Ini Perbedaan Fitur, Harga, dan Varian Toyota Corolla Cross

Resmi diluncurkan dengan mesin bensin dan hybrid. Ini perbedaan fitur, harga, dan varian Toyota Corolla Cross yang ada di Indonesia.

Toyota Corolla Cross

Sejak awal kemunculannya di Indonesia, Toyota Corolla Cross terbilang sebagai mobil fenomenal yang dibawa oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku ATPM Toyota.

Seperti yang diketahui, Corolla sejak awal kemunculannya pada tahun 1966 dikenal sebagai sedan yang nyaman, meski ada juga jenis hatchback, coupe, dan wagon.

Kini, Toyota Corolla Cross sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) sudah resmi mengaspal di Indonesia. Terdapat dua varian yang dipasarkan, yakni All New Corolla Cross Gasoline dan All New Corolla Cross Hybrid.

Lantas apa perbedaan varian Toyota Corolla Cross dan berapa harganya? Simak perbandingan berikut.

Toyota Corolla Cross

Mesin

Perbedaan varian Toyota Corolla Cross tentu dari segi dapur pacu atau mesin. Kedua mobil Completely Built Up (CBU) dari Thailand menggunakan mesin 2ZR dan menyalurkan tenaga mesin ke roda depan dengan transmisi otomatis CVT tujuh percepatan.

Baca juga: First Drive Toyota Corolla Cross Mesin Bensin, Nyaman Banget

All New Corolla Cross Gasoline menggunakan mesin bensin berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1.798 cc dengan tenaga 140 ps.

Sementara varian hybrid menggunakan kode mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 98 ps. Lalu, motor listriknya mampu menyemburkan tenaga 72 ps.

Tidak hanya itu, perbedaan lain terletak di kapasitas tangki bensin. Varian bensin tangki bensinnya berkapasitas 47 liter, sementara hybrid hanya 36 liter.

spesifikasi Toyota Corolla Cross

Emblem Toyota

Seperti ciri khas mobil hybrid Toyota, seluruh emblem pada Toyota Corolla Cross Hybrid diberi aksen biru yang menandakan ramah lingkungan. Berbeda dengan varian bensin yang emblemnya lebih ringkas dengan warna kromium.

Baca juga: Bedah Fitur dan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Indonesia

Sebagai identitas, ada juga logo hybrid yang ditempelkan pada remote kunci dan bodi Toyota Corolla Cross Hybrid. Tentu ini menjadi pembeda dengan varian bensin.

Untuk membedakannya lagi, aksen biru ini juga hadir pada lampu utama serta interior Toyota Corolla Cross Hybrid, seperti pada push start/stop button.

Mode berkendara

Perbedaan varian Toyota Corolla Cross berikutnya ada pada mode berkendara. Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki mode berkendara EV Mode dan Drive Mode.

EV Mode memungkinkan tenaga SUV ini disuplai dari baterai dan hanya tenaga dari baterai saja yang dipergunakan untuk menjalankan mobil. Namun, saat baterai dalam keadaan kosong atau kecepatan tinggi, mode ini tidak bisa diaktifkan.

Baca juga: Launching Hari Ini, Harga Toyota Corolla Cross Resmi Diliris

Sementara untuk Drive Mode, akan menampilkan mode berkendara secara otomatis sesuai dengan kebutuhan sistem pada mobil.

Pada instrumen panel pun memiliki perbedaan. Takometer sebagai penunjuk RPM pada Toyota Corolla Cross Gasoline digantikan dengan indikator baterai pada varian hybrid.

Jarum penunjuk juga berbeda, menggunakan warna merah pada varian bensin dan warna putih di varian hybrid.

Perbedaan fitur

Terdapat sejumlah perbedaan fitur Toyota Corolla Cross. Sebagai varian tertinggi, Toyota Corolla Cross Hybrid mendapat beberapa tambahan fitur, khususnya di interior.

Pengaturan jok pengemudi Toyota Corolla Cross Hybrid mendapat pengaturan secara elektrik, sementara Toyota Corolla Cross Gasoline diatur secara manual seperti mobil pada umumnya.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Namun hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan mengemudikan SUV model terbaru dari Toyota ini. Posisi mengemudi tetap dapat diatur secara fleksibel sesuai postur tubuh pengemudi.

Perbedaan fitur Toyota Corolla Cross lain adalah colokan USB untuk mengecas gadget. Pada varian hybrid terdapat dua buah di konsol tengah belakang, tepat di bawah kisi AC. Sedangkan varian bensin hanya tersedia satu saja yang letaknya ada di dalam console box tengah.

Selain itu, khusus varian hybrid, ada fitur tambahan berupa power back door yang dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi. Bagasi ini juga bisa dibuka secara otomatis memalui tombol pada remote.

Toyota Corolla Cross

Perbedaan harga Toyota Corolla Cross Indonesia

Saat diluncurkan, harga Toyota Corolla Cross varian 1.8 mesin bensin adalah Rp 457.800.000 on the road Jakarta. Sementara untuk varian hybrid, Toyota Corolla Cross dibanderol dengan harga Rp 497.800.000 on the road Jakarta.

Dengan terpaut Rp 40 juta, varian hybrid mendapatkan tambahan battery warranty 2 tahun atau 50.000 kilometer sehingga total menjadi 5 tahun atau 150.000 kilometer (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu).

Baca juga: SevaMagz Vol. 5: Toyota di Hati Kita

Varian bensin, tersedia pula warranty selama 36 bulan atau 100.000 kilometer (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang berlaku di seluruh bengkel resmi Toyota.

Termasuk gratis servis berkala sampai dengan servis berkala ke-6 maksimum 4 tahun atau 50.000 kilometer (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang termasuk di dalamnya gratis biaya jasa dan suku cadang.

Jadi kamu pilih mana, varian Toyota Corolla Cross Gasoline atau Toyota Corolla Cross Hybrid?

Lihat Produk