Indonesia Jadi Negara Kedua yang Meluncurkan Toyota Raize

By Arris Riehady - April 30, 2021

Setelah Jepang, Indonesia menjadi negara kedua yang meluncurkan Toyota Raize di Asia. Apa saja keunggulan mobil ini?

Toyota Raize

Toyota Raize pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2019 di Jepang dan berhasil tampil sebagai salah satu best-selling car pada tahun 2020. Mobil ini dikembangkan sebagai kendaraan bertemakan active, useful, and compact.

Sepanjang tahun 2020, mobil ini mencatat penjualan melampaui 120.000 unit. Hanya kalah dari Toyota Yaris dengan catatan penjualan lebih dari 150.000 unit.

Dengan diluncurkannya Toyota Raize pada hari ini, menjadikan Indonesia sebagai negara kedua setelah Jepang yang meluncurkan kendaraan compact SUV ini.

Baca juga: Daihatsu Rocky Kembali Mengaspal di Indonesia

President Director PT Toyota-Astra Motor Susumu Matsuda, menyatakan bagi Toyota, kemunculan model terbaru Toyota Raize akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV yang menjadikan Toyota memiliki enam pilihan di segmen SUV, yang sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company.

Lantas apa saja keunggulan dan fitur yang ditawarkan Toyota Raize? Simak selengkapnya di sini.

Toyota Raize

Menggendong mesin turbo

Untuk pertama kalinya Toyota menyematkan mesin super kompak 1.000 cc tiga silinder turbo berkode L1KR-VET dengan pasokan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm.

Tenaga dan torsinya hampir mirip dengan mesin berkapasitas 1.500 cc normally aspirated. Namun, mesin ini mampu menghasilkan tenaga lebih besar, lebih irit bensin, dan lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Ditambah penggunaan transmisi CVT yang dikenal halus namun tetap responsif serta menjanjikan efisiensi berkendara yang tinggi.  Dengan satu liter bensin, klaimnya mobil ini dapat melaju hingga 13,8 kilometer.

Toyota Raize juga akan dilengkapi dengan pilihan mesin normally aspirated 1.200 cc tiga silinder yang akan mulai tersedia pada semester dua tahun 2021 ini.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!