
  • Warna cerah pada langit-langit dipadu warna gelap pada dinding, akan menimbulkan kesan ruangan lebih tinggi dan sempit.
  • Warna cerah pada langit-langit dipadu warna terang pada dinding, akan menimbulkan kesan ruangan rendah namun lebar.
  • Memadukan warna-warna kontras akan menimbulkan kesan ruangan lebih kecil.
  • Memadukan warna-warna senada akan menimbulkan kesan ruangan lebih luas.

 

Pilihan terhadap warna yang digunakan tidak hanya berorientasi pada preferensi pemiliknya, tetapi dapat juga mengikuti tren yang ada. Para pengamat properti dan desain interior berpendapat bahwa pilihan warna yang cenderung down to earth dan bernuansa alam akan menjadi tren warna cat rumah tahun 2019.

 

Namun, sebelum Anda mengganti warna dinding rumah sesuai dengan keinginan dan kenyamanan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengecat.

Waktu tepat

Mengecat rumah bukan pekerjaan sepele, Anda memerlukan ketelitian. Sebab bila tidak, hasilnya bisa saja tidak rapi dan sesuai keinginan.

 

Waktu ideal untuk mengecat biasanya di musim panas atau saat matahari bersinar, agar cat cepat kering. Tidak hanya itu, Anda pun perlu meluangkan waktu dan menentukan hari untuk pengecatan.

Banyaknya cat

Dikutip dari sejasa.com, hal yang harus diperhatikan ketika mengecat selanjutnya adalah jumlah cat yang dibutuhkan.

 

Pastinya, Anda tidak ingin kekurangan ataupun kelebihan cat bukan? Anda bisa memulainya dengan menghitung permukaan yang akan dicat. Selain dinding, jangan lupakan langit-langit bila Anda ingin mengecatnya juga.

 

Setelah mengetahui jumlah meter perseginya, bagi dengan daya sebar cat yang Anda gunakan. Jika sudah, kalikan juga dengan jumlah lapis pengecatannya. Dengan demikian Anda tahu jumlah kebutuhan cat Anda!

Memilih warna cat

Seperti yang sudah disebut di atas, selain mengikuti trend, warna pun mempengaruhi kondisi psikologis dan kondisi ruangan.

 

Namun jika Anda dibingungkan dengan memilih warna, coba tentukan konsep yang diinginkan, misalnya vibrant, warm, monochrome, atau sekalian menyesuaikan dengan warna furnitur yang sudah ada agar tetap senada.

 

Sesuaikan juga warna cat dengan pencahayaan masing-masing ruangan. Jika ingin menghasilkan kesan yang semakin luas, gunakan warna terang pada ruangan dengan intensitas cahaya dan jendela yang besar.

 

Dengan begini, maka Anda akan semakin mudah untuk memilih warna cat yang akan digunakan.

Sentuhan akhir

Selain warna, sentuhan akhir atau finishing cat dinding yang Anda pilih juga tak kalah penting. Berikut beberapa tipe finishing yang tersedia di pasaran dari laman beres.id.

 

  • Glossy – Tipe finishing ini tampak berkilau dan juga lebih mudah dibersihkan. High-gloss finishing cocok untuk bagian yang sering terpapar sinar matahari, seperti pilar rumah. Selain itu, tipe ini juga cocok untuk ruangan yang sering terpapar noda seperti kamar mandi dan dapur.
  • Matte atau Doff – Tipe finishing ini dapat meresap dan menempel dengan baik dan efeknya terlihat lembut. Cocok untuk ruangan dalam rumah seperti kamar tidur.
  • Satin – Tampilannya mewah namun tidak glossy, namun juga tidak terlalu menempel seperti matte. Saat disentuh, tipe ini terasa lembut di tangan. Cukup mudah dibersihkan dan cocok untuk kamar tidur dan ruang tamu.
  • Eggshell – Tampilan finishing ini mirip dengan kulit telur, sedikit bertekstur namun tetap lembut. Dibandingkan tipe matte, tipe eggshell lebih mudah dibersihkan permukaannya. Sesuai untuk digunakan di ruang keluarga atau ruang tamu.

 

Nah, sebelum mengganti warna dinding rumah, memang ada baiknya Anda mempraktikkan hal yang harus diperhatikan ketika mengecat. Tentu agar hasilnya sempurna!