Indonesia Jadi Negara Kedua yang Meluncurkan Toyota Raize

Setelah Jepang, Indonesia menjadi negara kedua yang meluncurkan Toyota Raize di Asia. Apa saja keunggulan mobil ini?

Toyota Raize

Toyota Raize pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2019 di Jepang dan berhasil tampil sebagai salah satu best-selling car pada tahun 2020. Mobil ini dikembangkan sebagai kendaraan bertemakan active, useful, and compact.

Sepanjang tahun 2020, mobil ini mencatat penjualan melampaui 120.000 unit. Hanya kalah dari Toyota Yaris dengan catatan penjualan lebih dari 150.000 unit.

Dengan diluncurkannya Toyota Raize pada hari ini, menjadikan Indonesia sebagai negara kedua setelah Jepang yang meluncurkan kendaraan compact SUV ini.

Baca juga: Daihatsu Rocky Kembali Mengaspal di Indonesia

President Director PT Toyota-Astra Motor Susumu Matsuda, menyatakan bagi Toyota, kemunculan model terbaru Toyota Raize akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV yang menjadikan Toyota memiliki enam pilihan di segmen SUV, yang sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company.

Lantas apa saja keunggulan dan fitur yang ditawarkan Toyota Raize? Simak selengkapnya di sini.

Toyota Raize

Menggendong mesin turbo

Untuk pertama kalinya Toyota menyematkan mesin super kompak 1.000 cc tiga silinder turbo berkode L1KR-VET dengan pasokan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm.

Tenaga dan torsinya hampir mirip dengan mesin berkapasitas 1.500 cc normally aspirated. Namun, mesin ini mampu menghasilkan tenaga lebih besar, lebih irit bensin, dan lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Ditambah penggunaan transmisi CVT yang dikenal halus namun tetap responsif serta menjanjikan efisiensi berkendara yang tinggi.  Dengan satu liter bensin, klaimnya mobil ini dapat melaju hingga 13,8 kilometer.

Toyota Raize juga akan dilengkapi dengan pilihan mesin normally aspirated 1.200 cc tiga silinder yang akan mulai tersedia pada semester dua tahun 2021 ini.

Toyota Raize

Eksterior Toyota Raize

Toyota Raize memiliki dimensi kompak dengan panjang 4.030 milimeter, lebar 1.710 milimeter, dan tinggi 1.635 milimeter.

Baca juga: Unitnya Terbatas, Kini Toyota GR Yaris Sudah Bisa Dipesan

Meski begitu, sebagai SUV tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 milimeter dan ground clearance setinggi 200 milimeter.

Dimensi kompak merupakan jawaban atas kebutuhan kendaraan perkotaan yang lincah bergerak di tengah kepadatan jalan, mudah bermanuver di jalan atau area parkir yang sempit, serta pas disimpan di carport rumah yang terbatas.

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan.

Baca juga: GRMN, Mobil Berperforma Tinggi Racikan Toyota Gazoo Racing

Penampilan sebuah SUV yang unik dan modern terus berlanjut ke belakang, bahkan terlihat kian sporty berkat sepasang lubang udara besar di bumper.

Illuminating headlamp, Daytime Running Light (DRL), dan Sequential Turn Lamp yang semua menggunakan LED, serta velg besar 17 inci turut hadir untuk kelengkapan eksterior Toyota Raize sebagai sebuah SUV.

Toyota Raize

Interior Toyota Raize

Tidak akan kesulitan masuk ke dalam kabin dan mulai berkendara, sebab mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Smart Entry with Push Start Button, Keyless Car Door, dan Start Engine Button.

Baca juga: Perbedan Label Pure GR dan GR Sport di Mobil-mobil Toyota

Interior Toyota Raize di desain lega dan nyaman. Jarak antar jok depan dan belakang yang mencapai 900 milimeter menyajikan ruang kaki yang luas bagi penumpang belakang.

Selaras eksterior, desain interiornya juga tampak sporty, modern, dan unik, serta tentunya memanjakan penghuni kabin.

Untuk memberikan informasi berkendara kepada pengemudi, terpasang panel instrumen MID 7 inci TFT dengan display interaktif dan modern dengan 4 opsi display, yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Baca juga: EV Smart Mobility Toyota Dukung Pemulihan Wisata Bali

Sementara Convenient Paddle Shift menjanjikan perpindahan gigi yang cepat dan responsif di saat bersamaan tidak mengalihkan fokus pengemudi dari jalan.

Toyota Raize

Fitur Power Mode pada transmisi CVT menjanjikan respons dan distribusi tenaga yang lebih presisi dan berisi ketika akselerasi penuh.

Desain interior yang stylish dan modern diperkaya oleh fitur terkini seperti AC digital ditambahkan fitur Adaptable Auto AC agar dapat mengatur suhu kabin secara presisi dan efektif.

Ada juga audio head unit layar sentuh 9 inci yang dapat terkoneksi ke smartphone yang menyajikan media hiburan luas sebagai teman perjalanan.

Baca juga: Harga PPnBM Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner

Selain itu, head unit ini terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Toyota Raize

Fitur keamanan dan keselamatan

Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Khusus varian 1.0 GR Sport CVT TSS ditambahkan 6-airbags (driver+passanger+side+curtain) ditambah fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Baca juga: 50 Tahun Toyota Indonesia, Kijang Innova Limited Edition Meluncur

Dalam daftarnya terdapat fitur TSS ini meliputi Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Fitur TSS pada mobil ini mengikuti jejak Toyota Camry, Toyota Corolla Altis, dan Toyota Corolla Cross yang lebih dahulu memanfaatkannya.

Toyota Raize

Varian dan harga Toyota Raize

Seperti sudah disinggung sebelumnya, untuk saat ini hanya tersedia varian mesin 1.000 cc turbo. Berikut varian dan harga Toyota Raize selengkapnya.

  • Toyota Raize 1.0 G M/T Singe Tone Rp 219.900.000
  • Toyota Raize 1.0 G M/T Two Tone Rp 222.200.000
  • Toyota Raize 1.0 G CVT Single Tone Rp 233.100.000
  • Toyota Raize 1.0 G CVT Two Tone Rp 235.400.000
  • Toyota Raize 1.0 GR Sport CVT Single Tone Rp 244.700.000
  • Toyota Raize 1.0 GR Sport CVT Two Tone Rp 247.000.000
  • Toyota Raize 1.0 GR Sport CVT TSS Single Tone Rp 263.700.000
  • Toyota Raize 1.0 GR Sport CVT TSS Two Tone Rp 265.900.000

Baca juga: Apa Perbedaan Toyota Kijang Innova Bensin dan Diesel?

Total, terdapat tujuh pilihan warna bodi single tone dan lima pilihan warna bodi two tone, termasuk Turquoise Blue Mica Metallic sebagai salah satu hero color yang menekankan karakter aktif Toyota Raize.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto mengatakan, dengan tampilan yang sporty dan didukung fitur interior dan safety yang modern dan lengkap di kelasnya, kehadiran Toyota Raize diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam, sekaligus juga turut mendorong pasar otomotif nasional menjadi lebih dinamis dan berkembang.

Kalau kamu bagaimana, apa sudah siap berpetualang dengan Toyota Raize?